KKI Kabupaten Bandung Barat Juara Umum Kejurda

Ilustrasi/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Dojo Kyushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Kabupaten Bandung Barat akhirnya mampu mempertahankan gelar juara umum Kejuaraan Daerah KKI Jawa Barat Piala Ketua Umum KKI Jabar Tahun 2017, setelah mengumpulkan 20 medali emas, 13 medali perak, dan 15 medali perunggu, pada kejuaraan yang berlangsung di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran, Minggu 19 Februari 2017.

Peringkat kedua ditempati KKI dojo Rajawali yang hanya meraih 9 medali emas, 9 medali perak, dan 7 medali perunggu. Diikuti dojo KKI BPI Windu pada posisi ketiga dengan 9 medali emas, 3 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Ketua Umum Dojo KKI Kabupaten Bandung Barat, Asep Dedi Setiawan mengatakan, hasil yang diraih ini sudah sesuai dengan target yang telah ditetapkan karena sebelumnya tim KKI KBB memang bertekad untuk bisa mempertahankan juara umum. “Kita turunkan kurang lebih 50 atlet di Kejurda ini, tahun lalu juga perolehan medali emas kita sekitar 19 medali emas. Setelah ini kita akan persiapkan para atlet untuk mengikuti seleksi atlet Porda cabor karate Kabupaten Bandung Barat,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (pengprov) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jawa Barat, Gianto Hartono mengaku sangat mengapresiasi diadakannya Kejurda ini. “Kita sangat mengapresiasi dan mendukung upaya perguruan dalam melakukan pembibitan dan melahirkan atlet-atlet potensial. Dan atlet potensial ini kita terus tingkatkan prestasi dna kemampuannya sebagai tugas dari Forki Jabar," ujarnya.

Dia menambahkan, pada dasarnya, pembibitan seorang atlet berangkat dari perguruan. Untuk itu dasar-dasar dari pembentukan atlet pun berasal dari perguruan. Untuk itu, Forki sebagai induk dari cabang olahraga karate terus mendorong setiap perguruan dalam mencetak atlet melalui program pembibitan dan pembinaan yang mereka lakukan.

Sementara itu, Forki Jabar pun akan mengikuti irama pembinaan yang dilakukan setiap perguruan dalam pencapaian prestasi atlet hingga level nasional atau bahkan internasional. "Jadi apa yang dilakukan perguruan itu berjenjang hingga pembinaan yang dilakukan oleh Forki Jabar. Forki Jabar sendiri hidup karena adanya perguruan. Karena itu, saat perguruan buat kompetisi kita pasti dukung untuk ikut mendorong prestasi atlet di level daerah dan nasional," ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurda KKI Jabar I/2017, Muhammad Bastari SH mengatakan, even ini diikuti sebanyak 456 karateka KKI dari 20 perguruan cabang KKI kota dan kabupaten. Hanya delapan perguruan cabang KKI kota dan kabupaten yang tidak mengirimkan perwakilan atletnya pada kejurda kali ini.

"Kejurda ini mempertandingkan nomor pertandingan kata dan kumite mulai dari kelompok usia dini, pra pemula, pemula, kadet, junior, U-21 hingga senior," katanya.***

Baca Juga

Djadjang Nurdjaman Optimistis Bawa PSMS Medan ke Final

BANDUNG, (PR).- Pelatih Kepala PSMS Medan, Djadjang Nurdjaman mengaku timnya sudah melakukan persiapan yang cukup untuk menghadapi PSIS Semarang, pada semifinal Liga 2 yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabt