Pembangunan Jalur Pansela Rampung 2011

SUKABUMI, (PRLM).-  Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, H. Dede Yusuf menargetkan pembangunan jalur jalan pantai selatan (Pansela)  Jabar sepanjang 430 km, rampung  2011. Hal itu menyusul sebelumnya  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan kantor kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah  menyetujui jalur jalan di Pansela Jabar ditingkatkan statusnya dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.  

“Dengan persetujuan peningkatan status jalan itu,  pemerintah pusat akan memulai tahap pengerjaannya 2010 nanti. Ditargetkan, 2011 sudah selesai dibangun,” ujar Dede Yusuf. 

Menurut Wagub, kebutuhan biaya dalam pembangunan jalur  Pansela diperkirakan mencapai Rp 2 triliun. Sementara dukungan pihak provinsi sebatas memberikan dana pendamping. Terlebih sewaktu statusnya masih jalan provinsi, Pemprov Jabar sudah mengucurkan anggaran hingga ratusan miliar untuk projek peningkatan maupun pemeliharaan jalannya. “Jadi dalam pembangunan jalur Pansela ini, kita hanya sebatas membantu dana pendampingnya saja,” tutur Dede Yusuf.  

Menyinggung kelanjutan pembangunan jalan di wilayah Sukabumi selatan untuk menghubungkan daerah Ciwaru, Kec. Ciemas dengan Loji di Kec. Simpenan. diakui sebelumnya pihak pemprov sudah membantu anggaran Rp 1 miliar dari kebutuhan Rp 35 miliar. Bantuan anggaran sebesar itu, sebelumnya untuk mendukung pembangunan jalur jalan Pansela. Akan tetapi, ketika anggaran kekurangannya diusulkan lagi, instansi terkait lain terutama pihak DPRD Jabar belum menyetujuinya  karena masih relatif  banyak kegiatan prioritas yang perlu dibiayai. Pembiayaannya, terutama di sektor  pendidikan dan kesehatan. “Jadi kita memang sempat mengusulkannya lagi, tapi kan ada pihak lainnya (dewan) yang menentukannya,” katanya. (A-67/A-147)***

Baca Juga

Izinkan PNS Mudik Pakai Mobil Dinas, Bupati Cianjur Dikecam Warganya

CIANJUR, (PR).- Kebijakan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar yang mengizinkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik, dikecam oleh warga Cianjur. Menurut warga, kebijakan tersebut menyalahi aturan.

Petugas PJR Tol Cipali dan Brimob Tangkap Tersangka Pencuri Truk

SUBANG, (PR).- Petugas PJR Tol Cipali dan Brimob berhasil menangkap tersangka pencuri truk yang membawa kabur mobil curiannya ke jalan Tol Cipali, Senin 27 Juni 2016 sore. Tersangka ditangkap petugas saat bersembunyi di Gorong-gorong jalan tol sekitar kawasan Indramayu.

Obat Perangsang Turunkan Hasil Panen Mangga

MAJALENGKA, (PR).- Produksi mangga di Kabupaten Majalengka tahun ini dipastikan bakal turun drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya, kondisi tersebut akibat banyaknya pohon yang tidak berbuah, kalaupun ada hanya sedikit tidak lebat seperti biasanya.

Tak Ada Vaksin Palsu di RSUD Banjar

BANJAR,(PR).- Keberadaan vaksi palsu yang belakangan banyak mendapat sorotan berbagai pihak, tidak ditemukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjar. Demikian diklaim pihak RSUD Banjar.