Pembangunan Jalur Pansela Rampung 2011

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).-  Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, H. Dede Yusuf menargetkan pembangunan jalur jalan pantai selatan (Pansela)  Jabar sepanjang 430 km, rampung  2011. Hal itu menyusul sebelumnya  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan kantor kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah  menyetujui jalur jalan di Pansela Jabar ditingkatkan statusnya dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.  

“Dengan persetujuan peningkatan status jalan itu,  pemerintah pusat akan memulai tahap pengerjaannya 2010 nanti. Ditargetkan, 2011 sudah selesai dibangun,” ujar Dede Yusuf. 

Menurut Wagub, kebutuhan biaya dalam pembangunan jalur  Pansela diperkirakan mencapai Rp 2 triliun. Sementara dukungan pihak provinsi sebatas memberikan dana pendamping. Terlebih sewaktu statusnya masih jalan provinsi, Pemprov Jabar sudah mengucurkan anggaran hingga ratusan miliar untuk projek peningkatan maupun pemeliharaan jalannya. “Jadi dalam pembangunan jalur Pansela ini, kita hanya sebatas membantu dana pendampingnya saja,” tutur Dede Yusuf.  

Menyinggung kelanjutan pembangunan jalan di wilayah Sukabumi selatan untuk menghubungkan daerah Ciwaru, Kec. Ciemas dengan Loji di Kec. Simpenan. diakui sebelumnya pihak pemprov sudah membantu anggaran Rp 1 miliar dari kebutuhan Rp 35 miliar. Bantuan anggaran sebesar itu, sebelumnya untuk mendukung pembangunan jalur jalan Pansela. Akan tetapi, ketika anggaran kekurangannya diusulkan lagi, instansi terkait lain terutama pihak DPRD Jabar belum menyetujuinya  karena masih relatif  banyak kegiatan prioritas yang perlu dibiayai. Pembiayaannya, terutama di sektor  pendidikan dan kesehatan. “Jadi kita memang sempat mengusulkannya lagi, tapi kan ada pihak lainnya (dewan) yang menentukannya,” katanya. (A-67/A-147)***

Baca Juga

Bupati Sumedang Nonaktif Lakukan Upaya PK

JAWA BARAT

BANDUNG, (PRLM).- ‎Bupati Sumedang nonaktif Ade Irawan, melakukan upaya hukum peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung RI melalui PN Bandung. Ade mengaku alasan mengajukan PK karena ada kekhilafan hakim memutus bersalah pada dirinya dalam kasus perjalanan dinas DPRD Cimahi.

Kades di Subang Minta Pendamping Dana Desa Segera Dikucurkan

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).-Sejumlah kepala desa di Kabupaten Subang berharap agar para pendamping dana desa yang sebelumnya dijanjikan pemerintah akan membantu mereka bisa segera dikucurkan tahun 2016.

Antisipasi Rentenir, Dinas Koperasi Lakukan Penyuluhan

JAWA BARAT
KEPALA Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kab. Cianjur, Ridwan Ulyasin tengah memberikan pengarahan kepada para Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) di aula Pusat Layanan Usaha Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-UMK

CIANJUR, (PRLM).- Untuk menekan terjadinya praktik rentenir berkedok koperasi, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kab. Cianjur mengerahkan sejumlah petugas penyuluh koperasi lapangan (PPKL) untuk memberikan pemahaman tentang berkoperasi yang benar.

Paguyuban Muslim Sunda Tolak Kehadiran Dedi Mulyadi

JAWA BARAT
MASSA dari Paguyuban Muslim Sunda (PMS) Depok menolak kehadiran Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang akan menjadi pembicara seminar di Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Rabu (13/1/2016).*

DEPOK, (PRLM).- Massa dari Paguyuban Muslim Sunda (PMS) Depok menolak kehadiran Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang akan menjadi pembicara seminar di Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Rabu (13/1/2016).