Dinkes Subang Siapkan 9 Pos Kesehatan

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar) menyiapkan sembilan pos kesehatan di kawasan Pantai Utara (Pantura) Subang.

Staf Dinkes Subang, Wawan Setiawan, Selasa (1/9)  di Subang mengatakan, penempatan pos kesehatan tersebut sebagai upaya pertolongan pertama terhadap kecelakaan yang menimpa pemudik di kawasan Pantura Subang. "Kami harap ada penanganan cepat terhadap korban kecelakaan di Pantura Subang sehingga tidak mengganggu yang lainnya," kata Wawan seperti dikutip Antara.

Selain itu, kata dia, Dinkes Subang menyediakan empat mobil untuk transportasi angkutan korban. Sembilan pos kesehatan itu disebar di beberapa daerah. "Dua pos kesehatan masing-masing ditempatkan di Gamon serta perempatan Panorama Kecamatan Pamanukan yang berfungsi sebagai induk pos kesehatan sedangkan tujuh pos kesehatan lainnya ditempatkan di masing-masing Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kawasan Pantura Subang," ungkapnya.

Dinkes Subang juga berencana membangun pos kesehatan di jalur tengah Kabupaten Subang hingga jalur selatan Subang. "Kami prediksikan bahwa jalur tengah hingga jalur selatan Subang yang dioperasikan sebagai jalur alternatif arus mudik Idul Fitri tahun ini merupakan jalur rawan kecelakaan sehingga perlu penempatan pos kesehatan," lanjutnya.

Beberapa Puskesmas yang tidak dilalui pemudik, menurut Wawan, akan diikutsertakan sebagai tenaga bantuan. "Terdapat sebanyak 17 Puskesmas yang letaknya tidak dilalui pemudik namun akan dikerahkan untuk membantu Puskesmas lainnya dalam penanganan korban kecelakaan," katanya.

Wawan menjelaskan bahwa keberadaan pos kesehatan tersebut tidak terfokus pada penanganan korban kecelakaan pada arus mudik saja.

"Kami turut memberikan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat ataupun rumah makan di jalur mudik Pantura Subang hingga memberikan nomor Dinkes Subang yang bisa dihubungi ketika terdapat kecelakaan," kata Wawan. 

Menurut dia, pihaknya mencatat pada arus mudik hingga arus balik Idul Fitri tahun 2008 lalu terdapat 518 kasus kecelakaan. "Dalam kejadian tersebut sebanyak 24 orang meninggal yang terdiri dari 18 orang meninggal di lokasi, satu orang meninggal dalam perjalanan ke Rumah Sakit serta 5 orang sisanya meninggal di Rumah Sakit," ujar Wawan. Kecelakaan itu, kata dia, sebagian besar terjadi pada H-7 hingga H+7 Idulfitri. (A-120) ***

Baca Juga

Konferensi Asia Afrika 2015

Suvenir Akik Pancawarna Dapat Pengawalan VVIP

JAWA BARAT

GARUT. (PRLM).-- Tidak hanya para kepala negara Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dikawal dengan standar VVIP, ratusan keping liontin batu akik Pancawarna ini pun berstatus VVIP.

Menganiaya dan Menipu, Oknum Polisi Dijemput Polda Papua

JAWA BARAT
Menganiaya dan Menipu, Oknum Polisi Dijemput Polda Papua

TASIKMALAYA, (PRLM).- Wadireskrim Polda Papua, AKBP Nurhabri, akhirnya menjemput pelaku penganiayaan sekaligus pelaku penipuan dan penggelapan Briptu Erik di Polres Kota Tasikmalaya, Sabtu (25/4/2015) petang.

Jika Polisi Salah Prosedur Akan Diberi Sanksi

JAWA BARAT

DEPOK, (PRLM).- Kepala Polresta Depok Ahmad Subarkah menyatakan akan memberikan sanksi bila ditemui bukti adanya salah prosedur dalam kasus kematian Nurdin Priatna (27), tersangka kasus pencurian uang di SPBU, Pasar Pucung, Cilodong.

Kapolda Bentuk Tim Khusus Telusuri 68 Makam Pahlawan Tanpa Nama

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).- Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol M Iriawan akan membentuk tim khusus untuk menelusuri sejarah sejumlah pahlawan tanpa nama yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cigunung Tugu yang berada di Desa Pesawahan, Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur.