Mulai Bermanfaat, Usaha Tanaman Herba di Perkebunan

BANDUNG, (PRLM).-Hobi mengkoleksi tanaman herba (obat-obatan) yang dilakukan sejumlah karyawan pada beberapa unit perkebunan di Jabar, kini mulai ditingkatkan untuk skala bisnis obat-obatan alami. Pengusahaan tanaman-tanaman herba dilakukan pada beberapa unit perkebunan di Kab.Sukabumi dan Kab. Bandung, selain penyediaan obat-obatan alami bagi keluarga karyawan perkebunan juga mampu mendatangkan pendapatan.

Ketua Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) Jabar-Banten, H Dede Suganda Adiwinata, di Bandung, Kamis (16/7), sosialisasi penanaman tanaman herba oleh sejumlah sesepuh perkebunan di Jabar, kini mulai terasa manfaatnya oleh para karyawan beberapa unit perkebunan. Selain memenuhi kebutuhan sendiri, pesanan dari sejumlah peminat obat-obatan alami pun mengalir kepada sejumlah karyawan unit perkebunan.

Pengusahaan tanaman herba pada unit-unit perkebunan, umumnya dilakukan sejumlah karyawan di antara pekarangan rumah mereka. Apalagi, iklim pada unit perkebunan, terutama yang mayoritas mengusahakan tanaman teh, sejauh ini dinilai mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman-tanaman herba. (A-81/kur) ***

Baca Juga

Donald Trump.*

Trump Menang, Investasi AS ke ASEAN Tetap Pragmatis

JAKARTA, (PR).- Presiden Amerika Terpilih Donald Trump diprediksi akan meneruskan tradisi pendekatan pragmatis Amerika dalam menjalin kerjasama di bidang perdagangan dan investasi dengan negara-negara Asean, termasuk Indonesia.

Mengapa "Rush Money" Berbahaya?

BANDUNG, (PR).- Masyarakat harus waspada terhadap isu yang mengajak untuk melakukan ge­rakan penarikan uang secara massal atau rush money. Isu yang tak ber­ala­san itu selain berbahaya juga akan me­rusak kepentingan masyarakat sendiri.