Mulai Bermanfaat, Usaha Tanaman Herba di Perkebunan

BANDUNG, (PRLM).-Hobi mengkoleksi tanaman herba (obat-obatan) yang dilakukan sejumlah karyawan pada beberapa unit perkebunan di Jabar, kini mulai ditingkatkan untuk skala bisnis obat-obatan alami. Pengusahaan tanaman-tanaman herba dilakukan pada beberapa unit perkebunan di Kab.Sukabumi dan Kab. Bandung, selain penyediaan obat-obatan alami bagi keluarga karyawan perkebunan juga mampu mendatangkan pendapatan.

Ketua Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) Jabar-Banten, H Dede Suganda Adiwinata, di Bandung, Kamis (16/7), sosialisasi penanaman tanaman herba oleh sejumlah sesepuh perkebunan di Jabar, kini mulai terasa manfaatnya oleh para karyawan beberapa unit perkebunan. Selain memenuhi kebutuhan sendiri, pesanan dari sejumlah peminat obat-obatan alami pun mengalir kepada sejumlah karyawan unit perkebunan.

Pengusahaan tanaman herba pada unit-unit perkebunan, umumnya dilakukan sejumlah karyawan di antara pekarangan rumah mereka. Apalagi, iklim pada unit perkebunan, terutama yang mayoritas mengusahakan tanaman teh, sejauh ini dinilai mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman-tanaman herba. (A-81/kur) ***

Baca Juga

Bank Dunia Pinjami Indonesia $400 Juta untuk Atasi Defisit Fiskal

JAKARTA, (PR).- Pemerintah telah mendapatkan pinjaman US$400 juta (sekitar Rp 5,46 triliun) dari Bank Dunia untuk membantu mendanai defisit fiskal dan meningkatkan pengumpulan pajak, menurut Bank Dunia dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

OJK Ajak Lembaga Lain Tangani Investasi Bodong

BOGOR, (PR).- Maraknya bisnis investasi ilegal yang sering merugikan nasabah, mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membentuk satuan tugas (satgas) Waspada Investasi bersama lembaga lain. Satgas itu akan bertugas mengawasi pertumbuhan perusahaan investasi ilegal yang tumbuh subur.

Relaksasi LTV Dorong Program Sejuta Rumah

JAKARTA, (PR).- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyambut baik kebijakan Bank Indonesia yang melakukan relaksasi loan to value (LTV).