Mulai Bermanfaat, Usaha Tanaman Herba di Perkebunan

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).-Hobi mengkoleksi tanaman herba (obat-obatan) yang dilakukan sejumlah karyawan pada beberapa unit perkebunan di Jabar, kini mulai ditingkatkan untuk skala bisnis obat-obatan alami. Pengusahaan tanaman-tanaman herba dilakukan pada beberapa unit perkebunan di Kab.Sukabumi dan Kab. Bandung, selain penyediaan obat-obatan alami bagi keluarga karyawan perkebunan juga mampu mendatangkan pendapatan.

Ketua Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) Jabar-Banten, H Dede Suganda Adiwinata, di Bandung, Kamis (16/7), sosialisasi penanaman tanaman herba oleh sejumlah sesepuh perkebunan di Jabar, kini mulai terasa manfaatnya oleh para karyawan beberapa unit perkebunan. Selain memenuhi kebutuhan sendiri, pesanan dari sejumlah peminat obat-obatan alami pun mengalir kepada sejumlah karyawan unit perkebunan.

Pengusahaan tanaman herba pada unit-unit perkebunan, umumnya dilakukan sejumlah karyawan di antara pekarangan rumah mereka. Apalagi, iklim pada unit perkebunan, terutama yang mayoritas mengusahakan tanaman teh, sejauh ini dinilai mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman-tanaman herba. (A-81/kur) ***

Baca Juga

Kenaikan Harga BBM, DPR Minta Penjelasan Pemerintah

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).-Dewan Perwakilan Rakyat menyerahkan keputusan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi kepada Pemerintah. Namun, ‎DPR tetap meminta penjelasan dari Pemerintah terkait alasan kenaikan harga BBM yang ditetapkan mulai Sabtu (28/3/2015) ini.

Produksi Padi Jabar Pasti Naik, Belum Tentu Capai Target

EKONOMI

SUBANG, (PRLM).- Target kenaikan produksi padi Jawa Barat tahun 2015 sebanyak 2 juta ton dari tahun sebelumnya, belum tentu bisa tercapai.

Harga Minyak Dunia Kembali Merosot

EKONOMI

NEW YORK, (PRLM).- Harga-harga minyak terus merosot hari Selasa (31/3/2015) sementara para investor menunggu hasil perundingan nuklir Iran yang bisa mendorong minyak mentah Iran membanjiri pasar global yang sudah melimpah.

Jabar Targetkan Capai LPE 6,6% pada 2016

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).-Pemerintah pusat memberi target kenaikan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 6,6 persen pada 2016 untuk Provinsi Jawa Barat. Angka berada di kisaran target Pemprov Jawa Barat sendiri sebesar 6,3 - 6,9 persen.