Mulai Bermanfaat, Usaha Tanaman Herba di Perkebunan

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).-Hobi mengkoleksi tanaman herba (obat-obatan) yang dilakukan sejumlah karyawan pada beberapa unit perkebunan di Jabar, kini mulai ditingkatkan untuk skala bisnis obat-obatan alami. Pengusahaan tanaman-tanaman herba dilakukan pada beberapa unit perkebunan di Kab.Sukabumi dan Kab. Bandung, selain penyediaan obat-obatan alami bagi keluarga karyawan perkebunan juga mampu mendatangkan pendapatan.

Ketua Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) Jabar-Banten, H Dede Suganda Adiwinata, di Bandung, Kamis (16/7), sosialisasi penanaman tanaman herba oleh sejumlah sesepuh perkebunan di Jabar, kini mulai terasa manfaatnya oleh para karyawan beberapa unit perkebunan. Selain memenuhi kebutuhan sendiri, pesanan dari sejumlah peminat obat-obatan alami pun mengalir kepada sejumlah karyawan unit perkebunan.

Pengusahaan tanaman herba pada unit-unit perkebunan, umumnya dilakukan sejumlah karyawan di antara pekarangan rumah mereka. Apalagi, iklim pada unit perkebunan, terutama yang mayoritas mengusahakan tanaman teh, sejauh ini dinilai mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman-tanaman herba. (A-81/kur) ***

Baca Juga

Musim Panen Tiba, Harga Gabah Mulai Turun

EKONOMI

MAJALENGKA,(PRLM).- Harga gabah kering giling di wilayah Majalengka kini mulai turun sebesar Rp 20.000 per kuintal, yang semula mencapai Rp 610.000 per kuintal kini hanya Rp 580.000 hingga Rp 590.000 per kuintal. Penurunan harga gabah berdampak pula pada penurunan harga beras di pasaran.

Waduk Cipanas akan Dibangun Antara Sumedang - Indramayu

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Setelah Waduk Jatigede, warga di sekitar Sumedang dan Indramayu akan memiliki waduk anyar. Kali ini Waduk Cipanas yang berlokasi di dua wilayah yakni Sumedang dan Indramayu sedang digenjot oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera dibangun.

Impor Daging India Bukan Solusi Turunkan Harga

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Rencana importasi daging sapi dari India yang disusun pemerintah dalam paket kebijakan ekonomi jilid IX, dinilai bukan solusi tepat menurunkan harga daging dalam negeri.

Klaim Pajak Tahun 2015 Hanya di Atas Kertas

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Indonesian Audit Watch (IAW) menilai pendapatan negara dari sektor pajak tahun 2015 yang dipaparkan Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro akhir Desember lalu hanya klaim di atas kertas.