Piring dan Mangkok Melamin Dirazia

CIAMIS,(PRLM).-Peredaran dan penjualan piring serta mangkok berbahan melamin yang berbahaya masih banyak ditemukan di Kabupaten Ciamis. Hasil razia tim gabungan Disperindag, Dinkes, Dinas Peternakan dan unsur Polres Ciamis, pada hari Rabu (15/7) menemukan ratusan buah piring dan mangkok berbahan melamin yang masuk dalam daftar berbahaya.

Razia dilakukan di beberapa kios pasar tradisional Pasar Manis Ciamis, Toserba Yogya, Pajajaran dan sekitaranya. Dari sejumlah kios yang menjual barang kelontong dan perabotan rumah tangga, petugas menemukan sedikitnya 372 buah piring dan mangkok melamin yang harus ditarik dari pasaran. Piring dan mangkok ditemukan dengan ciri atau kode Melamine Ware T109 dan T120, Sayota Melamine Ware. Barang tersebut termasuk dalam barang yang berbahaya sebagaimana data yng dikeluarkan Badan POM.

Tim yang dipimpin Kabid Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindagkop Ciamis, Hapid Wismansyah, setibanya di Pasar Manis langsung mendatangi kios barang kelontong. Saat menemukan barang tersebut, petugas mengambil satu buah piring dan mangkok sebagai sample.

’’Kami masih memberikan penjelasan tentang produk berbahaya tersebut. Selain itu kami juga minta agar barang itu tidak lagi dipajang dan segera dikembalikan kepada distributor atau agen,’’ ungkapnya didampingi anggota tim, Ine dan lainnya.

Kepada penjual, dia juga mengatakan akan kembali datang ke tempat tersebut untuk memantau apakah barang tersebut sudah dikembalikan ke distributor atau belum. Pihaknya juga meminta bukti tertulis apabila barang tersebut telah dikembalikan kepada distributor atau agen.

’’Razia pertama sebagai peringatan saja. Selanjutnya kalau memang masih menjual, maka urusannya bukan lagi pada kami tetapi sudah pada penegak hukum. Apa yang kami lakukan adalah untuk melindungi konsumen, sekaligus pedagang,’’ tandasnya. (A-101/A-50)***

Baca Juga

Hiswanamigas Jawab Kelangkaan Elpiji 3 kg dengan Operasi Pasar

KUNINGAN, (PR).- Kesulitan masyarakat Kabupaten Kuningan memperoleh gas elpiji tabung 3 Kg, kadang-kadang disertai kelangkaan, dijawab Pertamina melalui Hiswanamigas dengan menggelar operasi pasar gas bersubsidi tersebut.

DUA  unit pesawat sedang parkir di Bandar Udara Nusawiru, di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Senin (13/10/2014). Pemprov Jabar telah melakukan pembayaran Rp 26 miliar terhadap tanah kas daerah di Desa Kondangjajar, Kec. Cijulang untuk keperlu

PT BIJB Akan Kelola Bandara Nusawiru?

MAJALENGKA, (PR).- PT BIJB berencana melakukan pengelolaan Bandara Nusawiru yang dianggap cukup potensial untuk dikembangkan, dengan penerbangan pesawat kecil sesuai dengan kapasitas landasan pacu yang ada.

Orangtua Protes Alih Fungsi Sekolah Jadi Pabrik

CIANJUR, (PR).- Ratusan warga Kampung Pasir Kalapa, Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, menolak relokasi Sekolah Dasar Peuteuycondong 2, Senin 7 November 2016 yang akan dialihfungsikan jadi pabrik.

Persatuan Istri Insinyur Gelar Bakti Sosial di Garut

GARUT, (PR).- Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII) mengadakan kegiatan bakti sosial di Kabupaten Garut, Selasa 8 November 2016. Dipimpin langsung Nia Said Didu selaku Ketua Umum PIII, Rombongan yang berjumlah hampir 50 orang ini menuju penampungan pengungsi korban banjir bandang.