Piring dan Mangkok Melamin Dirazia

JAWA BARAT

CIAMIS,(PRLM).-Peredaran dan penjualan piring serta mangkok berbahan melamin yang berbahaya masih banyak ditemukan di Kabupaten Ciamis. Hasil razia tim gabungan Disperindag, Dinkes, Dinas Peternakan dan unsur Polres Ciamis, pada hari Rabu (15/7) menemukan ratusan buah piring dan mangkok berbahan melamin yang masuk dalam daftar berbahaya.

Razia dilakukan di beberapa kios pasar tradisional Pasar Manis Ciamis, Toserba Yogya, Pajajaran dan sekitaranya. Dari sejumlah kios yang menjual barang kelontong dan perabotan rumah tangga, petugas menemukan sedikitnya 372 buah piring dan mangkok melamin yang harus ditarik dari pasaran. Piring dan mangkok ditemukan dengan ciri atau kode Melamine Ware T109 dan T120, Sayota Melamine Ware. Barang tersebut termasuk dalam barang yang berbahaya sebagaimana data yng dikeluarkan Badan POM.

Tim yang dipimpin Kabid Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindagkop Ciamis, Hapid Wismansyah, setibanya di Pasar Manis langsung mendatangi kios barang kelontong. Saat menemukan barang tersebut, petugas mengambil satu buah piring dan mangkok sebagai sample.

’’Kami masih memberikan penjelasan tentang produk berbahaya tersebut. Selain itu kami juga minta agar barang itu tidak lagi dipajang dan segera dikembalikan kepada distributor atau agen,’’ ungkapnya didampingi anggota tim, Ine dan lainnya.

Kepada penjual, dia juga mengatakan akan kembali datang ke tempat tersebut untuk memantau apakah barang tersebut sudah dikembalikan ke distributor atau belum. Pihaknya juga meminta bukti tertulis apabila barang tersebut telah dikembalikan kepada distributor atau agen.

’’Razia pertama sebagai peringatan saja. Selanjutnya kalau memang masih menjual, maka urusannya bukan lagi pada kami tetapi sudah pada penegak hukum. Apa yang kami lakukan adalah untuk melindungi konsumen, sekaligus pedagang,’’ tandasnya. (A-101/A-50)***

Baca Juga

Oknum Anggota Polda Papua Tercatat di Buku Nikah Kotawaringin Kab.Bandung

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Tertangkapnya pelaku penipuan dan penggelapan dengan nilai 12 miliar, berawal dari laporan atas kasus penganiayaan yang dilakukan Briptu Eric terhadap istrinya Devi Natalia.

Temuan Kasus HIV-Aids Mencapai 1.053 Kasus

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Akumulasi jumlah temuan kasus HIV-Aids di Kabupaten Subang hingga Maret 2015 ini tercatat sebanyak 1.053 kasus. Dari jumlah tersebut 372 orang di antaranya telah meninggal dunia.

Bacan Doko Bluish Diminati di Festival Batu Akik Purwakarta

JAWA BARAT

PURWAKARTA, (PRLM).- Festival batu akik di Purwakarta yang digelar sejak Selasa (28/4/2015) dan berakhir 3 Mei 2015 ramai dikunjungi warga yang ingin mengetahui dan memiliki batu akik yang disenanginya.

Jelang Pensiun, 186 PNS Majalengka Terima Pembekalan

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Sebanyak 186 Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Majalengka akan menjalani masa pensiun di tahun 2016 mendatang. Mereka berasal dari staf dan eselon IV serta eselon V yang bekerja di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah.