Piring dan Mangkok Melamin Dirazia

JAWA BARAT

CIAMIS,(PRLM).-Peredaran dan penjualan piring serta mangkok berbahan melamin yang berbahaya masih banyak ditemukan di Kabupaten Ciamis. Hasil razia tim gabungan Disperindag, Dinkes, Dinas Peternakan dan unsur Polres Ciamis, pada hari Rabu (15/7) menemukan ratusan buah piring dan mangkok berbahan melamin yang masuk dalam daftar berbahaya.

Razia dilakukan di beberapa kios pasar tradisional Pasar Manis Ciamis, Toserba Yogya, Pajajaran dan sekitaranya. Dari sejumlah kios yang menjual barang kelontong dan perabotan rumah tangga, petugas menemukan sedikitnya 372 buah piring dan mangkok melamin yang harus ditarik dari pasaran. Piring dan mangkok ditemukan dengan ciri atau kode Melamine Ware T109 dan T120, Sayota Melamine Ware. Barang tersebut termasuk dalam barang yang berbahaya sebagaimana data yng dikeluarkan Badan POM.

Tim yang dipimpin Kabid Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindagkop Ciamis, Hapid Wismansyah, setibanya di Pasar Manis langsung mendatangi kios barang kelontong. Saat menemukan barang tersebut, petugas mengambil satu buah piring dan mangkok sebagai sample.

’’Kami masih memberikan penjelasan tentang produk berbahaya tersebut. Selain itu kami juga minta agar barang itu tidak lagi dipajang dan segera dikembalikan kepada distributor atau agen,’’ ungkapnya didampingi anggota tim, Ine dan lainnya.

Kepada penjual, dia juga mengatakan akan kembali datang ke tempat tersebut untuk memantau apakah barang tersebut sudah dikembalikan ke distributor atau belum. Pihaknya juga meminta bukti tertulis apabila barang tersebut telah dikembalikan kepada distributor atau agen.

’’Razia pertama sebagai peringatan saja. Selanjutnya kalau memang masih menjual, maka urusannya bukan lagi pada kami tetapi sudah pada penegak hukum. Apa yang kami lakukan adalah untuk melindungi konsumen, sekaligus pedagang,’’ tandasnya. (A-101/A-50)***

Baca Juga

Tenggelam di Kolam Solemat

Seorang Siswi SMK Menjadi Korban Kegiatan Pramuka

JAWA BARAT
 BISRI MUSTOFA/PRLM

CIANJUR, Kegiatan pramuka para siswa SMK Al Fatma di kolam Solemat Bumi Perkemahan (Buper) Mandala Kitri Cibodas yang menewaskan Rahmi Apriliani (16) siswi Kelas X PB3 itu ternyata tidak memiliki izin dari pihak pengelola Buper.

Bupati Sumedang Mohon Maaf Lewat Istrinya

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).- Bupati Sumedang H. Ade Irawan melalui istrinya Hj Euis Ningsih Ade Irawan memohon maaf kepada seluruh masyarakat Kab. Sumedang atas penahanan dirinya oleh Kejati Jabar di Lapas Sukamiskin Bandung, Jumat (27/3/2015) lalu.

Satpol PP Kota Sukabumi Musnahkan Ribuan Miras

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Ribuan botol minuman keras (Miras) dari berbagai jenis, Rabu (1/4/2015) berhasil dimusnahkan dengan menggunakan stoomwals. Miras yang dimusnahkan merupakan hasil razia yang dilakukan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi dari sejumlah tempat berbeda.

Polres Cianjur Ungkap Kasus Curas dan Curat

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Polres Cianjur kembali berhasil mengungkap aksi kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) yang selama ini meresahkan masyarakat. Setidaknya sembilan tersangka berhasil diamankan berikut sejumlah barang buktinya.