Pohon Kesemek Dijadikan Acuan Baca Musim

EKONOMI

GARUT, (PRLM).-Keberadaan sisa-sisa pohon buah kesemek pada sejumlah wilayah di Kabupaten Garut dijadikan pembaca musim yang akurat oleh para petani setempat, untuk melihat datangnya musim kemarau ini. Mereka baru percaya musim kemarau memang sudah terjadi, menyusul sudah mengeringnya daun-daun pohon buah kesemek.

Sejumlah petani sayuran di Kec. Cigedug, Kab. Garut, Senin (13/7), mengatakan, mereka selama ini kurang menjadikan patokan ramalan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), namun lebih percaya indikator dari perubahan bentuk fisik pohon buah kesemek.

Ini juga dijadikan patokan pengusahaan tanaman cabe pada Juni lalu, di mana sejumlah petani masih berani menanam setelah melihat indikator dari kondisi daun buah kesemek.

Mereka mengatakan, dari tanda-tanda fisik daun buah kesemek yang masih cukup banyak yang hijau, cadangan air di sekitar tempat bersangkutan masih cukup banyak. Lain halnya jika daun pohon buah kesemek sudah banyak yang kuning, ini adalah tanda-tanda cadangan air yang ada sudah cukup gawat. (A-81/A-120) ***

Baca Juga

Kenaikan Harga BBM, DPR Minta Penjelasan Pemerintah

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).-Dewan Perwakilan Rakyat menyerahkan keputusan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi kepada Pemerintah. Namun, ‎DPR tetap meminta penjelasan dari Pemerintah terkait alasan kenaikan harga BBM yang ditetapkan mulai Sabtu (28/3/2015) ini.

Produksi Padi Jabar Pasti Naik, Belum Tentu Capai Target

EKONOMI

SUBANG, (PRLM).- Target kenaikan produksi padi Jawa Barat tahun 2015 sebanyak 2 juta ton dari tahun sebelumnya, belum tentu bisa tercapai.

Harga Minyak Dunia Kembali Merosot

EKONOMI

NEW YORK, (PRLM).- Harga-harga minyak terus merosot hari Selasa (31/3/2015) sementara para investor menunggu hasil perundingan nuklir Iran yang bisa mendorong minyak mentah Iran membanjiri pasar global yang sudah melimpah.

Jabar Targetkan Capai LPE 6,6% pada 2016

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).-Pemerintah pusat memberi target kenaikan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 6,6 persen pada 2016 untuk Provinsi Jawa Barat. Angka berada di kisaran target Pemprov Jawa Barat sendiri sebesar 6,3 - 6,9 persen.