Pohon Kesemek Dijadikan Acuan Baca Musim

EKONOMI

GARUT, (PRLM).-Keberadaan sisa-sisa pohon buah kesemek pada sejumlah wilayah di Kabupaten Garut dijadikan pembaca musim yang akurat oleh para petani setempat, untuk melihat datangnya musim kemarau ini. Mereka baru percaya musim kemarau memang sudah terjadi, menyusul sudah mengeringnya daun-daun pohon buah kesemek.

Sejumlah petani sayuran di Kec. Cigedug, Kab. Garut, Senin (13/7), mengatakan, mereka selama ini kurang menjadikan patokan ramalan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), namun lebih percaya indikator dari perubahan bentuk fisik pohon buah kesemek.

Ini juga dijadikan patokan pengusahaan tanaman cabe pada Juni lalu, di mana sejumlah petani masih berani menanam setelah melihat indikator dari kondisi daun buah kesemek.

Mereka mengatakan, dari tanda-tanda fisik daun buah kesemek yang masih cukup banyak yang hijau, cadangan air di sekitar tempat bersangkutan masih cukup banyak. Lain halnya jika daun pohon buah kesemek sudah banyak yang kuning, ini adalah tanda-tanda cadangan air yang ada sudah cukup gawat. (A-81/A-120) ***

Baca Juga

Pembekalan Berkesinambungan Berdayakan Perajin

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Komunitas perajin perempuan Circa HandMade asal Cihanjuang, Bandung, sepanjang 2015, mendapat pembekalan ilmu bisnis dan kesehatan dari Combiphar melalui salah satu pilar program tanggung jawab sosial perusahaannya yaitu Combi Hope Women’s Empowerment.

Disabilitas Bekerja di Hotel

EKONOMI
Disabilitas Bekerja di Hotel

Bursa Saham Jepang Sentuh Level Terendah

EKONOMI

TOKYO, (PRLM).- Bursa saham Jepang, pada Senin (18/01) pagi, menyentuh level terendah dalam setahun terakhir, menyusul anjloknya bursa saham Amerika setelah harga minyak dunia turun drastis ke posisi US$28 per barel, terendah sejak 2003.

Laba Bank of America Naik 9,4 Persen

EKONOMI

WASHINGTON, (PRLM).- Bank of America Corp, pemberi pinjaman terbesar kedua di Amerika, mengatakan laba perusahaan itu naik 9,4 persen karena bisnis pendapatan tetapnya sampai bulan lalu naik lebih dari perkiraan sementara biaya pengeluaran menyusut.