Pohon Kesemek Dijadikan Acuan Baca Musim

GARUT, (PRLM).-Keberadaan sisa-sisa pohon buah kesemek pada sejumlah wilayah di Kabupaten Garut dijadikan pembaca musim yang akurat oleh para petani setempat, untuk melihat datangnya musim kemarau ini. Mereka baru percaya musim kemarau memang sudah terjadi, menyusul sudah mengeringnya daun-daun pohon buah kesemek.

Sejumlah petani sayuran di Kec. Cigedug, Kab. Garut, Senin (13/7), mengatakan, mereka selama ini kurang menjadikan patokan ramalan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), namun lebih percaya indikator dari perubahan bentuk fisik pohon buah kesemek.

Ini juga dijadikan patokan pengusahaan tanaman cabe pada Juni lalu, di mana sejumlah petani masih berani menanam setelah melihat indikator dari kondisi daun buah kesemek.

Mereka mengatakan, dari tanda-tanda fisik daun buah kesemek yang masih cukup banyak yang hijau, cadangan air di sekitar tempat bersangkutan masih cukup banyak. Lain halnya jika daun pohon buah kesemek sudah banyak yang kuning, ini adalah tanda-tanda cadangan air yang ada sudah cukup gawat. (A-81/A-120) ***

Baca Juga

KPLP Dorong Realisasi Tol Laut

JAKARTA, (PR).- Implementasi Tol Laut harus mendapat dukungan dari semua subsektor untuk menjamin keselamatan dan keamanan serta kelancaran penyelenggaraan transportasi laut.

SALAH seorang pelaku UMKM sedang menata sejumlah produknya dalam Lomba UMKM beberapa waktu lalu.

Pasarukmjabar, Aplikasi yang Mempromosikan UMKM Jawa Barat

BANDUNG, (PR).- Perdagangan dengan memanfaatkan jaringan internet (e-commerce) belum menyentuh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menyadari fenomena itu di Jawa Barat, Master Business Administration ITB angkatan 53 merancang start up pemasaran, Pasarukmjabar.com.