Pohon Kesemek Dijadikan Acuan Baca Musim

GARUT, (PRLM).-Keberadaan sisa-sisa pohon buah kesemek pada sejumlah wilayah di Kabupaten Garut dijadikan pembaca musim yang akurat oleh para petani setempat, untuk melihat datangnya musim kemarau ini. Mereka baru percaya musim kemarau memang sudah terjadi, menyusul sudah mengeringnya daun-daun pohon buah kesemek.

Sejumlah petani sayuran di Kec. Cigedug, Kab. Garut, Senin (13/7), mengatakan, mereka selama ini kurang menjadikan patokan ramalan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), namun lebih percaya indikator dari perubahan bentuk fisik pohon buah kesemek.

Ini juga dijadikan patokan pengusahaan tanaman cabe pada Juni lalu, di mana sejumlah petani masih berani menanam setelah melihat indikator dari kondisi daun buah kesemek.

Mereka mengatakan, dari tanda-tanda fisik daun buah kesemek yang masih cukup banyak yang hijau, cadangan air di sekitar tempat bersangkutan masih cukup banyak. Lain halnya jika daun pohon buah kesemek sudah banyak yang kuning, ini adalah tanda-tanda cadangan air yang ada sudah cukup gawat. (A-81/A-120) ***

Baca Juga

PETUGAS mengamati pergerakan saham, di kantor Mandiri Sekuritas, Jln. Surapati, Kota Bandung, Kamis (13/12). Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga akhir tahun, didukung oleh momentum kebangkitan sektor komoditas baik pertambangan maupun perk

Trump Unggul Sementara, IHSG dan Rupiah Melemah

JAKARTA, (PR).- Indeks harga saham gabungan dan rupiah mengalami pelemahan menanggapi hasil sementara pemilihan preside‎n Amerika Serikat. Hingga pukul 11.30 WIB, calon presiden partai Republik Donald Trump masih mengungguli pesaingnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Perekonomian Belum Pulih, Asuransi Jiwa Tetap Tumbuh

JAKARTA, (PR).- Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, meski perekonomian ekonomi belum pulih sepenuhnya, industri asuransi jiwa di Indonesia terus tumbuh. Hal ini terlihat dari kinerja asuransi jiwa pada kuartal III tahun 2016.

PM Belanda Mark Rutte Bawa 200 Pengusaha Bertemu Jokowi

JAKARTA, (PR).- Pertemuan bilateral Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda menghasilkan kesepakatan kerja sama ekonomi yang fokus pada perdagangan, investasi, pengelolaan air, dan pembangunan infrastruktur maritim.