Pohon Kesemek Dijadikan Acuan Baca Musim

GARUT, (PRLM).-Keberadaan sisa-sisa pohon buah kesemek pada sejumlah wilayah di Kabupaten Garut dijadikan pembaca musim yang akurat oleh para petani setempat, untuk melihat datangnya musim kemarau ini. Mereka baru percaya musim kemarau memang sudah terjadi, menyusul sudah mengeringnya daun-daun pohon buah kesemek.

Sejumlah petani sayuran di Kec. Cigedug, Kab. Garut, Senin (13/7), mengatakan, mereka selama ini kurang menjadikan patokan ramalan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), namun lebih percaya indikator dari perubahan bentuk fisik pohon buah kesemek.

Ini juga dijadikan patokan pengusahaan tanaman cabe pada Juni lalu, di mana sejumlah petani masih berani menanam setelah melihat indikator dari kondisi daun buah kesemek.

Mereka mengatakan, dari tanda-tanda fisik daun buah kesemek yang masih cukup banyak yang hijau, cadangan air di sekitar tempat bersangkutan masih cukup banyak. Lain halnya jika daun pohon buah kesemek sudah banyak yang kuning, ini adalah tanda-tanda cadangan air yang ada sudah cukup gawat. (A-81/A-120) ***

Baca Juga

2017, Pasar Elektronik Akan Tumbuh 

JAKARTA, (PR).- Kondisi pasar elektronik Indonesia pada 2016 mengaIami penurunan sebesar 2,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Creativeprener Corner 2017 Dorong Lahirnya Enterpreneur Muda

PROGRAM The Ultimate Experience Talk Show has Return yang sukses dua tahun lalu kini kembali digelar dengan tema Agent of Action Creativeprenuer Conner 2017. Program bincang-bincang itu digelar sebagai wadah mewujudkan mimpi-mimpi anak muda Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Rektor Sadar Jaminan Sosial

JAKARTA, (PR).- Tenaga pengajar dan karyawan di perguruan tinggi kini bisa bekerja dengan lebih tenang dan nyaman. Pasalnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan hadir untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja di Perguruan Tinggi.

Evolve GT, Papan Luncur Paling Tipis

SEIRING berkembangnya pasar papan seluncur (skateboard), kini produk papan luncur tampi dengan kualitas yang semakin baik dan bentuk yang unik.