Pohon Kesemek Dijadikan Acuan Baca Musim

EKONOMI

GARUT, (PRLM).-Keberadaan sisa-sisa pohon buah kesemek pada sejumlah wilayah di Kabupaten Garut dijadikan pembaca musim yang akurat oleh para petani setempat, untuk melihat datangnya musim kemarau ini. Mereka baru percaya musim kemarau memang sudah terjadi, menyusul sudah mengeringnya daun-daun pohon buah kesemek.

Sejumlah petani sayuran di Kec. Cigedug, Kab. Garut, Senin (13/7), mengatakan, mereka selama ini kurang menjadikan patokan ramalan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), namun lebih percaya indikator dari perubahan bentuk fisik pohon buah kesemek.

Ini juga dijadikan patokan pengusahaan tanaman cabe pada Juni lalu, di mana sejumlah petani masih berani menanam setelah melihat indikator dari kondisi daun buah kesemek.

Mereka mengatakan, dari tanda-tanda fisik daun buah kesemek yang masih cukup banyak yang hijau, cadangan air di sekitar tempat bersangkutan masih cukup banyak. Lain halnya jika daun pohon buah kesemek sudah banyak yang kuning, ini adalah tanda-tanda cadangan air yang ada sudah cukup gawat. (A-81/A-120) ***

Baca Juga

Tiket Promo Mudik Lebaran Rp 49.000 - Rp 149.000

EKONOMI

PURWOKERTO, (PRLM).- PT Kereta api Indonesia (Persero) meluncurkan tiket promo mudik lebaran 2015 dengan harga yang cukup murah, harga tiket berkisar antara Rp49.000- Rp149.000.

Sinarmas MSIG Life Mengasuransi Anak Tanpa Keluarga

EKONOMI

SEMARANG, (PRLM).- Perusahaan asuransi patungan Sinarmas MSIG Life mengasuransi anak yang tidak memiliki keluarga, yang diasuh oleh SOS Children's Villages Semarang, Jawa Tengah.

Menteri BUMN: Swap Mitratel Murni Aksi Korporasi

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengembalikan keputusan transaksi tukar saham (share swap) saham Mitratel antara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dengan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), kepada internal Telkom.