Kemitraaan Budidaya Pohon Albasia

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Pembudidayaan berskala bisnis pohon kayu albasia secara kemitraan dengan masyarakat, ditawarkan dikembangkan pada lahan kehutanan dan perkebunan di Jabar selaku sentra produksi nasional. Kementrian BUMN meminta Perum Perhutani Unit III dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII menyediakan lahan cadangan, untuk dapat ditanami pohon albasia untuk dimitrakan dengan masyarakat.

Deputi Bidang Agroindustri Kementrian BUMN, Agus Pakpahan, di Bandung, Kamis (11/6) mengatakan, potensi bisnis pohon kayu albasia sangat menjanjikan pendapatan layak bagi masyarakat, apalagi kebutuhan kayu kelas menengah ke bawah terus meningkat. Dalam satu hektare lahan, akan dapat diperoleh nilai penjualan Rp100 juta dari populasi tanaman albasia berumur delapan tahun.

"Kemitraan penanaman albasia cocok dikembangkan di kehutanan dan perkebunan, sebagai upaya mengangkat perekonomian masyarakat desa sekitarnya. Setidaknya, eksistensi unit kehutanan dan perkebunan menjadi perekat kekompakan dengan masyarakat sekitar, yang timbal baliknya diharapkan mampu menjaga kelestarian lingkungan. (A-81/das)***

Baca Juga

Rusia Patenkan "Drive-thru" Pasar Swalayan

EKONOMI
RAK elevator akan berputar vertikal untuk menampung semua jenis item yang akan dibeli lewat "drive-thru".*

MOSKOW, (PRLM).- Belanja online telah semakin populer untuk membantu pembeli menghindari kemacetan dan terbebas membawa belanjaan yang berat. Namun, layanan ini memerlukan waktu bisa berhari-hari untuk memproses pesanan.

Hadapi MEA, Diskop Dorong Produk UKM Tersertifikasi

EKONOMI

CIANJUR,(PRLM).- Agar bisa bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kab. Cianjur terus mendorong agar produk Usaha Kecil Mikro (UKM) selain berkualitas juga bersertifikasi. Hingga saat ini di Kab.

Pertumbuhan ekonomi Cina Terlamban Dalam 25 Tahun Terakhir

EKONOMI

BEIJING, (PRLM).- Pertumbuhan ekonomi Cina mencapai 6,9% pada 2015, turun dari 7,3% setahun sebelumnya. Hal itu menandai pertumbuhan terlamban Cina dalam 25 tahun terakhir.

Pedagang Daging Sapi di Sukabumi Mogok Berjualan

EKONOMI

SUKABUMI, (PRLM).- Para pedagang daging sapi di Kabupaten Sukabumi, hingga Rabu (20/1/2016) masih belum melakukan aktivitas berjualan. Mereka mengancam tidak akan berjualan sebelum pemerintah segera mencabut pemberlakuan pajak 10 persen.