Penyaluran Dana LDPM Jabar Ditunda

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Pemprov Jabar menunda penyaluran dana bantuan sosial Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) kepada 49 gabungan kelompok tani (gapoktan), atas permintaan dari Departemen Pertanian (Deptan) untuk menunggu diubahnya pedoman umum (pedum) penggunaan. Rencananya, ke-49 gapoktan tersebut masing-masing akan memperoleh dana awal Rp 75 juta, sebagai modal membangun gudang gabah dan beras, sebagai sistem tunda jual.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Jabar, Lucki Rulyaman Djunaedi, di Bandung, Selasa (2/6) mengatakan, belum jelas sampai kapan penundaan penyaluran bantuan sosial kepada gapoktan di Jabar tersebut. Semuanya harus menunggu perubahan pedum oleh Deptan selesai, bisa hanya dalam beberapa hari, beberapa pekan, atau beberapa bulan lagi, di mana dana total yang diterima setiap gapoktan Rp 150 juta.

"Ada persoalan yang mendasar, karena gapoktan rata-rata tak memiliki fasilitas pergudangan beras. Karena LDPM bertujuan untuk sistem tunda jual gabah dan beras, maka pedum harus disesuaikan untuk pembangunan gudangnya dahulu," ujarnya. (A-81/A-50)***

Baca Juga

Tersandung Rel, Pria Renta Tertabrak Kereta

BANDUNG RAYA
Tersandung Rel, Pria Renta Tertabrak Kereta

CIMAHI, (PRLM).- Kejadian kecelakaan terjadi di perlintasan rel kereta api Stasiun Cimindi. Seorang pria renta tanpa identitas tewas tersambar kereta api. Kejadian tersebut membuat warga yang melintas berkerumun hingga menyebabkan kemacetan luar biasa di ruas Jln. Jend.

Hati-hati, Diduga Banyak Beredar Ayam Pedaging yang Stres Akibat Cuaca

BANDUNG RAYA
Hati-hati, Diduga Banyak Beredar Ayam Pedaging yang Stres Akibat Cuaca

BANDUNG,(PRLM).- Selama ramadhan di Kota Bandung dan sekitarnya diduga banyak beredar ayam stres dan berpenyakit. Kondisi ayam dapat dikenali dari warnanya yang legam pada bagian dada dan ekor.

Polisi Temukan 50 SKTM Palsu

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Mohammad Ngajib mengatakan dalam penyelidikan sementara, pihaknya sudah berhasil menemukan 50 Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diduga palsu.

Sumur Resapan untuk Pengairan

BANDUNG RAYA
Sumur Resapan untuk Pengairan