Penyaluran Dana LDPM Jabar Ditunda

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Pemprov Jabar menunda penyaluran dana bantuan sosial Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) kepada 49 gabungan kelompok tani (gapoktan), atas permintaan dari Departemen Pertanian (Deptan) untuk menunggu diubahnya pedoman umum (pedum) penggunaan. Rencananya, ke-49 gapoktan tersebut masing-masing akan memperoleh dana awal Rp 75 juta, sebagai modal membangun gudang gabah dan beras, sebagai sistem tunda jual.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Jabar, Lucki Rulyaman Djunaedi, di Bandung, Selasa (2/6) mengatakan, belum jelas sampai kapan penundaan penyaluran bantuan sosial kepada gapoktan di Jabar tersebut. Semuanya harus menunggu perubahan pedum oleh Deptan selesai, bisa hanya dalam beberapa hari, beberapa pekan, atau beberapa bulan lagi, di mana dana total yang diterima setiap gapoktan Rp 150 juta.

"Ada persoalan yang mendasar, karena gapoktan rata-rata tak memiliki fasilitas pergudangan beras. Karena LDPM bertujuan untuk sistem tunda jual gabah dan beras, maka pedum harus disesuaikan untuk pembangunan gudangnya dahulu," ujarnya. (A-81/A-50)***

Baca Juga

Prajurit Paskhas Ikuti Latihan Praktis

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Para prajurit Paskhas yang menjadi siswa diharapkan untuk serius melaksanakan latihan praktis sehingga dapat menyerap dan mempraktikkan semua materi praktis yang disampaikan para pelatih atau instruktur. Hal itu sebagai wujud aplikasi materi di kelas yang selama ini diterima.

Kemarau Khawatir Berdampak pada Ketersediaan Pangan

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Pemkot Cimahi melakukan berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan lahan pertanian di musim kemarau. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan hasil pangan untuk konsumsi masyarakat.

Mapolda Jabar Kemalingan Juga

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Rumah atau toko kemalingan sudah biasa. Tapi kantor Mapolda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta No 748 Kota Bandung ternyata kemalingan juga.

Galang Dana Agustusan dengan Jual Makanan

BANDUNG RAYA
Galang Dana Agustusan dengan Jual Makanan