Panwas Bingung Lakukan Tugas

POLITIK

CIAMIS,(PRLM).-Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten Ciamis masih kebingungan melaksanakan tugas pengawasan untuk pemilu presiden mendatang. Alasannya karena sampai saat ini belum ada sosialisasi maupun pemahaman tentang UU nomor 42 Tahun 2008 tentang Pilpres dari Panwaslu pusat maupun Bawaslu.

"Terus terang hingga saat ini kami belum menerima penjelasan atau arahan soal UU tentang Pilpres. Untuk internal sendiri saja belum ada pemahaman apalagi pemahaman ke kecamatan," tutur Ketua Panwaslu Kab. Ciamis Enceng Sudrajat, Senin (1/6), di ruang kerjanya.

Dia juga mengungkapkan banyak sekali mendapat pertanyaan dari panwas kecamatan maupun Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) menyangkut pemahaman aturan Pilpres. "Kami kebanjiran pertanyaan dari panwascam maupun PPL, namun juga kami sampaikan masih bingung. Untuk amannya tunggu saja instruksi dari Bawaslu," katanya.

Selain menyangkut belum adanya pemahaman mengenai pengawasan pilpres, pihaknya juga kesulitan pendanaan untuk biaya kegiatan. Misalnya tidak tersedianya anggaran khusus untuk sosialisasi ke Panwascam maupun PPL.

Tidak tersedianya dana tersebut, tambah Enceng juga berkenaan dengan larangan penggunaan APBD untuk KPU maupun Panwas. Dia juga yakin bahwa setiap daerah telah mengalokasikan sebagian dananya dalam APBD untuk membantu kelancaran pelaksanaan Pemilu.

"Kondisi seperti itu tidak hanya di Ciamis saja, tetapi juga daerah lain. Semua anggran dari pusat, datangnya kapan, kami juga tidak tahu, sementara jkebutuhan sudah sangat mendesak, apalagi sebenatar lagi akan dimulai kampanye," tutur Enceng, seraya mengungkapkan sampai saat ini belum menerima keberatan menyangkut DPT. (A-101/A-50)***

Baca Juga

Partai Perindo Yakin Curi Simpati di Jawa Barat

POLITIK

CIANJUR, (PRLM).- Sedikitnya 200 kader Partai Persatuan Indonesia dilantik, Kamis (14/1/2015). Ratusan kader ini merupakan pengurus Dewan Pimpinan Cabang di seluruh kecamatan di Cianjur dan Bogor.

Ada Rapat Pleno di KPU, Polisi Tutup Jalan Ir. H. Djuanda

POLITIK
SEJUMLAH aparat kepolisian dari Polres Cianjur berjaga-jaga di pertigaan Otista terusan Jalan Ir. H. Djuanda. Sejak pukul 13.00 WIB, Jumat (22/1/2016) jalan IR. H. Djuanda depan kantor KPU Cianjur ditutup untuk sementara waktu lantaran adanya kegiatan Rap

CIANJUR, (PRLM).- Arus lalu lintas yang melintas didepan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur jalan Ir. H Djuanda Salakopi, Jum'at (22/1/206) ditutup. Semua kendaraan yang biasa melintas dialihkan ke jalur lain.

Perindo DKI Menilai Ridwan Kamil Cocok untuk Ibu Kota

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).- Partai Perindo DKI Jakarta menyebut sosok Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, pantas menggusur posisi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta.
 

Seskab: Pemerintah Berharap Golkar Selesaikan Masalahnya

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah mengapresiasi keputusan Partai Golkar yang telah menyatakan dukungan secara resmi kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (25/1/2016) lalu.