Waspadai Upaya Pemekaran Wilayah di Jabar

JAWA BARAT

BANDUNG, (PRLM).- Masyarakat lokal di Jabar diingatkan agar berhati-hati menyikapi gencarnya keinginan sejumlah pihak untuk melakukan pemekaran wilayah. Berbagai upaya pemekaran wilayah di Jabar dinilai berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan dalam skala besar, dan patut dicurigai sebagai upaya menimbulkan perpecahan di antara masyarakat lokal, khususnya orang Sunda.

Wakil Ketua Legiun Veteran Jabar, HR Wikusumah, di Bandung, Jumat (29/5)mengatakan, dari berbagai pengalaman diketahui, bahwa pihak-pihak yang bernafsu melakukan pemekaran wilayah di Jabar, sebenarnya kelompok pendatang yang menggunakan "boneka" sebagian tokoh masyarakat lokal serta elit politik setempat.

Padahal sudah terbukti, pemekaran-pemakaran wilayah di Jabar pada akhirnya hanya menyuburkan kehadiran kaum pendatang, seperti dicontohkan di Banten, Kab. Bandung Barat, Tangerang Selatan, yang diingatkan agar jangan terulang lagi melalui keinginan pembentukan Kab. Pangandaran, Kab. Bogor Barat, Garut Selatan, Kab. Jampang Mandiri, Kota Cipanas, dll.

"Banyak pihak luar yang mengincar potensi dan sumber kekayaan masyarakat Jabar, seperti halnya di bagian Selatan yang sejak lama ada upaya pihak asing untuk mengeksploitasi sumber pertambangan. Akan sangat besar kerugian yang dialami masyarakat lokal Jabar, jika daerah mereka banyak dirusak dengan kedok pemekaran wilayah, padahal nyatanya hanya sebagai upaya eksploitasi," katanya. (A-81/das)***

Baca Juga

Kejari Segara Tingkatkan Status Kasus Dugaan Korupsi Gedung DPRD

JAWA BARAT

KARAWANG, (PRLM).-Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang bakal menaikan status kasus dugaan korupsi rehab Gedung Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari penyelidikan menjadi penyidikan. Lembaga penegak hukum itu bahkan segera melakukan ekspos kasus itu kepada media massa.

Denda Rp 400 Juta

Jaksa KPK Tuntut Ade Swara 8 Tahun Penjara

JAWA BARAT
YEDI SUPRIADI/PRLM

BANDUNG, (PRLM).- Bupati Karawang non-aktif Ade Swara dituntut delapan tahun penjara oleh jaksa KPK dalam sidang yang digelar di pengadilan Tipikor Bandung, Selasa (31/3/2015). Sedangkan istrinya, Nurlatifah dituntut tujuh tahun penjara.

Bupati Sumedang Minta Penangguhan Penahanan

JAWA BARAT

BANDUNG, (PRLM).-Bupati Sumedang Ade Irawan akhirnya resmi melayangkan surat kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk meminta penangguhan penahanan. Selain Ade, Pemerintah Kabupaten Sumedang juga atas nama lembaga pemerintah melayangkan surat yang sama.

Warga Kampung Cimerak Tinggalkan Posko Pengungsian

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Dibantu personel tentara, sebanyak 97 kepala keluarga atau 293 jiwa warga di Kampung Cimerak, RT 27/04, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cirenghas, Kabupaten Sukabumi,Jumat (3/4/2015) meninggalkan tempat pengungsian.