Waspadai Upaya Pemekaran Wilayah di Jabar

BANDUNG, (PRLM).- Masyarakat lokal di Jabar diingatkan agar berhati-hati menyikapi gencarnya keinginan sejumlah pihak untuk melakukan pemekaran wilayah. Berbagai upaya pemekaran wilayah di Jabar dinilai berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan dalam skala besar, dan patut dicurigai sebagai upaya menimbulkan perpecahan di antara masyarakat lokal, khususnya orang Sunda.

Wakil Ketua Legiun Veteran Jabar, HR Wikusumah, di Bandung, Jumat (29/5)mengatakan, dari berbagai pengalaman diketahui, bahwa pihak-pihak yang bernafsu melakukan pemekaran wilayah di Jabar, sebenarnya kelompok pendatang yang menggunakan "boneka" sebagian tokoh masyarakat lokal serta elit politik setempat.

Padahal sudah terbukti, pemekaran-pemakaran wilayah di Jabar pada akhirnya hanya menyuburkan kehadiran kaum pendatang, seperti dicontohkan di Banten, Kab. Bandung Barat, Tangerang Selatan, yang diingatkan agar jangan terulang lagi melalui keinginan pembentukan Kab. Pangandaran, Kab. Bogor Barat, Garut Selatan, Kab. Jampang Mandiri, Kota Cipanas, dll.

"Banyak pihak luar yang mengincar potensi dan sumber kekayaan masyarakat Jabar, seperti halnya di bagian Selatan yang sejak lama ada upaya pihak asing untuk mengeksploitasi sumber pertambangan. Akan sangat besar kerugian yang dialami masyarakat lokal Jabar, jika daerah mereka banyak dirusak dengan kedok pemekaran wilayah, padahal nyatanya hanya sebagai upaya eksploitasi," katanya. (A-81/das)***

Baca Juga

Izinkan PNS Mudik Pakai Mobil Dinas, Bupati Cianjur Dikecam Warganya

CIANJUR, (PR).- Kebijakan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar yang mengizinkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik, dikecam oleh warga Cianjur. Menurut warga, kebijakan tersebut menyalahi aturan.

Petugas PJR Tol Cipali dan Brimob Tangkap Tersangka Pencuri Truk

SUBANG, (PR).- Petugas PJR Tol Cipali dan Brimob berhasil menangkap tersangka pencuri truk yang membawa kabur mobil curiannya ke jalan Tol Cipali, Senin 27 Juni 2016 sore. Tersangka ditangkap petugas saat bersembunyi di Gorong-gorong jalan tol sekitar kawasan Indramayu.

Obat Perangsang Turunkan Hasil Panen Mangga

MAJALENGKA, (PR).- Produksi mangga di Kabupaten Majalengka tahun ini dipastikan bakal turun drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya, kondisi tersebut akibat banyaknya pohon yang tidak berbuah, kalaupun ada hanya sedikit tidak lebat seperti biasanya.