Waspadai Upaya Pemekaran Wilayah di Jabar

JAWA BARAT

BANDUNG, (PRLM).- Masyarakat lokal di Jabar diingatkan agar berhati-hati menyikapi gencarnya keinginan sejumlah pihak untuk melakukan pemekaran wilayah. Berbagai upaya pemekaran wilayah di Jabar dinilai berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan dalam skala besar, dan patut dicurigai sebagai upaya menimbulkan perpecahan di antara masyarakat lokal, khususnya orang Sunda.

Wakil Ketua Legiun Veteran Jabar, HR Wikusumah, di Bandung, Jumat (29/5)mengatakan, dari berbagai pengalaman diketahui, bahwa pihak-pihak yang bernafsu melakukan pemekaran wilayah di Jabar, sebenarnya kelompok pendatang yang menggunakan "boneka" sebagian tokoh masyarakat lokal serta elit politik setempat.

Padahal sudah terbukti, pemekaran-pemakaran wilayah di Jabar pada akhirnya hanya menyuburkan kehadiran kaum pendatang, seperti dicontohkan di Banten, Kab. Bandung Barat, Tangerang Selatan, yang diingatkan agar jangan terulang lagi melalui keinginan pembentukan Kab. Pangandaran, Kab. Bogor Barat, Garut Selatan, Kab. Jampang Mandiri, Kota Cipanas, dll.

"Banyak pihak luar yang mengincar potensi dan sumber kekayaan masyarakat Jabar, seperti halnya di bagian Selatan yang sejak lama ada upaya pihak asing untuk mengeksploitasi sumber pertambangan. Akan sangat besar kerugian yang dialami masyarakat lokal Jabar, jika daerah mereka banyak dirusak dengan kedok pemekaran wilayah, padahal nyatanya hanya sebagai upaya eksploitasi," katanya. (A-81/das)***

Baca Juga

Untuk Adipura 2015 Kuningan tak Mendapat Penilaain Negatif

JAWA BARAT

KUNINGAN, (PRLM).- Pascapantauan tahap II untuk penghargaan adipura tahun 2015, Kabupaten Kuningan sampai saat ini tidak mendapatkan catatan negatif dari tim tersebut atas berbagai item penilaian penentu layak tidaknya suaru daerah memperoleh penghargaan tersebut.

Kekeringan di Karawang Meluas

JAWA BARAT

KARAWANG, (PRLM).- Kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Karawang semakin meluas. Jika sebelumnya kekeringan hanya terjadi di 20 kecamatan, kini bencana tersebut telah menimpa 21 dari 30 kecamatan yang ada di daerah lumbung padi itu.

Lima Tahun Belum Pulang, Ada Dugaan TKI Disandera

JAWA BARAT
WASTINI dan orangtuanya Rahman memperlihatkan foto Juju Juniah (29) warga Dusun Kertajaya, RT 1 RW 12 Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka  yang bekerja di Jeddah, Arab Saudi dan sudah lima tahun tidak pulang, diduga disekap majikanny

MAJALENGKA,(PRLM).- Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Juju Juniah (29) warga Dusun Kertajaya, RT 1 RW 12 Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka yang bekerja di Jeddah, Arab Saudi sudah lima tahun tidak pulang. Bahkan tiga tahun terakhir tidak jelas kabarnya.

Peternakan yang Tewaskan Empat Kuli, Ternyata tak Berizin

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Peternakan yang roboh hingga menewaskan empat kuli bangunan diketahui tidak berizin. Pemilik peternakan yang berada di Kampung Cimumput Desa Jamali Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur itu pun dinilai menyalahi aturan.