Waspadai Upaya Pemekaran Wilayah di Jabar

JAWA BARAT

BANDUNG, (PRLM).- Masyarakat lokal di Jabar diingatkan agar berhati-hati menyikapi gencarnya keinginan sejumlah pihak untuk melakukan pemekaran wilayah. Berbagai upaya pemekaran wilayah di Jabar dinilai berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan dalam skala besar, dan patut dicurigai sebagai upaya menimbulkan perpecahan di antara masyarakat lokal, khususnya orang Sunda.

Wakil Ketua Legiun Veteran Jabar, HR Wikusumah, di Bandung, Jumat (29/5)mengatakan, dari berbagai pengalaman diketahui, bahwa pihak-pihak yang bernafsu melakukan pemekaran wilayah di Jabar, sebenarnya kelompok pendatang yang menggunakan "boneka" sebagian tokoh masyarakat lokal serta elit politik setempat.

Padahal sudah terbukti, pemekaran-pemakaran wilayah di Jabar pada akhirnya hanya menyuburkan kehadiran kaum pendatang, seperti dicontohkan di Banten, Kab. Bandung Barat, Tangerang Selatan, yang diingatkan agar jangan terulang lagi melalui keinginan pembentukan Kab. Pangandaran, Kab. Bogor Barat, Garut Selatan, Kab. Jampang Mandiri, Kota Cipanas, dll.

"Banyak pihak luar yang mengincar potensi dan sumber kekayaan masyarakat Jabar, seperti halnya di bagian Selatan yang sejak lama ada upaya pihak asing untuk mengeksploitasi sumber pertambangan. Akan sangat besar kerugian yang dialami masyarakat lokal Jabar, jika daerah mereka banyak dirusak dengan kedok pemekaran wilayah, padahal nyatanya hanya sebagai upaya eksploitasi," katanya. (A-81/das)***

Baca Juga

Ikan Asin Palabuhanratu Terindikasi Pakai Bahan Kimia

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Perajin ikan asin rumahan di pesisir pantai Palabuhanratu dan Cisolok, Rabu (13/1/2016) terindikasi menggunakan bahan pengawet kimia. Mereka menggunakan bahan formalin untuk mengeringkan hasil produksinya.

April, Pemkot Sukabumi Pastikan Terminal Tipe A Beroperasi

JAWA BARAT
PULUHAN  armada bus, Kamis (14/1/2016) tengah menunggu penumpang di Terminal Sudirman, Keamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Termial sudirman  diproyeksikan April mendatang akan segera pindah ke terminal baru di Jalan Lingkar Selatan, Keamatan Baros.*

SUKABUMI, (PRLM).- Seiring tuntutan masyarakat, Kamis (14/1/2016) terminal tipe A Kota Sukabumi dipastikan bisa beroperasi, April 2016 mendatang.

Pascaledakan Bom Jakarta, Karawang Siaga Satu

JAWA BARAT
Pascaledakan Bom Jakarta, Karawang Siaga Satu

KARAWANG, (PRLM).-Kepolisian Resor Karawang menetapkan status siaga satu di daerah Lumbung Padi setelah terjadi peristiwa pemboman di kawasan Sarinah Jakarta Pusat.

Polisi menutup semua akses masuk dari Jakarta menuju Karawang, termasuk di sejumlah pintu tol Jakarta-Cikampek.

Kota Sukabumi Kini krisis Lahan Kuburan

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU)/kuburan di Kota Sukabumi, semakin kritis. Karena Lima dari enam areal TPU warga yang tersebar di seluruh kecamatan dinyatakan over kapasitas.