Pelaksanaan Pembangunan Makin Tidak Mengatasi Kemiskinan

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM),- Menyinggung orientasi pembangunan, Guru Besar Sosiologi Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Sesetiawan, S.U menyatakan pelaksanaan pembangunan makin tidak mengatasi kemiskinan. Kenyataannya, sebagian besar pembangunan di negara berkembang tidak menghasilkan tingkat kesejahteraan rakyat yang lebih baik. Sebab kemiskinan dan kesejahteraan hanya diukur secara materiil semata yang dikontruksi oleh para ahli "pangeran pebisnis pembangunan".

Dia menyebut ada dua agen internasional di bidang pembangunan, keduanya termasuk bergerak di negeri ini. Agen pertama Bank Dunia, IMF dan berbagai lembaga internasional seperti ODA (Official Development Assistance) yang didanai 18 negara. Kedua agen organisasi LMS internasional seperti USAID, AUSAID, SIDA dan lembaga donor lainnya.

"LSM internasional inilah kaki kiri mereka, kaki kanannya adalah lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia, IMF, yang mendanai pembangunan dengan skema hutang," kata dia.

Lembaga keuangan menciptakan pertumbuhan ekonomi, privatisasi, pasar bebas, yang minim pelayanan sosial. "Para pihak (stakeholders) yakni negara, LSM dan perguruan tinggi, pelaku bisnis, seakan tidak berdaya melawan kontruksi neoliberalisme yang semakin mengganas, atau boleh jadi mereka ini bagian dari neoliberalisme (komprador) itu," kata Susetiawan.(A-84/kur)***

Baca Juga

Pemerintah Berusaha Selamatkan WNI/TKI dari Hukuman Mati

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).-Pemerintah kembali menegaskan akan terus melakukan langkah-langkah penyelamatan secara maksimal bagi para WNI dan TKI yang terancam hukuman mati. Hal itu dilakukan dengan pembelaan hukum, diplomasi resmi, pendekatan informal kepada keluarga maupun tokoh masyarakat setempat.

Eksekusi Mati

Arsul Sani Heran, Pemerintah Tunda Eksekusi Mati Narkoba

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani mengaku heran dengan sikap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) jika menunda eksekusi mati Serge Areski Atlaoui yang merupakan warga negara Prancis.

Miras Mudah Diakses Anak-anak

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Peredaran minuman beralkohol harus dikendalikan dan diatur. Tidak boleh bebas begitu saja. Dampak buruk sangat banyak ketimbang manfaatnya.

Indonesia Sudah Darurat Narkoba, Teroris, dan Darurat

NASIONAL

JAKARTA, ,(PRLM).- Indonesia sekarang ini bukan hanya sudah darurat narkoba, tapi juga sudah darurat teroris, dan darurat koruptor, sehingga yang dieksekusi mati itu seharusnya bukan saja terpidana narkoba dan terorisme, melainkan juga koruptor, yang mengancam generasi bangsa ke depan.