Pelaksanaan Pembangunan Makin Tidak Mengatasi Kemiskinan

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM),- Menyinggung orientasi pembangunan, Guru Besar Sosiologi Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Sesetiawan, S.U menyatakan pelaksanaan pembangunan makin tidak mengatasi kemiskinan. Kenyataannya, sebagian besar pembangunan di negara berkembang tidak menghasilkan tingkat kesejahteraan rakyat yang lebih baik. Sebab kemiskinan dan kesejahteraan hanya diukur secara materiil semata yang dikontruksi oleh para ahli "pangeran pebisnis pembangunan".

Dia menyebut ada dua agen internasional di bidang pembangunan, keduanya termasuk bergerak di negeri ini. Agen pertama Bank Dunia, IMF dan berbagai lembaga internasional seperti ODA (Official Development Assistance) yang didanai 18 negara. Kedua agen organisasi LMS internasional seperti USAID, AUSAID, SIDA dan lembaga donor lainnya.

"LSM internasional inilah kaki kiri mereka, kaki kanannya adalah lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia, IMF, yang mendanai pembangunan dengan skema hutang," kata dia.

Lembaga keuangan menciptakan pertumbuhan ekonomi, privatisasi, pasar bebas, yang minim pelayanan sosial. "Para pihak (stakeholders) yakni negara, LSM dan perguruan tinggi, pelaku bisnis, seakan tidak berdaya melawan kontruksi neoliberalisme yang semakin mengganas, atau boleh jadi mereka ini bagian dari neoliberalisme (komprador) itu," kata Susetiawan.(A-84/kur)***

Baca Juga

90 Taruna AAL Laksanakan Latihan Kepemimpinan

NASIONAL

SURABAYA, (PRLM).- Sebanyak 90 Taruna AAL Tingkat III angkatan 61 melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan atau Outbond Training di Puslatpur Marinir Purboyo. Kegiatan yang merupakan salah satu bagian dari kurikulum pendidikan taruna sebagai bentuk pendidikan penumbuhkembangkan karakter.

Desakan Calon Panglima TNI Harus Bersih Dari Kasus Pelanggaran HAM

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mendesak calon Panglima Tentara Nasional Indonesia harus bersih dari kasus - kasus pelanggaran HAM. Oleh karena itu, penelusuran rekam jejak kandidat Penglima TNI itu menjadi keniscayaan.

Pemkot Solo Kembangkan Sistem Informasi Publik "Batik Solo TV"

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengembangkan sistem informasi dan penerangan publik lewat tayangan televisi yang dinamakan " Batik Solo TV".

Negara Harus Hadir di Daerah Perbatasan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Negara harus hadir di daerah perbatasan, terutama daerah-daerah daratan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga.