Pelaksanaan Pembangunan Makin Tidak Mengatasi Kemiskinan

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM),- Menyinggung orientasi pembangunan, Guru Besar Sosiologi Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Sesetiawan, S.U menyatakan pelaksanaan pembangunan makin tidak mengatasi kemiskinan. Kenyataannya, sebagian besar pembangunan di negara berkembang tidak menghasilkan tingkat kesejahteraan rakyat yang lebih baik. Sebab kemiskinan dan kesejahteraan hanya diukur secara materiil semata yang dikontruksi oleh para ahli "pangeran pebisnis pembangunan".

Dia menyebut ada dua agen internasional di bidang pembangunan, keduanya termasuk bergerak di negeri ini. Agen pertama Bank Dunia, IMF dan berbagai lembaga internasional seperti ODA (Official Development Assistance) yang didanai 18 negara. Kedua agen organisasi LMS internasional seperti USAID, AUSAID, SIDA dan lembaga donor lainnya.

"LSM internasional inilah kaki kiri mereka, kaki kanannya adalah lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia, IMF, yang mendanai pembangunan dengan skema hutang," kata dia.

Lembaga keuangan menciptakan pertumbuhan ekonomi, privatisasi, pasar bebas, yang minim pelayanan sosial. "Para pihak (stakeholders) yakni negara, LSM dan perguruan tinggi, pelaku bisnis, seakan tidak berdaya melawan kontruksi neoliberalisme yang semakin mengganas, atau boleh jadi mereka ini bagian dari neoliberalisme (komprador) itu," kata Susetiawan.(A-84/kur)***

Baca Juga

Prajurit Brigif Linud 18 Latihan Terjun Bebas

NASIONAL

MALANG, (PRLM).- Dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 dengan nomor lambung A 1310 milik TNI AU Prajurit Brigif Linud 18 melaksanakan latihan Terjun Bebas Militer dengan menggunakan DZ (droping Zone) Lap. Jatayu Malang.

Proses Identifikasi Pasti Melambat

NASIONAL
JAKARTA, (PRLM).- Proses identifikasi korban jatuhnya Pesawat Hercules TNI AU C-130 dipastikan akan mengalami perlambatan.

Pesawat Hercules Gagal Terbang Karena Ada Percikan Api

NASIONAL

MEDAN,(PRLM).- Sebanyak delapan peti jenazah korban jatuhnya Pesawat Hercules TNI AU C-130 sempat gagal berangkat dari Lanud Soewondo. Soalnya pesawat Hercules yang hendak mengangkut jenazah gagal take off (lepas landas) setelah adanya percikan api di bagian depan pesawat.

Menteri ATR/Kepala BPN Dorong Mengaplikasikan Layanan Online Tanah di Seluruh Daerah

NASIONAL

BANDUNG, (PRLM).- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan mendorong agar seluruh kantor BPN di daerah untuk segera mengaplikasikan pelayanan online tanah. Sebab, penggunaan online mampu mendorong pelayanan tanah menjadi lebih cepat dan murah.