KPU Depok Catat 82.000 Pemilih Baru

POLITIK

DEPOK, (PRLM).- Sebanyak 82.000 pemilih baru telah tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu presiden (pilpres) Juli mendatang. Nama-nama tersebut didapat oleh KPU Kota Depok dari hasil pemutakhiran daftar pemilih sementara (DPS). Demikian dikatakan Ketua Divisi Teknis KPU Kota Depok, Impi Khani Badjuri, Senin (18/5).

Menurut Impi, penambahan tersebut melebihi target KPU Kota Depok sebanyak delapan persen dari DPT pemilu legislatif (pileg) lalu yang hanya 1.145.121 pemilih. KPU Kota Depok juga terus berupaya meminimalisasi nama pemilih yang tidak berhak memiliki suara seperti anggota TNI/Polri agar tidak masuk dalam DPT.

Dia  menjelaskan, penambahan jumlah tersebut merupakan hasil laporan petugas PPK yang ada di enam kecamatan Kota Depok. Rata-rata,  setiap kecamatan mengalami perubahan pemilih antara 10.000-15.000. Namun, yang paling banyak adalah di Kecamatan Cimanggis. Di Cimanggis penambahan pemilih mencapai 20.000.

Dari hasil penambahan tersebut, lanjutnya, terdiri atas beberapa kategori. Di antaranya, pemilih yang belum masuk dalam DPT pemilu legislatif lalu, pemilih yang pindah ke Depok maupun pemilih yang baru berusia 17 tahun menjelang pilpres.

Impi menjabarkan, saat melakukan validasi data, pihaknya mengerahkan petugas sebanyak 3.000 petugas pemuktahiran data pemilih (PPDS). Selain itu, pihak RT maupun RW juga turut serta dalam rangka pemutakhiran data pemilih. “Selain petugas PPDS, pihak RT/RW juga rajin untuk mengecek warganya yang belum masuk dalam DPT,” jelasnya. (A-163/A-147)***

Baca Juga

Kubu Agung Akan Ambil Alih

Polisi Jaga Ketat Ruang Fraksi Partai Golkar DPR

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ruang Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat dijaga ketat oleh polisi yang didatangkan dari Polres Jakarta‎ Pusat, Jumat (27/3/2015). Keberadaan polisi itu disebut untuk mempertahankan kepengurusan kubu Aburizal Bakrie di fraksi partai beringin itu.

Pilkada Karawan Rawan Politik Uang

POLITIK

KARAWANG, (PRLM).- Praktik politik uang diprediksi tak bisa lepas dalam pelaksanaan pilkada di Kabupaten Karawang, Desember mendatang. Bahkan, di daerah berjuluk lumbung padi tersebut, uang bisa jadi penentu kemenangan.

Konsultasi DPR-Presiden Digelar Kamis atau Senin Mendatang

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPR Setya Novanto didampingi Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan Fadli Zon, di ruang kerja Lantai III Gedung Nusantara III, Rabu (1/4/2015) menerima kunjungan Menko Polhukam Tedjo Edy Purdijatno dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Kisruh Golkar

Perpecahan Partai Golkar Semakin Tajam

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Politisi senior Partai Golkar Hajriyanto Y Thohari memprediksi perpecahan Partai Golkar saat ini sudah mengarah ke situasi masif dan eksesif.