Surat Suara Tertukar Tetap Sah

POLITIK

CIANJUR, (PRLM).- Surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten/Kota tiga TPS di daerah pemilihan (Dapil) 3 tertukar dengan surat suara dapil 2. Ketiga TPS itu, masing masing TPS 1, dan 24 di kecamatan Cipanas, serta TPS 17 di Kec. Pacet. Namun demikian adanya temuan itu tidak menghentikan proses pemungutan suara, berjalan terus hingga tuntas.

"Berdasarkan intruksi KPU Provinsi bahwa surat suara yang tertukar itu dianggap sah dengan ketentuan penghitungan bahwa suara parpol tetap sah dan suara caleg mengacu pada nomor urut dalam surat suara Dapil III," jelasnya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan keberadaan surat suara yang tertukar itu baru diketahui setelah proses pencontrengan berjalan. Ketika sebagian besar warga sudah menggunakan hak pilih baru diketahui surat suara untuk DPRD Kabupaten tertukar. Sebab surat suratnya merupakan surat suara DPRD Kabupaten untuk dapil 2.

Mengenai hal tersebut dibenarkan Devisi Tekhnis dan Sosialisasi KPU Kab. Cianjur, U. Awaludin, Kamis (9/4). Menurut dia, surat suara yang ada di 3 TPS dapil itu harusnya milik dapil 2. "Kami awalnya menduga tertukar. Tapi ternyata tidak, kemungkinan surat suara dapil 2 kelebihan, sehingga masuk ke dapil 3," ujarnya.

Dikatakan hal itu diketahui setelah proses berjalan, dan sejumlah pemilih mencontreng surat suara untuk DPRD Kabupaten. Begitu ketahuan proses pemungutan suara sempat dihentikan sementara, dan dilakukan sortir surat suara yang tersisa," ujarnya.

Kendati tertukar, lanjutnya, berdasarkan kesepakatan KPU, Partai Politik (Parpol) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) proses dilanjutkan menggunakan surat suara itu dan hasil pencontrengan parpol dianggap sah. Demikian pula dengan caleg, hasil contreng disesuaikan dengan nomor urut caleg bersangkutan di dapil tersebut. (A-116/A-26).***

Baca Juga

Sidang Yance

Pengurus Partai Golkar Sambut Baik Putusan Bebas

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Terkait vonis hakim Pengadilan Tipikor Bandung yang menyatakan tidak bersalah kepada Irianto MS Syaifudin atau yang akrab disapa Kang Yance, para kader termasuk pengurus Partai Golkar Jawa Barat mengaku sangat bersyukur.

Anggota FPP DPR Memprotes Pimpinan Dewan

POLITIK

JAKARTA,(PRLM).-Wakil Sekretarsi Fraksi PPP DPR Arsul Sani memprotes Piminan dewan karena telah meengesahkan Epyardi Asda menjadi Sekretaris FPP DPR.Ars8l Sani yang menjadi Wakil Sekretaris FPP itu melayangkan interupsi terhadap Ketua DPR Setya Novanto saat sidang paripurna, Kamis (4/6/2015, atas

Harga Bahan Kampanye Diturunkan Rp 25.000

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum menurunkan satuan harga bahan kampanye yang dibiayai oleh pasangan calon kepala daerah. Semula setiap bahan kampanye yang dibagikan kepada masyarakat dibatasi harganya Rp 50.000, sekarang menjadi maksimal Rp 25.000.

Dana Aspirasi Menumpuk di Jawa, Dalih Pemerataan tak Terbukti

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Alasan bahwa dana aspirasi Rp 20 miliar/tahun/anggota Dewan Perwakilan Rakyat bisa membantu pemerataan pembangunan dinilai tak relevan. Itu karena mayoritas anggota dewan berasal dari Pulau Jawa.