Barack Obama Dekati Iran

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mencoba mengikis kecurigaan dan permusuhan AS-Iran yang sudah berlangsung selama beberapa dekade dengan meluncurkan sebuah pesan sinyal perdamaian dan awal baru hubungan AS-Iran yang langsung disampaikan Obama kepada masyarakat serta para pemimpin Iran, Jumat (20/3). Presiden Obama menyerukan himbauan mencairkan perbedaan dan sebuah kesepakatan jujur dengan Teheran.

Presiden Obama merilis sebuah pesan video dengan judul Farsi yang menghimbau kedua negara (AS-Iran) untuk mencairkan permusuhan dan kebencian yang sudah terlalu lama terjadi. Video pesan itu dibuat bertepatan dengan festival Nowruz (no-ROOZ), yang berarti "new day" ("Hari yang Baru"). Festival itu menandai musim semi dan hari libur besar di Iran.

"Jadi dalam musim permulaan baru ini saya ingin berbicara dengan secara langsung kepada para pemimpin Iran," kata Obama dalam video tersebut. "Kami memiliki perbedaan diplomasi yang serius yang terus memanas sepanjang waktu. Pemerintahan saya saat ini berkomitmen untuk menjalin diplomasi yang ditujukan untuk mengatasi semua cakupan masalah diantara kita dan kembali mengkonstruksi hubungan diantara AS, Iran, serta komunitas internasional," tandas presiden Obama. (A-151/A-26).***

Baca Juga

Boao Forum for Asia

Presiden RI: Pernah Menderita, Jangan Ada Ketegangan di Asia

LUAR NEGERI
REUTERS/PRLM

HAINAN, (PRLM).- Pada hari terakhir kunjungannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Irana tampil sebagai pembicara kunci pada Boao Forum for Asia (BFA), yang digelar di BOAO International Convention Center, Hainan, Sabtu (28/3/2015) pagi.

Singapura Senyap Semenit

LUAR NEGERI

SINGAPURA, (PRLM).- Penghormatan terakhir yang begitu dalam buat Lee Kuan Yew juga ditunjukkan warga dengan melakukan pengheningan cipta selama satu menit.

Australia Wajibkan Dua Kru di Kokpit Pesawat

LUAR NEGERI

SYDNEY, (PRLM).- Pemerintah Australia menerapkan aturan penerbangan yang mewajibkan dua kru pesawat untuk selalu berada di dalam kokpit.

7.300 Warga Tewas Dalam Pemberontakan Boko Haram

LUAR NEGERI

NEW YORK, (PRLM).- Seorang pejabat kemanusiaan senior PBB mengatakan lebih dari 7.300 warga sipil telah dibunuh militan-militan Boko Haram sejak awal 2014 di tiga negara bagian Nigeria lewat pengepungan oleh kelompok tersebut.