Barack Obama Dekati Iran

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mencoba mengikis kecurigaan dan permusuhan AS-Iran yang sudah berlangsung selama beberapa dekade dengan meluncurkan sebuah pesan sinyal perdamaian dan awal baru hubungan AS-Iran yang langsung disampaikan Obama kepada masyarakat serta para pemimpin Iran, Jumat (20/3). Presiden Obama menyerukan himbauan mencairkan perbedaan dan sebuah kesepakatan jujur dengan Teheran.

Presiden Obama merilis sebuah pesan video dengan judul Farsi yang menghimbau kedua negara (AS-Iran) untuk mencairkan permusuhan dan kebencian yang sudah terlalu lama terjadi. Video pesan itu dibuat bertepatan dengan festival Nowruz (no-ROOZ), yang berarti "new day" ("Hari yang Baru"). Festival itu menandai musim semi dan hari libur besar di Iran.

"Jadi dalam musim permulaan baru ini saya ingin berbicara dengan secara langsung kepada para pemimpin Iran," kata Obama dalam video tersebut. "Kami memiliki perbedaan diplomasi yang serius yang terus memanas sepanjang waktu. Pemerintahan saya saat ini berkomitmen untuk menjalin diplomasi yang ditujukan untuk mengatasi semua cakupan masalah diantara kita dan kembali mengkonstruksi hubungan diantara AS, Iran, serta komunitas internasional," tandas presiden Obama. (A-151/A-26).***

Baca Juga

Incar ISIS, Inggris Lanjutkan Serangan Udara di Irak

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Pemerintah Inggris memutuskan untuk memperpanjang serangan udara terhadap kelompok milisi ISIS sampai Maret 2017, kata Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon.

RI–Tiongkok Sepakat Jaga Stabilitas Kawasan

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Menlu RI Retno L.P. Marsudi dalam kesempatan brifing kepada jurnalis tanah air di Putra World Trade Centre (PWTC), Kuala Lumpur, Selasa (4/8/2015) menyampaikan hasil-hasil pertemuan AMM ke-48 dan beberapa pertemuan bilateral dengan negara-negara sahabat.

Bom Hiroshima Bukan Kekalahan Jepang Tapi Kejahatan Perang

LUAR NEGERI

TOKYO, (PRLM).- Dunia berubah selamanya ketika pesawat AS menjatuhkan bom atom pertama di kota Jepang, Hiroshima, 70 tahun yang lalu. Bagi warga Jepang dan sejarawan, bom ini memiliki makna yang berbeda.

Tiongkok Umumkan Sudah Hentikan Reklamasi di LTS

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Keteguhan ASEAN untuk tetap membahas Laut Tiongkok Selatan (LTS) dalam forum ASEAN Regional Forum (ARF) yang dimulai Kamis (6/8/2015) di Kuala Lumpur, akhirnya membuat sikap keras pemerintah Beijing terkait LTS mulai mengendur.