Barack Obama Dekati Iran

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mencoba mengikis kecurigaan dan permusuhan AS-Iran yang sudah berlangsung selama beberapa dekade dengan meluncurkan sebuah pesan sinyal perdamaian dan awal baru hubungan AS-Iran yang langsung disampaikan Obama kepada masyarakat serta para pemimpin Iran, Jumat (20/3). Presiden Obama menyerukan himbauan mencairkan perbedaan dan sebuah kesepakatan jujur dengan Teheran.

Presiden Obama merilis sebuah pesan video dengan judul Farsi yang menghimbau kedua negara (AS-Iran) untuk mencairkan permusuhan dan kebencian yang sudah terlalu lama terjadi. Video pesan itu dibuat bertepatan dengan festival Nowruz (no-ROOZ), yang berarti "new day" ("Hari yang Baru"). Festival itu menandai musim semi dan hari libur besar di Iran.

"Jadi dalam musim permulaan baru ini saya ingin berbicara dengan secara langsung kepada para pemimpin Iran," kata Obama dalam video tersebut. "Kami memiliki perbedaan diplomasi yang serius yang terus memanas sepanjang waktu. Pemerintahan saya saat ini berkomitmen untuk menjalin diplomasi yang ditujukan untuk mengatasi semua cakupan masalah diantara kita dan kembali mengkonstruksi hubungan diantara AS, Iran, serta komunitas internasional," tandas presiden Obama. (A-151/A-26).***

Baca Juga

Kapal Yangtze Diangkat, Korban Melonjak 396 Orang

LUAR NEGERI

BEIJING, (PRLM).- Jumlah korban tewas dalam kecelakaan kapal di Sungai Yangtze Cina bertambah menjadi 396 orang, setelah dilakukan pencarian di dalam bagian kapal sejak Jumat (5/6/2015) lalu, seperti disampaikan otoritas setempat.

Singapura Berduka, 7 Warganya Tewas Akibat Gempa Kinabalu

LUAR NEGERI

SINGAPURA, (PRLM).- Gempa yang terjadi di Gunung Kinabalu, Sabah, Malaysia, telah membuat warga Singapura berduka. Pasalnya, dari 11 orang yang dilaporkan pemerintah Malaysia tewas akibat longsor bebatuan yang dipicu gempa di Kinabalu Jumat lalu mayoritas adalah warga Singapura.

Obama dan Merke Sepakati Perpanjangan Sanksi Rusia

LUAR NEGERI

BAVARIA, (PRLM).- Presiden AS Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan sanksi ekonomi terhadap Rusia hanya akan dicabut, apabila Rusia secara penuh menerapkan gencatan senjata di Ukraina timur untuk mengakhiri pertempuran antara gerilyawan pro-Rusia dan pasukan Ukraina.

Belum Ada Strategi Menyeluruh dalam Perangi ISIS

LUAR NEGERI

ELMAU, (PRLM).- Presiden AS Barack Obama menyuarakan keyakinannya dalam memerangi militan ISIS dan mengatakan Amerika Serikat akan meningkatkan bantuan kepada pasukan Irak untuk melawan kelompok itu, saat ia bertemu dengan PM Irak Haider al-Abadi di sela-sela KTT G7 di Jerman, hari Senin (8/6/201