Barack Obama Dekati Iran

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mencoba mengikis kecurigaan dan permusuhan AS-Iran yang sudah berlangsung selama beberapa dekade dengan meluncurkan sebuah pesan sinyal perdamaian dan awal baru hubungan AS-Iran yang langsung disampaikan Obama kepada masyarakat serta para pemimpin Iran, Jumat (20/3). Presiden Obama menyerukan himbauan mencairkan perbedaan dan sebuah kesepakatan jujur dengan Teheran.

Presiden Obama merilis sebuah pesan video dengan judul Farsi yang menghimbau kedua negara (AS-Iran) untuk mencairkan permusuhan dan kebencian yang sudah terlalu lama terjadi. Video pesan itu dibuat bertepatan dengan festival Nowruz (no-ROOZ), yang berarti "new day" ("Hari yang Baru"). Festival itu menandai musim semi dan hari libur besar di Iran.

"Jadi dalam musim permulaan baru ini saya ingin berbicara dengan secara langsung kepada para pemimpin Iran," kata Obama dalam video tersebut. "Kami memiliki perbedaan diplomasi yang serius yang terus memanas sepanjang waktu. Pemerintahan saya saat ini berkomitmen untuk menjalin diplomasi yang ditujukan untuk mengatasi semua cakupan masalah diantara kita dan kembali mengkonstruksi hubungan diantara AS, Iran, serta komunitas internasional," tandas presiden Obama. (A-151/A-26).***

Baca Juga

Pascaledakan Bom Jakarta, Singapura Tingkatkan Keamanan

LUAR NEGERI

SINGAPURA, (PRLM).- Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengecam keras serangan teroris di Jakarta.

Kampanye Calon Presiden AS Gencar Gunakan Media Sosial

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Dalam pertemuan organisasi media nasional di Pusat Media Asing di Washington DC hari Rabu (13/1/2016), dua pakar media sosial yang sebelumnya terlibat dalam kampanye politisi Amerika mengatakan semua kandidat Presiden Amerika selama dekade terakhir menggunakan media sosial se

Pria Bersenjata Serang Hotel di Ouagadougou, 20 Orang Tewas

LUAR NEGERI

OUAGADOUGOU, (PRLM).- Pria bersenjata menyerang hotel yang sering digunakan oleh orang asing di Ouagadougou, ibu kota Burkina Faso, mengambil sandera dan menewaskan sedikitnya 20 orang.

Tim SAR Amerika Cari 12 Marinir yang Hilang di Hawaii

LUAR NEGERI

HAWAII, (PRLM).- Tim SAR sedang berupaya mencari 12 orang yang hilang awak dua helikopter Marinir Amerika yang jatuh di lepas pantai Hawaii. Helikopter pengangkut CH-53 itu diduga tabrakan Kamis malam (14/1), kira-kira empat kilometer di lepas pantai utara Oahu.