Barack Obama Dekati Iran

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mencoba mengikis kecurigaan dan permusuhan AS-Iran yang sudah berlangsung selama beberapa dekade dengan meluncurkan sebuah pesan sinyal perdamaian dan awal baru hubungan AS-Iran yang langsung disampaikan Obama kepada masyarakat serta para pemimpin Iran, Jumat (20/3). Presiden Obama menyerukan himbauan mencairkan perbedaan dan sebuah kesepakatan jujur dengan Teheran.

Presiden Obama merilis sebuah pesan video dengan judul Farsi yang menghimbau kedua negara (AS-Iran) untuk mencairkan permusuhan dan kebencian yang sudah terlalu lama terjadi. Video pesan itu dibuat bertepatan dengan festival Nowruz (no-ROOZ), yang berarti "new day" ("Hari yang Baru"). Festival itu menandai musim semi dan hari libur besar di Iran.

"Jadi dalam musim permulaan baru ini saya ingin berbicara dengan secara langsung kepada para pemimpin Iran," kata Obama dalam video tersebut. "Kami memiliki perbedaan diplomasi yang serius yang terus memanas sepanjang waktu. Pemerintahan saya saat ini berkomitmen untuk menjalin diplomasi yang ditujukan untuk mengatasi semua cakupan masalah diantara kita dan kembali mengkonstruksi hubungan diantara AS, Iran, serta komunitas internasional," tandas presiden Obama. (A-151/A-26).***

Baca Juga

Negara-negara Kapitalis Puji Neoliberalisme di Mesir

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Negara-negara kapitalis seperti AS dan Uni Eropa justru memuji kepemimpinan Abdul Fatah Al- Sisi karena berhasil mengurangi subsidi sehingga di atas kertas, performa ekonomi Sisi dianggap bagus ketimbang era Mubarak.

Pemerintah Tunisia Tahan 12 Pelaku Serangan Teroris Sousse

LUAR NEGERI

TUNIS, (PRLM).- Pemerintah Tunisia mengumumkan bahwa pihaknya telah menangkap 12 pelaku serangan teroris di kawasan wisata Sousse yang menewaskan 38 orang, yang semuanya adalah turis asing, mayoritas asal Inggris (30 orang).

RI - Brunei Komitmen Kembangkan Kerjasama Perdagangan, Investasi, dan Ketenagakerjaan

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Menteri Luar Negeri RI, Duta Besar A.M. Fachir, telah menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Brunei Darussalam untuk Indonesia, Yang Mulia Brig. Gen. Dato Seri Pahlawan Haji Yussof Bin Haji Abd Rahman, di Kementerian Luar Negeri RI.

Boko Haram Bunuh 11 Anggotanya yang Membelot

LUAR NEGERI

ABUJA, (PRLM).- Para saksi mengatakan militan Boko Haram telah membunuh 11 anggota yang dituduh melakukan desersi dari kelompok ekstrimis Islamis itu.