Penderita DBD di Jateng Meningkat 200 Persen

PURWOKERTO, (PRLM),- Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Banyumas Jawa Tengah (Jateng) dan Purbalingga meningkat tajam, sebanyak 10 orang meninggal menjadi korban keganasan DBD.

Bahkan di Banyumas sudah dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB) DBD. Merebaknya DBD karena masyarakat sudah meninggalkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Sampai pertengahan November Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas mencatat terdapat 551 kasus DBD dengan lima korban jiwa.Namun pada pertengahan Desember angkanya berubah menjadi 620 dengan lima korban meninggal. Padahal pada 2007 lalu jumlah kasus tidak lebih dari 241 dengan korban meninggal dua orang.

Yang Menjalankan Tugas (YMT) Dinkes Banyumas Puji Astuti mengatakan, kasus DBD ditemukan 70 persen atau di 22 kecamatan yakni di wilayah endemik dan non endemik. Tahun ini DBD meningkat hampir 200 persen dibanding tahun sebelumnya. "Kita sudah menyatakan Banyumas KLB DBD," kata Puji

Merebaknya DBD di wilayah Banyumas yang sebelumnya pernah dinyakatan sebagai kabupaten bebas DBD, antara lain disebabkan oleh warga sudah meninggalkan PSN, faktor cuaca dan kualitas lingkungan yang merosot serta tingginya mobilitas penduduk. Nyamuk aedesagypti penyebar virus dongue cepat berkembang biak saat musim hujan.

Foging untuk memberantas nyamuk dewasa sudah dilakukan di sejumlah tempat. Namun diakui tidak bisa maksimal sebab anggara untuk foging terbatas. "Dari Dinkes sudah mengusulkan bantuan kepada bupati dan sudah dikabulkan, namun demikian anggaran sebesar Rp 30 juta masih belum mencukupi sebab biaya operasional foging cukup mahal," jelasnya.(A-99/kur)***

Baca Juga

Antisipasi Mudik, Organda Yogyakarta Siapkan 1.180 Bus

YOGYAKARTA, (PR).- Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY siap menambah jumlah armada untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2016.

Upaya yang dilakukan antara lain adalah dengan menyiapkan jumlah unit bus AKAP cadangan.

15 Pesan Menkes Agar Mudik Aman dan Tetap Sehat

JAKARTA, (PR).- Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia disibukkan dengan tradisi mudik. Pulang ke kampung halaman berkumpul dengan keluarga tercinta. Sayangnya, potensi kecelakaan dan gangguan kesehatan juga terjadi saat mudik.

Harmonisasi Peran Ayah-Ibu, Kunci Suksenya Pengasuhan

PERINGATAN hari ayah sedunia yang jatuh pada 19 Juni lalu diperingati oleh sebagian masyarakat Indonesia dengan berbagai cara. Peringatannya memang tak gegap gempita layaknya hari ibu yang lazim diperingati dengan berbagai kegiatan.

Polisi Amankan Ratusan Petasan dan Bubuk Mesiu

CILACAP, (PR).- Kepolisian Sektor Kedungreja Polres Cilacap Jawa Tengah menggrebek dua rumah pembuat mercon di Dusun Kedungdadap, Desa Rejamulya, Kecamatan Kedungreja. Dua orang pembuat dan pengedar petasan polisi menyita 7 kilogram bubuk mesiu dan ratusan petasan siap jual.