Piagam ASEAN Diratifikasi

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).-Pemberlakuan Piagam ASEAN akan mempercepat proses integrasi ekonomi dan peningkatan kerja sama untuk mewujudkan masyarakat ASEAN 2015."Sekalipun ada kemunduran politik di Thailand, yang saat ini mengetuai ASEAN, saya percaya ASEAN tidak akan dan tidak dapat diperlambat (pergerakan menuju integrasinya)," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (15/12), seusai ratifikasi atau pengesahan Piagam ASEAN.

Piagam ASEAN adalah payung hukum bagi ASEAN yang akan mengubah organisasi itu menjadi lebih berorientasi pada masyarakat.

Terhadap nada pesimisme bahwa Piagam ASEAN dapat membimbing proses perubahan ASEAN menuju organisasi yang berdasarkan hukum, Surin mengutip pernyataan mantan Menlu Indonesia Ali Alatas bahwa Piagam tersebut bukanlah dokumen yang sempurna sehingga masih cukup ruang untuk perbaikan.

Menurut Antara, Mantan Menlu Thailand itu juga menegaskan bahwa Piagam tersebut merupakan komitmen bersama negara anggota ASEAN yang telah mengatur semua hal termasuk diantaranya promosi dan perlindungan HAM.

Menurut dia, jika suatu waktu ada anggota ASEAN yang tidak melakukan kesepakatan bersama maka dengan mudah negara-negara yang lain akan merujuk pada ketentuan atau kesepakatan dalam Piagam.(A-50)***

Baca Juga

Patroli Pantai Singkirkan Demonstran Greenpeace

LUAR NEGERI

OREGON, (PRLM).- Patroli pantai AS memulai operasi penyingkiran demonstran Greepeace yang memblokir berangkatnya sebuah kapal pemecah es dari Portland, Oregon.

Beberapa dari 13 aktivis yang bergelantungan pada sebuah jembatan sejak Rabu (29/7/2015) telah dipaksa turun.

Peselancar Meninju Hiu

LUAR NEGERI

NEW SOUTH WALES, (PRLM).- Seorang peselancar Australia meninju seekor hiu yang menyerangnya di pantai utara, New South Wales, ungkap polisi.
Craig Ison (52) menderita luka serius pada kaki dan lengannya saat diserang oleh hiu itu di kota Evans Head pada Jumat (31/7/2015) pagi.

Janda Bekas Agen KGB Tuduh Putin Perintahkan Bunuh Suaminya

LUAR NEGERI

MOSKOW, (PRLM).- Janda seorang bekas mata-mata Rusia yang tewas diracun 9 tahun yang lalu mengklaim bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pembunuhannya, ketika penyelidikan mengenai kematiannya berakhir di Inggris.

Foto Singa Cecil Dipasang di Empire State Building

LUAR NEGERI
Foto Singa Cecil Dipasang di Empire State Building

NEW YORK, (PRLM).- Foto-foto satwa liar langka dan sebuah foto singa yang dikenal dengan Cecil dipasang di gedung ikonik New York, Empire State Building, hari Sabtu (1/8) sebagai bagian dari promosi film dokumenter "Racing to Extinction."