Piagam ASEAN Diratifikasi

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).-Pemberlakuan Piagam ASEAN akan mempercepat proses integrasi ekonomi dan peningkatan kerja sama untuk mewujudkan masyarakat ASEAN 2015."Sekalipun ada kemunduran politik di Thailand, yang saat ini mengetuai ASEAN, saya percaya ASEAN tidak akan dan tidak dapat diperlambat (pergerakan menuju integrasinya)," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (15/12), seusai ratifikasi atau pengesahan Piagam ASEAN.

Piagam ASEAN adalah payung hukum bagi ASEAN yang akan mengubah organisasi itu menjadi lebih berorientasi pada masyarakat.

Terhadap nada pesimisme bahwa Piagam ASEAN dapat membimbing proses perubahan ASEAN menuju organisasi yang berdasarkan hukum, Surin mengutip pernyataan mantan Menlu Indonesia Ali Alatas bahwa Piagam tersebut bukanlah dokumen yang sempurna sehingga masih cukup ruang untuk perbaikan.

Menurut Antara, Mantan Menlu Thailand itu juga menegaskan bahwa Piagam tersebut merupakan komitmen bersama negara anggota ASEAN yang telah mengatur semua hal termasuk diantaranya promosi dan perlindungan HAM.

Menurut dia, jika suatu waktu ada anggota ASEAN yang tidak melakukan kesepakatan bersama maka dengan mudah negara-negara yang lain akan merujuk pada ketentuan atau kesepakatan dalam Piagam.(A-50)***

Baca Juga

Hollande Desak Putin Patuhi Gencatan Senjata di Ukraina

LUAR NEGERI

YEREVAN, (PRLM).- Presiden Prancis Francois Hollande mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk "melangkah maju" dengan melaksanakan perjanjian gencatan senjata yang ditengahi Eropa untuk menyelesaikan konflik di Ukraina timur.

PM Pakistan Kutuk Pembunuhan Aktivis Perempuan

LUAR NEGERI

ISLAMBAD, (PRLM).- Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengutuk serangan dan pembunuhan terhadap seorang perempuan aktivis hak asasi manusia terkemuka, Sabeen Mahmud, di kota pelabuhan Karachi. Ia juga memerintahkan investigasi terhadap kasus pembunuhan tersebut.

Gempa Nepal

Sebelum Meninggal, Direktur Google Petakan Lokasi Ekstrim di Everest

LUAR NEGERI

LOS ANGELES, (PRLM).- Gempa Nepal juga telah membuat perusahaan internet terbesar di dunia Google berduka. Pasalnya, salah seorang direkturnya, Dan Fredinburg,meninggal saat mendaki Gunung Everest, Sabtu lalu.

Eksekusi Mati

Indonesia Minta Australia Tunjukan Bukti Suap Hakim Duo Bali Nine

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).- Menanggapi tudingan suap yang dilakukan hakim kasus duo Bali Nine, pemerintah Indonesia, seperti dilaporkan Reuters dan Yahoo News, mengatakan bahwa Australia telah kehabisan cara untuk membela dua warganya.