Piagam ASEAN Diratifikasi

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).-Pemberlakuan Piagam ASEAN akan mempercepat proses integrasi ekonomi dan peningkatan kerja sama untuk mewujudkan masyarakat ASEAN 2015."Sekalipun ada kemunduran politik di Thailand, yang saat ini mengetuai ASEAN, saya percaya ASEAN tidak akan dan tidak dapat diperlambat (pergerakan menuju integrasinya)," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (15/12), seusai ratifikasi atau pengesahan Piagam ASEAN.

Piagam ASEAN adalah payung hukum bagi ASEAN yang akan mengubah organisasi itu menjadi lebih berorientasi pada masyarakat.

Terhadap nada pesimisme bahwa Piagam ASEAN dapat membimbing proses perubahan ASEAN menuju organisasi yang berdasarkan hukum, Surin mengutip pernyataan mantan Menlu Indonesia Ali Alatas bahwa Piagam tersebut bukanlah dokumen yang sempurna sehingga masih cukup ruang untuk perbaikan.

Menurut Antara, Mantan Menlu Thailand itu juga menegaskan bahwa Piagam tersebut merupakan komitmen bersama negara anggota ASEAN yang telah mengatur semua hal termasuk diantaranya promosi dan perlindungan HAM.

Menurut dia, jika suatu waktu ada anggota ASEAN yang tidak melakukan kesepakatan bersama maka dengan mudah negara-negara yang lain akan merujuk pada ketentuan atau kesepakatan dalam Piagam.(A-50)***

Baca Juga

Pulang Kampung, Ekspatriat Justru Kesulitan

LUAR NEGERI

NEW YORK, (PRLM).- Selai kacang, marmite, ikan dan kentang goreng, teh celup, broerwurst (sosis khas Jerman berukuran besar)... ini hanyalah beberapa dari deretan makanan yang dirindukan ekspatriat setelah mereka ditempatkan di luar negeri.

Obama: G7 Akan Bahas Agresi Rusia

LUAR NEGERI

BERLIN, (PRLM).- Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan para pemimpin negara-negara industri yang tergabung dalam G7 akan membicarakan sikap "menentang agresi Rusia " di Ukraina.

87 Orang Terjangkit MERS di Korea Selatan

LUAR NEGERI

SEOUL, (PRLM).- Pemerintah Korea Selatan mengaku ada 23 pasien tambahan yang terjangkit virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Dengan demikian, total kasus MERS di negara itu berjumlah 87 kasus.

AS Harus Lebih Agresif soal Keamanan Dunia Maya

LUAR NEGERI

BAVARIA, (PRLM).- Presiden Barack Obama mengatakan Amerika harus lebih agresif soal keamanan dunia maya, tetapi menolak mengatakan siapa yang ia yakini pelaku peretasan besar-besaran komputer pemerintah Amerika yang terungkap pekan lalu.