Piagam ASEAN Diratifikasi

JAKARTA, (PRLM).-Pemberlakuan Piagam ASEAN akan mempercepat proses integrasi ekonomi dan peningkatan kerja sama untuk mewujudkan masyarakat ASEAN 2015."Sekalipun ada kemunduran politik di Thailand, yang saat ini mengetuai ASEAN, saya percaya ASEAN tidak akan dan tidak dapat diperlambat (pergerakan menuju integrasinya)," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (15/12), seusai ratifikasi atau pengesahan Piagam ASEAN.

Piagam ASEAN adalah payung hukum bagi ASEAN yang akan mengubah organisasi itu menjadi lebih berorientasi pada masyarakat.

Terhadap nada pesimisme bahwa Piagam ASEAN dapat membimbing proses perubahan ASEAN menuju organisasi yang berdasarkan hukum, Surin mengutip pernyataan mantan Menlu Indonesia Ali Alatas bahwa Piagam tersebut bukanlah dokumen yang sempurna sehingga masih cukup ruang untuk perbaikan.

Menurut Antara, Mantan Menlu Thailand itu juga menegaskan bahwa Piagam tersebut merupakan komitmen bersama negara anggota ASEAN yang telah mengatur semua hal termasuk diantaranya promosi dan perlindungan HAM.

Menurut dia, jika suatu waktu ada anggota ASEAN yang tidak melakukan kesepakatan bersama maka dengan mudah negara-negara yang lain akan merujuk pada ketentuan atau kesepakatan dalam Piagam.(A-50)***

Baca Juga

Polisi Tangkap Suster Pembunuh 13 Pasien

PIOMBINO, (PR).- Seorang suster di Italia yang dijuluki 'si pembunuh di bangsal rumah sakit' telah ditahan karena diduga membunuh 13 pasien.

Suster ini bekerja di unit gawat darurat dan unit pembiusan di satu rumah sakit di kota kecil di Piombino, Tuscany.

Ilmuwan Kembangkan Bagian Sel Darah Merah Buatan

CAMBRIDGE, (PR).- Ilmuwan telah mencapai lompatan penting untuk memproduksi massal platelets -bagian darah yang membantu pembekuan pada luka.

Namun tim dari NHS dan University of Cambridge masih harus membuat proses berlangsung lebih efisien sebelum memulai uji coba.