Piagam ASEAN Diratifikasi

JAKARTA, (PRLM).-Pemberlakuan Piagam ASEAN akan mempercepat proses integrasi ekonomi dan peningkatan kerja sama untuk mewujudkan masyarakat ASEAN 2015."Sekalipun ada kemunduran politik di Thailand, yang saat ini mengetuai ASEAN, saya percaya ASEAN tidak akan dan tidak dapat diperlambat (pergerakan menuju integrasinya)," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (15/12), seusai ratifikasi atau pengesahan Piagam ASEAN.

Piagam ASEAN adalah payung hukum bagi ASEAN yang akan mengubah organisasi itu menjadi lebih berorientasi pada masyarakat.

Terhadap nada pesimisme bahwa Piagam ASEAN dapat membimbing proses perubahan ASEAN menuju organisasi yang berdasarkan hukum, Surin mengutip pernyataan mantan Menlu Indonesia Ali Alatas bahwa Piagam tersebut bukanlah dokumen yang sempurna sehingga masih cukup ruang untuk perbaikan.

Menurut Antara, Mantan Menlu Thailand itu juga menegaskan bahwa Piagam tersebut merupakan komitmen bersama negara anggota ASEAN yang telah mengatur semua hal termasuk diantaranya promosi dan perlindungan HAM.

Menurut dia, jika suatu waktu ada anggota ASEAN yang tidak melakukan kesepakatan bersama maka dengan mudah negara-negara yang lain akan merujuk pada ketentuan atau kesepakatan dalam Piagam.(A-50)***

Baca Juga

Tarif PAM Naik, Warga Saudi Pilih Gali Sumur

RIYADH, (PR).- Raja Arab Saudi Salman telah menunjuk Menteri Pertanian Abdel Rahman al-Fadli sebagai pengganti Menteri Listrik dan Air Abdullah yang baru saja dipecat. Ini artinya, Abdel Rahman merangkap dua jabatan, sebagai menteri pertanian dan juga menteri air serta listrik.

Berani Menginap di Vila Bawah Laut Ini?

INI adalah jenis petualang yang selalu diimpikan para wisatawan. Hidup di bawah laut. Kini dunia fantasi itu telah hadir dalam bentuk vila liburan yang menakjubkan lebih dari dua mil di lepas pantai Dubai.

Ribuan Warga New York Jadi Target ISIS

NEW YORK, (PR).- Sekelompok peretas terkait dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah mengepos secara online daftar ribuan warga New York, yang ditargetkan mengikuti kelompok militan tersebut.

Nyamuk GM Bisa Membasmi Virus Zika

OXFORD, (PR).- Jutaan nyamuk mutan dari Inggris tengah dipersiapkan untuk dilepaskan di Florida dalam upaya memerangi virus zika.