Piagam ASEAN Diratifikasi

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).-Pemberlakuan Piagam ASEAN akan mempercepat proses integrasi ekonomi dan peningkatan kerja sama untuk mewujudkan masyarakat ASEAN 2015."Sekalipun ada kemunduran politik di Thailand, yang saat ini mengetuai ASEAN, saya percaya ASEAN tidak akan dan tidak dapat diperlambat (pergerakan menuju integrasinya)," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (15/12), seusai ratifikasi atau pengesahan Piagam ASEAN.

Piagam ASEAN adalah payung hukum bagi ASEAN yang akan mengubah organisasi itu menjadi lebih berorientasi pada masyarakat.

Terhadap nada pesimisme bahwa Piagam ASEAN dapat membimbing proses perubahan ASEAN menuju organisasi yang berdasarkan hukum, Surin mengutip pernyataan mantan Menlu Indonesia Ali Alatas bahwa Piagam tersebut bukanlah dokumen yang sempurna sehingga masih cukup ruang untuk perbaikan.

Menurut Antara, Mantan Menlu Thailand itu juga menegaskan bahwa Piagam tersebut merupakan komitmen bersama negara anggota ASEAN yang telah mengatur semua hal termasuk diantaranya promosi dan perlindungan HAM.

Menurut dia, jika suatu waktu ada anggota ASEAN yang tidak melakukan kesepakatan bersama maka dengan mudah negara-negara yang lain akan merujuk pada ketentuan atau kesepakatan dalam Piagam.(A-50)***

Baca Juga

Empat Penerbang Suriah Ditangkap Pemberontak

LUAR NEGERI

DAMASKUS, (PRLM).- Pemberontak menangkap empat penerbang Suriah, Minggu (22/3/2015), setelah helikopter mereka jatuh di daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah barat laut.

Jepang Siap Bertemu Korsel tanpa Syarat

LUAR NEGERI

TOKYO, (PRLM).- Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan dirinya siap menggelar pertemuan tingkat tinggi tanpa syarat dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye.

Tim Penyelamat Temukan Kotak Hitam Germanwings

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM).- Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve mengatakan salah satu kotak hitam pesawat Germanwings yang jatuh di pegunungan Alpen Prancis telah ditemukan.

India Cabut UU yang Batasi Kebebasan Berpendapat

LUAR NEGERI

NEW DELHI, (PRLM).- Namun, di India yang diperkirakan akan memiliki pengguna internet terbesar di dunia pada tahun 2018, muncul beberapa keprihatinan tentang penyensoran yang masih terjadi di internet.