Piagam ASEAN Diratifikasi

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).-Pemberlakuan Piagam ASEAN akan mempercepat proses integrasi ekonomi dan peningkatan kerja sama untuk mewujudkan masyarakat ASEAN 2015."Sekalipun ada kemunduran politik di Thailand, yang saat ini mengetuai ASEAN, saya percaya ASEAN tidak akan dan tidak dapat diperlambat (pergerakan menuju integrasinya)," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (15/12), seusai ratifikasi atau pengesahan Piagam ASEAN.

Piagam ASEAN adalah payung hukum bagi ASEAN yang akan mengubah organisasi itu menjadi lebih berorientasi pada masyarakat.

Terhadap nada pesimisme bahwa Piagam ASEAN dapat membimbing proses perubahan ASEAN menuju organisasi yang berdasarkan hukum, Surin mengutip pernyataan mantan Menlu Indonesia Ali Alatas bahwa Piagam tersebut bukanlah dokumen yang sempurna sehingga masih cukup ruang untuk perbaikan.

Menurut Antara, Mantan Menlu Thailand itu juga menegaskan bahwa Piagam tersebut merupakan komitmen bersama negara anggota ASEAN yang telah mengatur semua hal termasuk diantaranya promosi dan perlindungan HAM.

Menurut dia, jika suatu waktu ada anggota ASEAN yang tidak melakukan kesepakatan bersama maka dengan mudah negara-negara yang lain akan merujuk pada ketentuan atau kesepakatan dalam Piagam.(A-50)***

Baca Juga

MA Filipina Setujui Pakta Pertahanan dengan AS

LUAR NEGERI

MANILA, (PRLM).- Pemerintahan Presiden Benigno Aquino menandatangani Persetujuan Kerja Sama Pertahanan yang Diperkuat dengan para pejabat pertahanan Amerika dalam tahun 2014, yang membolehkan pasukan Amerika menyimpan alat perlengkapan di kepulauan Filipina untuk digunakan dalam operasi keamanan

Obama dan Putin Bahas Krisis Dunia

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Para pejabat Gedung Putih mengatakan, Presiden Barack Obama berbicara lewat telefon dengan Presiden Vladimir Putin mengenai sejumlah masalah.

Ledakan Kimia Kepulkan Gas Beracun

LUAR NEGERI

SANTOS, (PRLM).- Ledakan kimia di sebuah gudang kargo di Pelabuhan Santos, Brasil, telah mengepulkan gas beracun.

Localfrio, perusahaan pemilik gudang tersebut, menyatakan bahwa sejumlah kontainer penuh asam klorida dan zat suci hama.

Serangan Al-Shabab di Somalia, Puluhan Tentara Uni Afrika Tewas

LUAR NEGERI

MOGADISHUI, (PRLM).- Militan al-Shabab menyerang sebuah pangkalan militer Uni Afrika hari Jumat (15/1/2016) di Somalia barat daya, dekat perbatasan dengan Kenya, yang menurut laporan menewaskan puluhan tentara Kenya yang bekerja untuk misi Uni Afrika.