Pembangunan Jalur Ganda KA Prupuk-Purwokerto Tersendat

NASIONAL

PURWOKERTO, (PRLM).- Pembangunan jalan kereta api (KA) jalur ganda (double track) antara Prupuk - Purwokerto Jawa Tengah (Jateng) terkena imbas krisis finansial global, akibat harga material naik hingga 20 persen. Satuan Kerja (Satker) pembangunan jalur dauble track berharap pemerintah tidak memotong anggaran yang sudah dialokasikan dari APBN sebesar Rp 428 miliar.

Kepala Satker Jalur Ganda Direktorat Jendral (Dirjen) Perkeretaapian Deperteman Perhubungan Hendy Siswanto mengatakan, proyek pembangunan jalur ganda antara Prupuk - Purwokerto sepanjang 25 kilometer (km) terkena imbas krisis finansial global. "Dampak krisis menyebabkan harga material untuk pembangunan jalur ganda mengalami kenaikan rata-rata sebesar 20 persen dari sebelum terjadi krisis," katanya, saat mendampingi kunjungan Dirjen Perkeretapian Wendy Aritenang di Stasiun Purwokerto, Rabu (12/11).

Naiknya harga mulai dirasakan sejak Juni 2008, seperti harga besi beton yang digunakan untuk membuat jembatan sebelumnya hanya Rp 9.000/kg naik menjadi Rp 13.000/kg. Selain besi beton ada beberapa jenis material yang naik. Naiknya harga komponen material berpengaruh besar terhadap kelancaran proyek pembangunan jalur ganda.

Olah karenanya Hendy sangat berharap agar pemerintah tidak memotong anggaran proyek jalur trek ganda yang sudah dialokasikan dari APBN sebesar Rp 428 miliar, "Dengana adanya krisis finansial keuangan negara jelas akan terganggu, sehingga kemungkinan akan adanya pemotongan anggaran pembangunan itu ada. Namun kita berharap tidak akan terjadi karena akan berpengaruh besar terhadap rencana pembangunan. Bisa molor dari jadwal yang sudah direncanakan yakni 2009 selesai," terangnya.

Dirjen Perkretaapian Wendy Aritenang usai kunjungan kepada wartawan mengatakan, pembangunan KA jalur ganda Prupuk _ Purwokerto dimulai 2007 saat ini sudah mencapi 60 persen. Diharapkan pada awal November 2009 sudah selesai dan bisa dioperasikan.(A-99)***

 

 

Baca Juga

Tanwir Pilih 39 Pimpinan Muhammadiyah

NASIONAL

MAKASSAR, (PRLM).- Sidang Tanwir Muhammadiyah telah sepakat merekomendasikan 39 nama calon pimpinan Muhammadiyah periode kepemimpinan 2015-2020 dalam sidang tanwir di Universitas Muhammadiyah Makassar selama dua hari, Sabtu-Minggu (1-2/8/2015).

Maluku Tuntut Otonomi Khusus Kelautan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Maluku dan Maluku Utara adalah provinsi yang sekitar 90 persen wilayahnya lautan. Karena itu para tokoh Maluku menyampaikan tuntutan agar wilayah ini diberi hak Otonom Khusus atau Otsus Kelautan.

RAPBN 2016

Presiden Minta Subsidi BBM, Listrik, Energi Dikalkulasi Lagi

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin sidang kabinet paripurna yang membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2016, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (4/8/2015) sore.

DBD Harus Tetap Diwaspadai

NASIONAL

YOGYAKARTA,(PRLM).-Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengingatkan warga untuk tetap mewaspadai penyakit demam berdarah dengue selama musim kemarau selain infeksi saluran pernapasan akut.