Siswa Tanam Pohon Kedawung

JAWA BARAT

SUMBER, (PRLM).- Puluhan siswa SD dan SMP di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon mengisi Hari Pohon dengan kegiatan penghijauan, Selasa (11/11). Penanaman pohon dilakukan di Jln. Raya Kedawung-Talun, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Kedawung. Yang ditanam anak-anak itu juga bukan sembarang pohon, tetapi pohon yang selama ini menjadi penanda identitas dari kecamatan tersebut, yakni pohon Kedawung.

Kedawung (parcia javanica) adalah sejenis pohon keras mirip petai. Hanya saja buahnya mirip dengan buah pohon bunga flamboyan yang rasanya sangat pahit.

"Buah Kedawung biasanya untuk jamu. Memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit," tutur Yoyon Suharyono, aktivis lingkungan hidup dari Yayasan Buruh & Lingkungan Hidup (YBLH) Cirebon.

Di Cirebon, pohon itu sudah tidak ada alias langka. Bahkan di Kecamatan Kedawung yang namanya diambil dari pohon itu, sama sekali tidak ditemukan.

"Saya juga baru tahu bentuk pohon Kedawung," tutur Drs. Syamsuri, Camat Kedawung.

Bertepatan Hari Pohon Internasional, YBLH dan Pusat Pengelola Lingkungan Hidup Regional Jawa (PPLH-RJ) yang berkantor di Yogyakarta, sengaja memperkenalkan pohon tersebut. Melibatkan puluhan siswa SD dan SMP setempat untuk menanami lahan kosong di pinggir Jln. Raya Kedwaung-Talun dengan pohon langka itu.

Hadir pada kegiatan itu wakil dari PPLH-RJ. Antaranya Hero Marhaento, S.Hut, M.Si (pelaksana teknis), Nurhayati, S.Sos. (pengadaan barang & jasa) serta Sumartinah, S.H, M.Hum. (pemeriksa kegiatan). Lebih dari 50 siswa SD dan SMP dilibatkan, masing-masing SDN Kalikoa, SDN 1I dan 2 Tuk serta SMPN 1 Kedawung. (A-93/A-147)***

Baca Juga

Rumah Pendamping PKH Distroni Maling

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).- Rumah seorang pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Nia Sugiantara (41) di Kampung Sukawening RT 05/RW 04 Desa Sukamantri Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, Rabu (3/6/2015) disatroni maling.

Desa Siap Menyelesaikan APBDes Sesuai Jadwal

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Sejumlah desa di Kabupaten Subang menyatakan kesiapannya menyelesaikan revisi APBDes sesuai waktu yang telah ditentukan Pemkab Subang. Mereka mengatakan tak mengalami kesulitan merevisi APBDes sekaligus menentukan program sesuai skala prioritas.

Ulama Minta Pemerintah Tutup Tempat Hiburan Jelang Bulan Puasa

JAWA BARAT
Ulama Minta Pemerintah Tutup Tempat Hiburan Jelang Bulan Puasa

SUMEDANG, (PRLM).- Kalangan ulama di Kabupaten Sumedang mengharapkan sekaligus mengimbau kepada pemerintah dan masyarakat terutama para pengusaha tempat hiburan untuk menutup tempat-tempat hiburan selama bulan Ramadan 1436 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi.

Penghuni Bangunan di Jalan Raya Margonda Mulai Pindah

JAWA BARAT

DEPOK, (PRLM).- Penghuni bangunan di Jalan Raya Margonda yang melanggar aturan Garis Sempadan Bangunan (GSB) ada yang mulai pindah atau memundurkan bangunan dengan cara merubuhkannya terlebih dahulu.