Siswa Tanam Pohon Kedawung

JAWA BARAT

SUMBER, (PRLM).- Puluhan siswa SD dan SMP di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon mengisi Hari Pohon dengan kegiatan penghijauan, Selasa (11/11). Penanaman pohon dilakukan di Jln. Raya Kedawung-Talun, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Kedawung. Yang ditanam anak-anak itu juga bukan sembarang pohon, tetapi pohon yang selama ini menjadi penanda identitas dari kecamatan tersebut, yakni pohon Kedawung.

Kedawung (parcia javanica) adalah sejenis pohon keras mirip petai. Hanya saja buahnya mirip dengan buah pohon bunga flamboyan yang rasanya sangat pahit.

"Buah Kedawung biasanya untuk jamu. Memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit," tutur Yoyon Suharyono, aktivis lingkungan hidup dari Yayasan Buruh & Lingkungan Hidup (YBLH) Cirebon.

Di Cirebon, pohon itu sudah tidak ada alias langka. Bahkan di Kecamatan Kedawung yang namanya diambil dari pohon itu, sama sekali tidak ditemukan.

"Saya juga baru tahu bentuk pohon Kedawung," tutur Drs. Syamsuri, Camat Kedawung.

Bertepatan Hari Pohon Internasional, YBLH dan Pusat Pengelola Lingkungan Hidup Regional Jawa (PPLH-RJ) yang berkantor di Yogyakarta, sengaja memperkenalkan pohon tersebut. Melibatkan puluhan siswa SD dan SMP setempat untuk menanami lahan kosong di pinggir Jln. Raya Kedwaung-Talun dengan pohon langka itu.

Hadir pada kegiatan itu wakil dari PPLH-RJ. Antaranya Hero Marhaento, S.Hut, M.Si (pelaksana teknis), Nurhayati, S.Sos. (pengadaan barang & jasa) serta Sumartinah, S.H, M.Hum. (pemeriksa kegiatan). Lebih dari 50 siswa SD dan SMP dilibatkan, masing-masing SDN Kalikoa, SDN 1I dan 2 Tuk serta SMPN 1 Kedawung. (A-93/A-147)***

Baca Juga

Lapak PKL Pasar Wetan Kota Tasikmalaya Habiskan Ruas Jalan

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Dalam surat edaran yang dikeluarkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tasikmalaya terhadap 212 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mangkal di sepanjang Jalan Pasar Wetan untuk segera membenahi lapak dagangannya sudah masuk limit waktu, yakni dari 13 sampai 30 Apri

Garong Beraksi di Siang Bolong

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Kawanan garong yang berjumlah lima orang menyatroni rumah milik Atang Sutiawan (47) yang berada di Komplek BTN Rancabali RT 02/RW 04 Kampung Rancabali Kelurahan Muka Kecamatan/Kabupaten Cianjur, Jum'at (1/5/2015) siang.

Ruang Terbuka Hijau di Depok Masih Minim

JAWA BARAT

DEPOK, (PRLM).- Penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok belum memenuhi ketentuan seperti yang diamanatkan dalam undang-undang.

Dua Pengedar Sabu Diringkus Satnarkoba Polres Cianjur

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).- Satuan Narkoba Polres Cianjur kembali berhasil meringkus dua orang pengedar sabu di Jalan Raya Cugenang Kampung Cangklek Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Senin (4/5/2015).