Siswa Tanam Pohon Kedawung

SUMBER, (PRLM).- Puluhan siswa SD dan SMP di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon mengisi Hari Pohon dengan kegiatan penghijauan, Selasa (11/11). Penanaman pohon dilakukan di Jln. Raya Kedawung-Talun, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Kedawung. Yang ditanam anak-anak itu juga bukan sembarang pohon, tetapi pohon yang selama ini menjadi penanda identitas dari kecamatan tersebut, yakni pohon Kedawung.

Kedawung (parcia javanica) adalah sejenis pohon keras mirip petai. Hanya saja buahnya mirip dengan buah pohon bunga flamboyan yang rasanya sangat pahit.

"Buah Kedawung biasanya untuk jamu. Memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit," tutur Yoyon Suharyono, aktivis lingkungan hidup dari Yayasan Buruh & Lingkungan Hidup (YBLH) Cirebon.

Di Cirebon, pohon itu sudah tidak ada alias langka. Bahkan di Kecamatan Kedawung yang namanya diambil dari pohon itu, sama sekali tidak ditemukan.

"Saya juga baru tahu bentuk pohon Kedawung," tutur Drs. Syamsuri, Camat Kedawung.

Bertepatan Hari Pohon Internasional, YBLH dan Pusat Pengelola Lingkungan Hidup Regional Jawa (PPLH-RJ) yang berkantor di Yogyakarta, sengaja memperkenalkan pohon tersebut. Melibatkan puluhan siswa SD dan SMP setempat untuk menanami lahan kosong di pinggir Jln. Raya Kedwaung-Talun dengan pohon langka itu.

Hadir pada kegiatan itu wakil dari PPLH-RJ. Antaranya Hero Marhaento, S.Hut, M.Si (pelaksana teknis), Nurhayati, S.Sos. (pengadaan barang & jasa) serta Sumartinah, S.H, M.Hum. (pemeriksa kegiatan). Lebih dari 50 siswa SD dan SMP dilibatkan, masing-masing SDN Kalikoa, SDN 1I dan 2 Tuk serta SMPN 1 Kedawung. (A-93/A-147)***

Komentari di Facebook !