Siswa Tanam Pohon Kedawung

SUMBER, (PRLM).- Puluhan siswa SD dan SMP di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon mengisi Hari Pohon dengan kegiatan penghijauan, Selasa (11/11). Penanaman pohon dilakukan di Jln. Raya Kedawung-Talun, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Kedawung. Yang ditanam anak-anak itu juga bukan sembarang pohon, tetapi pohon yang selama ini menjadi penanda identitas dari kecamatan tersebut, yakni pohon Kedawung.

Kedawung (parcia javanica) adalah sejenis pohon keras mirip petai. Hanya saja buahnya mirip dengan buah pohon bunga flamboyan yang rasanya sangat pahit.

"Buah Kedawung biasanya untuk jamu. Memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit," tutur Yoyon Suharyono, aktivis lingkungan hidup dari Yayasan Buruh & Lingkungan Hidup (YBLH) Cirebon.

Di Cirebon, pohon itu sudah tidak ada alias langka. Bahkan di Kecamatan Kedawung yang namanya diambil dari pohon itu, sama sekali tidak ditemukan.

"Saya juga baru tahu bentuk pohon Kedawung," tutur Drs. Syamsuri, Camat Kedawung.

Bertepatan Hari Pohon Internasional, YBLH dan Pusat Pengelola Lingkungan Hidup Regional Jawa (PPLH-RJ) yang berkantor di Yogyakarta, sengaja memperkenalkan pohon tersebut. Melibatkan puluhan siswa SD dan SMP setempat untuk menanami lahan kosong di pinggir Jln. Raya Kedwaung-Talun dengan pohon langka itu.

Hadir pada kegiatan itu wakil dari PPLH-RJ. Antaranya Hero Marhaento, S.Hut, M.Si (pelaksana teknis), Nurhayati, S.Sos. (pengadaan barang & jasa) serta Sumartinah, S.H, M.Hum. (pemeriksa kegiatan). Lebih dari 50 siswa SD dan SMP dilibatkan, masing-masing SDN Kalikoa, SDN 1I dan 2 Tuk serta SMPN 1 Kedawung. (A-93/A-147)***

Baca Juga

Mandiri Salurkan 40.300 Paket Murah di Safari Ramadan BUMN

GARUT, (PR).- Bank Mandiri menggelar pasar murah secara serentak di 70 lokasi di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program safari Ramadan BUMN serta membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Idulftri 1437 Hijriah.

Waduh, Bahu Jalan Tol Cipali Ambles Lagi

SUBANG, (PR).- Bahu jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 103.400 jalur B arah Cirebon-Jakarta, tepatnya di Wilayah Dawuan Kabupaten Subang ambles lagi. Sehari sebelumnya bagian yang ambles itu baru selesai diperbaiki dan siap digunakan.

Polisi Buka Check Point di Jalur Pantura

SUBANG, (PR).- Selain menyiapkan pos pelayanan di Mapolsek yang ada di Jalur Mudik seperi jalan utama Pantura, Polres Subang. menyediakan pula satu chekpoint di Halaman Kantor Kecamatan Ciasem. Chekpoint tersebut disiapkan khusus buat istirahat dan melayani pemudik bersepedamotor.