Pilkada Ciamis Menghemat Dana

CIAMIS, (PRLM).- Pilkada Ciamis bisa menghemat dana karena pelaksanaan pemilihan hanya berlangsung satu putaran. Hal itu diakui Ketua KPU Ciamis, Didi Heryadi, Senin (27/10) di Ciamis.

Pemilihan hanya akan berlangsung satu putaran setelah terdapat calon yang sudah mengantongi perolehan suara hingga 40 persen atau melebihi batas minimal 30 persen plus satu.

Dengan pilkada satu putaran, lanjutnya, maka akan dapat menghemat anggaran sedikitnya Rp 6,7 juta yang dipersiapkan untuk pilkada putaran kedua. Selain itu juga masih ditambah sedikitnya Rp 400 juta dari sisa pengadaan barang dan jasa.

"Sisanya kita kembalikan ke kas daerah. Dan ini juga menunjukkan bahwa kita tidak main projek. Kita juga siap diaudit, karena audit juga merupakan keharusan sebagaimana diatur Permendagri tentang Pengelolaan penggunaan dana hibah pilkada," jelas Ketua KPU Ciamis.

Diungkapkan, anggaran pilkada hanya sebesar Rp 12.250,00/ pemilih. Jumlah tersebut lebih kecil apabila dibandingkan daerah lain seperti Kota Banjar dan daerah lain.

Secara terpisah Wakil Ketua DPRD Ciamis M Taufiq BA mengatakan anggaran pilkada putaran kedua yang tidak terpakai dan sisa anggaran pilkada murni, dikembalikan ke kas daerah. Dia minta agar anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk sektor yakni pendidikan, kesehatan dan penguatan perekonomian rakyat.

"Anggaran yang tidak terpakai untuk pilkada itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan derajat kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat. Dana itu nantinya akan di carry over anggaran 2009," tuturnya. ((A-101/A-26).***

Baca Juga

Komponen Terbesar Silpa dari Sertifikasi Guru dan JKN

MAJALENGKA,(PR).- Sisa lebih perhitungan tahun anggaran (Silpa) Pemkab Majalengka pada akhir tahun anggaran 2015 mencapai sebesar Rp 239,710 miliar. Komponen terbesar bersumber dari sertifikasi guru dan janimam kesehatan nasional (JKN).

Produksi Ikan Laut Menurun Karena Penangkapan Berlebih

INDRAMAYU, (PR).- Produksi ikan laut di Indramayu mengalami peningkatan sebanyak 23 persen menjadi sekitar 18.000 ton pada 2015. Menurut perhitungan anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat, Ono Surono, jumlah itu setara dengan Rp 406 miliar.

Domba dan Kambing Siap Potong Sulit Didapat

KUNINGAN, (PR).- Stok domba dan kambing siap potong untuk memenuhi kebutuhan para pedagang daging di Kabupaten Kuningan, setelah Lebaran ini sulit didapat oleh para pedagang hewan ternak tersebut.