Pilkada Ciamis Menghemat Dana

CIAMIS, (PRLM).- Pilkada Ciamis bisa menghemat dana karena pelaksanaan pemilihan hanya berlangsung satu putaran. Hal itu diakui Ketua KPU Ciamis, Didi Heryadi, Senin (27/10) di Ciamis.

Pemilihan hanya akan berlangsung satu putaran setelah terdapat calon yang sudah mengantongi perolehan suara hingga 40 persen atau melebihi batas minimal 30 persen plus satu.

Dengan pilkada satu putaran, lanjutnya, maka akan dapat menghemat anggaran sedikitnya Rp 6,7 juta yang dipersiapkan untuk pilkada putaran kedua. Selain itu juga masih ditambah sedikitnya Rp 400 juta dari sisa pengadaan barang dan jasa.

"Sisanya kita kembalikan ke kas daerah. Dan ini juga menunjukkan bahwa kita tidak main projek. Kita juga siap diaudit, karena audit juga merupakan keharusan sebagaimana diatur Permendagri tentang Pengelolaan penggunaan dana hibah pilkada," jelas Ketua KPU Ciamis.

Diungkapkan, anggaran pilkada hanya sebesar Rp 12.250,00/ pemilih. Jumlah tersebut lebih kecil apabila dibandingkan daerah lain seperti Kota Banjar dan daerah lain.

Secara terpisah Wakil Ketua DPRD Ciamis M Taufiq BA mengatakan anggaran pilkada putaran kedua yang tidak terpakai dan sisa anggaran pilkada murni, dikembalikan ke kas daerah. Dia minta agar anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk sektor yakni pendidikan, kesehatan dan penguatan perekonomian rakyat.

"Anggaran yang tidak terpakai untuk pilkada itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan derajat kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat. Dana itu nantinya akan di carry over anggaran 2009," tuturnya. ((A-101/A-26).***

Baca Juga

Wisatawan dari Banjar Tewas Tenggelam di Pangandaran

PANGANDARAN, (PR).- Selama liburan lebaran ini kecelakaan laut di pantai Pangandaran tercatat di kantor Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Pangandaran terdapat lima wisatawan yang tenggelam, di antaranya empat selamat da

Kapolda Jabar: Arus Lalu Lintas Lebaran Kini Lebih Lancar

KUNINGAN, (PR).- Lalu lintas kendaraan arus mudik dan balik lebaran idul fitri 1438 Hijriyah di wilayah Jawa Barat dinilai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Anton Charliyan, lebih lancar dibanding masa yang sama tahun sebelumnya.

Pemudik Tewas dalam Mobil yang Terparkir

TASIKMALAYA, (PR).- Seorang pemudik ditemukan tewas dalam kendaraan yang dikemudikannya saat parkir di Terminal Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis 29 Juni 2017.