Pilkada Ciamis Menghemat Dana

CIAMIS, (PRLM).- Pilkada Ciamis bisa menghemat dana karena pelaksanaan pemilihan hanya berlangsung satu putaran. Hal itu diakui Ketua KPU Ciamis, Didi Heryadi, Senin (27/10) di Ciamis.

Pemilihan hanya akan berlangsung satu putaran setelah terdapat calon yang sudah mengantongi perolehan suara hingga 40 persen atau melebihi batas minimal 30 persen plus satu.

Dengan pilkada satu putaran, lanjutnya, maka akan dapat menghemat anggaran sedikitnya Rp 6,7 juta yang dipersiapkan untuk pilkada putaran kedua. Selain itu juga masih ditambah sedikitnya Rp 400 juta dari sisa pengadaan barang dan jasa.

"Sisanya kita kembalikan ke kas daerah. Dan ini juga menunjukkan bahwa kita tidak main projek. Kita juga siap diaudit, karena audit juga merupakan keharusan sebagaimana diatur Permendagri tentang Pengelolaan penggunaan dana hibah pilkada," jelas Ketua KPU Ciamis.

Diungkapkan, anggaran pilkada hanya sebesar Rp 12.250,00/ pemilih. Jumlah tersebut lebih kecil apabila dibandingkan daerah lain seperti Kota Banjar dan daerah lain.

Secara terpisah Wakil Ketua DPRD Ciamis M Taufiq BA mengatakan anggaran pilkada putaran kedua yang tidak terpakai dan sisa anggaran pilkada murni, dikembalikan ke kas daerah. Dia minta agar anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk sektor yakni pendidikan, kesehatan dan penguatan perekonomian rakyat.

"Anggaran yang tidak terpakai untuk pilkada itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan derajat kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat. Dana itu nantinya akan di carry over anggaran 2009," tuturnya. ((A-101/A-26).***

Baca Juga

Waduk Jatiluhur Tercemar, Pemkab Purwakarta Putus Izin KJA

PURWAKARTA, (PR).- Limbah keramba jaring apung (KJA) telah mencemari Waduk Jatiluhur. Limbah pakan ikan dari KJA pun mengganggu kinerja turbin pembangkit listrik di danau buatan terbesar di Indonesia itu.

Warga Subang Penerima Jamkesda Akan Ditanggung BPJS Kesehatan

SUBANG, (PR).- Sebanyak 24.524 orang warga kurang mampu penerima Jamkesda di Kabupaten Subang terhitung 1 Desember 2016 dijamin Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pelayanan tersebut bersamaan dengan digulirkannya program JKN-KIS yang dikelola BPJS kesehatan.

Yayasan PR Survei Sekolah untuk Salurkan Bantuan Pembaca

SUMEDANG, (PR).- Yayasan Pikiran Rakyat melakukan survei ke Sekolah Dasar Negeri Sukasirna I dan II di Jalan Cut Nyak Dhien, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan yang terkena musibah banjir, Selasa 8 November 2016.

Kades Sirnagalih Diduga Korupsi Dana Bantuan Rutilahu

‎SINGAPARNA,(PR).- Setelah melakukan penyelidikan selama 15 bulan, Kepolisian Resor Kabupaten Tasikmalaya akhirnya melimpahkan kasus dugaan korupsi bantuan provinsi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi 20 warga Desa Sirnagalih, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya ke Kejaksaan Singaparna.