KPU Garut Gunakan Quick Count

JAWA BARAT

GARUT, (PRLM).- Dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Garut 26 Oktober 2008,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut menyiapkan perangkat "quick count" (system perhitungan cepat).

Menurut anggota KPU, Dadang Sudrajat, melalui sistem yang menggunakan SMS berikut perangkatnnya,seperti komputer, internet, hand phone, serta sejumlah alat lainnya, nantinnya setiap TPS bisa langsung melaporkan informasi hasil perolehan suara di tempatnnya masing-masing ke KPU, tanpa harus melalui atau melapor dulu ke PPK.

Dengan demikian, KPU Garut bisa lebih cepat menginformasikan hasil perolehan suara sementara Pilkada kepada masyarakat luas.

Dadang menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan LP Sistel Fakultas Teknik Universitas Garut dalam penggunaan sistem tersebut. Untuk mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki atau terjadinnya laporan palsu, penambahan atau pengurangan hasil perolehan suara, pihak KPU telah melakukan antisipasi sistem itu, dengan cara melegalisasi terdahulu nomor-nomor hand phone yang akan digunakan untuk laporan. Sehingga bilamana saatnnya nanti ada orang iseng atau yang menggunakan nomor tak dilegalisasi tidak akan bisa masuk ke operator yang ada di pusat (Kantor KPU Garut, red).

Menurut Dadang, hasil perolehan suara dengan menggunakan sistem quick count hanya bersifat sementara saja, karena data akurat tetap dari hasil penghitungan suara yang dilakukan secara manual. (A-14/A-147)***

 

Baca Juga

Ajak Sadar Lingkungan Lewat Aksi Kreatif

JAWA BARAT
KOMUNITAS Batukaras Clear mengajak anak-anak mencintai lingkungan dengan kegiatan kreatif.*

PARIGI, (PRLM).- Sejumlah anak tampak asik bermain di pelataran bangunan tradisional berbahan kayu. Di antara mereka ada yang sedang berlatih pencak silat, membuat kerajinan daur ulang dari sampah, membaca buku, atau hilir mudik ke dapur untuk membuat pizza.

Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Ramadan

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Mendekati bulan Ramadan sekaligus jelang hari Raya Idul Fitri marak peredaran uang palsu (Upal). Biasanya uang palsu pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu yang kerap beredar hampir di setiap daerah.

Menjelang Hari Jadi ke-373 Ciamis Bupati Ziarah ke Malam Leluhur

JAWA BARAT

CIAMIS,(PRLM).- Menjelang peringatan hari jadi ke-373 Kabupaten Ciamis, para pejabat teras di tatar Galuh Ciamis melakukan ziarah ke makam - makam leluhur Galuh, Rabu (10/6/2015).

Ormas Tuntut Pemerintah dan DPRD Meminimalisasi Kemaksiatan

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Puluhan warga masyarakat yang tergabung dalam salah satu Organisasi Massa Islam melakukan aksi simpatik di Tugu Adipura Kota Tasikmalaya, Kamis (11/6/2015).