KPU Garut Gunakan Quick Count

GARUT, (PRLM).- Dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Garut 26 Oktober 2008,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut menyiapkan perangkat "quick count" (system perhitungan cepat).

Menurut anggota KPU, Dadang Sudrajat, melalui sistem yang menggunakan SMS berikut perangkatnnya,seperti komputer, internet, hand phone, serta sejumlah alat lainnya, nantinnya setiap TPS bisa langsung melaporkan informasi hasil perolehan suara di tempatnnya masing-masing ke KPU, tanpa harus melalui atau melapor dulu ke PPK.

Dengan demikian, KPU Garut bisa lebih cepat menginformasikan hasil perolehan suara sementara Pilkada kepada masyarakat luas.

Dadang menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan LP Sistel Fakultas Teknik Universitas Garut dalam penggunaan sistem tersebut. Untuk mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki atau terjadinnya laporan palsu, penambahan atau pengurangan hasil perolehan suara, pihak KPU telah melakukan antisipasi sistem itu, dengan cara melegalisasi terdahulu nomor-nomor hand phone yang akan digunakan untuk laporan. Sehingga bilamana saatnnya nanti ada orang iseng atau yang menggunakan nomor tak dilegalisasi tidak akan bisa masuk ke operator yang ada di pusat (Kantor KPU Garut, red).

Menurut Dadang, hasil perolehan suara dengan menggunakan sistem quick count hanya bersifat sementara saja, karena data akurat tetap dari hasil penghitungan suara yang dilakukan secara manual. (A-14/A-147)***

 

Baca Juga

33 Pejabat Eselon II Dimutasi

MAJALENGKA, (PR).- Bupati Majalengka memutasi 33 pejabat eselon II pada Jumat 23 Desember 2016. Tiga pejabat diantaranya staf ahli Bupati Bidang ekonomi, pembangunan Hukum dan kemasyarakatan, untuk mengisi SOTK baru . Sementara untuk eselon III dan IV baru akan dilaksanakan akhir tahun.

Musim Liburan, Kendaraan Lewat Tol Cipali Naik 100%

SUBANG, (PR).- Selama libur panjang Natal dan Tahun Baru, jumlah kendaraan yang melintas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), diprediksikan mengalami kenaikan 100 persen dibanding hari biasa. Puncak kenaikan arus lalu lintas akan terjadi setiap akhir pekan, menjelang natal dan tahun baru.

Sari Ater Subang Penuh Sesak

SUBANG, (PR).- Dua hari terakhir, Sabtu dan Minggu 25 Desember 2016 sejumlah objek wisata di wilayah Selatan Kabupaten Subang diserbu ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Umumnya jumlah pengunjung yang datang mengalami peningkatan, jauh lebih banyak dibanding hari biasa.

Polisi Belum Temukan Bom dari Terduga Teroris Purwakarta

JAKARTA, (PR).- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Rikwanto mengatakan, polisi belum menemukan barang bukti berupa bom dari empat terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri di Purwakarta.