KPU Garut Gunakan Quick Count

GARUT, (PRLM).- Dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Garut 26 Oktober 2008,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut menyiapkan perangkat "quick count" (system perhitungan cepat).

Menurut anggota KPU, Dadang Sudrajat, melalui sistem yang menggunakan SMS berikut perangkatnnya,seperti komputer, internet, hand phone, serta sejumlah alat lainnya, nantinnya setiap TPS bisa langsung melaporkan informasi hasil perolehan suara di tempatnnya masing-masing ke KPU, tanpa harus melalui atau melapor dulu ke PPK.

Dengan demikian, KPU Garut bisa lebih cepat menginformasikan hasil perolehan suara sementara Pilkada kepada masyarakat luas.

Dadang menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan LP Sistel Fakultas Teknik Universitas Garut dalam penggunaan sistem tersebut. Untuk mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki atau terjadinnya laporan palsu, penambahan atau pengurangan hasil perolehan suara, pihak KPU telah melakukan antisipasi sistem itu, dengan cara melegalisasi terdahulu nomor-nomor hand phone yang akan digunakan untuk laporan. Sehingga bilamana saatnnya nanti ada orang iseng atau yang menggunakan nomor tak dilegalisasi tidak akan bisa masuk ke operator yang ada di pusat (Kantor KPU Garut, red).

Menurut Dadang, hasil perolehan suara dengan menggunakan sistem quick count hanya bersifat sementara saja, karena data akurat tetap dari hasil penghitungan suara yang dilakukan secara manual. (A-14/A-147)***

 

Baca Juga

Hiswanamigas Jawab Kelangkaan Elpiji 3 kg dengan Operasi Pasar

KUNINGAN, (PR).- Kesulitan masyarakat Kabupaten Kuningan memperoleh gas elpiji tabung 3 Kg, kadang-kadang disertai kelangkaan, dijawab Pertamina melalui Hiswanamigas dengan menggelar operasi pasar gas bersubsidi tersebut.

DUA  unit pesawat sedang parkir di Bandar Udara Nusawiru, di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Senin (13/10/2014). Pemprov Jabar telah melakukan pembayaran Rp 26 miliar terhadap tanah kas daerah di Desa Kondangjajar, Kec. Cijulang untuk keperlu

PT BIJB Akan Kelola Bandara Nusawiru?

MAJALENGKA, (PR).- PT BIJB berencana melakukan pengelolaan Bandara Nusawiru yang dianggap cukup potensial untuk dikembangkan, dengan penerbangan pesawat kecil sesuai dengan kapasitas landasan pacu yang ada.

Orangtua Protes Alih Fungsi Sekolah Jadi Pabrik

CIANJUR, (PR).- Ratusan warga Kampung Pasir Kalapa, Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, menolak relokasi Sekolah Dasar Peuteuycondong 2, Senin 7 November 2016 yang akan dialihfungsikan jadi pabrik.

Persatuan Istri Insinyur Gelar Bakti Sosial di Garut

GARUT, (PR).- Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII) mengadakan kegiatan bakti sosial di Kabupaten Garut, Selasa 8 November 2016. Dipimpin langsung Nia Said Didu selaku Ketua Umum PIII, Rombongan yang berjumlah hampir 50 orang ini menuju penampungan pengungsi korban banjir bandang.