KPU Garut Gunakan Quick Count

GARUT, (PRLM).- Dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Garut 26 Oktober 2008,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut menyiapkan perangkat "quick count" (system perhitungan cepat).

Menurut anggota KPU, Dadang Sudrajat, melalui sistem yang menggunakan SMS berikut perangkatnnya,seperti komputer, internet, hand phone, serta sejumlah alat lainnya, nantinnya setiap TPS bisa langsung melaporkan informasi hasil perolehan suara di tempatnnya masing-masing ke KPU, tanpa harus melalui atau melapor dulu ke PPK.

Dengan demikian, KPU Garut bisa lebih cepat menginformasikan hasil perolehan suara sementara Pilkada kepada masyarakat luas.

Dadang menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan LP Sistel Fakultas Teknik Universitas Garut dalam penggunaan sistem tersebut. Untuk mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki atau terjadinnya laporan palsu, penambahan atau pengurangan hasil perolehan suara, pihak KPU telah melakukan antisipasi sistem itu, dengan cara melegalisasi terdahulu nomor-nomor hand phone yang akan digunakan untuk laporan. Sehingga bilamana saatnnya nanti ada orang iseng atau yang menggunakan nomor tak dilegalisasi tidak akan bisa masuk ke operator yang ada di pusat (Kantor KPU Garut, red).

Menurut Dadang, hasil perolehan suara dengan menggunakan sistem quick count hanya bersifat sementara saja, karena data akurat tetap dari hasil penghitungan suara yang dilakukan secara manual. (A-14/A-147)***

 

Baca Juga

Puluhan Peserta Upacara Jatuh Pingsan

MAJALENGKA,(PR).- Sedikitnya 50 orang peserta upacara peringatan HUT ke-71 RI di Alun-alun Kota Kabupaten Majalengka jatuh pingsan. Satu di antara mereka harus dilarikan ke rumah sakit karena menderita sesak dada, Rabu 17 Agustus 2016.

Jepang Minta Jaminan Pasokan Air dan Listrik ke Patimban

SUBANG, (PR).- Jepang, salah satu negara yang berminat menjadi investor proyek pembangunan pelabuhan Internasional di Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang sempat meminta kepastian dan jaminan kelancaran pasokan air bersih serta aliran listrik.

Harga Daging Sapi Masih Tinggi

CIAMIS,(PR).- Harga daging sapi di tatar Galuh Ciamis sejak Lebaran hingga saat ini tidak ada tanda bakal turun. Harga daging hasil komoditi peternakan tersebut masih bertahan pada kisaran Rp 125.000 - Rp 130.000 per kilogram.

4 Tahun Jembatan Penghubung Jabar-Jateng tak Kunjung Usai

BANJAR,(PR).- Sejak dibangun empat tahun lalu, Jembatan Cijolang 2, yang menghubungkan Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah, hingga saat ini belum tuntas dikerjakan. Bahkan sudah sekitar setahun lalu, tidak ada perkembangan pekerjaan di lapangan.