KPU Garut Gunakan Quick Count

GARUT, (PRLM).- Dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Garut 26 Oktober 2008,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut menyiapkan perangkat "quick count" (system perhitungan cepat).

Menurut anggota KPU, Dadang Sudrajat, melalui sistem yang menggunakan SMS berikut perangkatnnya,seperti komputer, internet, hand phone, serta sejumlah alat lainnya, nantinnya setiap TPS bisa langsung melaporkan informasi hasil perolehan suara di tempatnnya masing-masing ke KPU, tanpa harus melalui atau melapor dulu ke PPK.

Dengan demikian, KPU Garut bisa lebih cepat menginformasikan hasil perolehan suara sementara Pilkada kepada masyarakat luas.

Dadang menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan LP Sistel Fakultas Teknik Universitas Garut dalam penggunaan sistem tersebut. Untuk mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki atau terjadinnya laporan palsu, penambahan atau pengurangan hasil perolehan suara, pihak KPU telah melakukan antisipasi sistem itu, dengan cara melegalisasi terdahulu nomor-nomor hand phone yang akan digunakan untuk laporan. Sehingga bilamana saatnnya nanti ada orang iseng atau yang menggunakan nomor tak dilegalisasi tidak akan bisa masuk ke operator yang ada di pusat (Kantor KPU Garut, red).

Menurut Dadang, hasil perolehan suara dengan menggunakan sistem quick count hanya bersifat sementara saja, karena data akurat tetap dari hasil penghitungan suara yang dilakukan secara manual. (A-14/A-147)***

 

Baca Juga

Pengedar Sabu Berbekal Senjata Api

CIKARANG, (PR).- Umang (32), tersangka pengedar narkoba diciduk Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kota Bekasi Kabupaten, Jumat (27/5/2016). Sepucuk senjata api rakitan disita dari tangan pelaku. Diduga, selain pengedar, Umang merupakan pelaku begal bersenjata api.

Harga Daging Stabil, Jengkol Justru Meroket

MAJALENGKA, (PR).- Kebutuhan bahan pokok jelang puasa di sejumlah pasar di Kabupaten Majalengka relatif stabil, bahkan beberapa komoditas harga cenderung turun. Hanya gula putih, telur dan jengkol yang harganya naik cukup signifikan hingga lebih 20 persenan.

7 Rumah Rusak dan Akses Lumpuh Akibat Longsor

SUBANG, (PR).- Selain Kampung Cihideung Girang Desa Sukakerti yang dilanda banjir bandang, dua desa lain di Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang diterjang longsor. Di Desa Mayang longsor menyebabkan tujuh rumah warga rusak.