Penetapan DPT Jumat (10/10)

CIANJUR, (PRLM).- Jumlah warga di Kab. Cianjur yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir di KPU Kab. Cianjur mencapai 1.502.842 orang. Mereka tersebar di lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di 32 kecamatan Kab. Cianjur. Rencananya DPSHP tersebut akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Jumat (10/10) mendatang.

Demikian dikatakan Anggota KPU Kab. Cianjur Awaludin selaku pengarah Pokja Panita Pendaftaran Pemilih Pemilu Legislatif 2009, Rabu (8/10) di Kantor KPU Cianjur.

Dia mengungkapkan, DPSHP akhir itu sudah melalui beberapa tahapan, mulai proses penelitian, validasi, verifikasi, dan pemutakhiran data oleh PPS, PPK dibantu PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih). Waktunya diperkirakan enam bulan mulai dari DP4 hingga bisa menjadi DPSHP akhir. "DPSHP akhir itu merupakan hasil kerja PPK di 32 Kecamatan, dan PPS di 348 desa," ujarnya.

Sebelum menetapkan DPSHP akhir menjadi DPT, lanjut Awaludin, pihaknya telah mengundang semua pimpinan partai politik (parpol) yang ada di Kab. Cianjur. Tujuannya, memberikan paparan terkait DPSHP sekaligus mengingatkan mereka agar proaktif apabila masih ada warga atau konstituen masing-masing parpol yang belum berlum terdaftar.

"Kami ingin, semua warga yang memiliki hak pilih, bisa menggunakan hak pilihnya. Syaratnya harus terdaftar di DPT. Mumpung masih ada waktu, sebelum ditetapkan bila ada yang belum terdaftar bisa secepatnya melapor ke PPS, PPK atau KPU langsung," katanya.

Dijelaskan Awaludin, dari jumlah DPSHP akhir sebanyak 1.502.842 orang meliputi 771.938 orang laki-laki dan 730.904 orang perempuan. Mereka nantinya pada pemilu legislatif 2009 mendatang akan diakomodir dalamĀ  3.740 TPS tersebar di wilayah Kab. Cianjur. "Sebelum ditetapkan menjadi DPT masih memungkinkan ada penambahan. Tapi kalau sudah ditetapkan jadi DPT, tidak bisa lagi ada ada penambahan," jelasnya.(A-116/A-147)***

Baca Juga

Bencana Pergerakan Tanah Bantarkalong Meluas

SUKABUMI, (PR).- Jembatan darurat yang menghubungi warga di Kampung Ciambar dan Kampung Babakan Pendeuy, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis 22 Februari 2017 ambruk. Padahal, jembatan itu belum genap diresmikan dan menghabiskan anggaran kisaran Rp 300 juta.

Dana Bantuan DKI tak Cukup untuk Atasi Banjir

CIBINONG, (PR).- Dana Bantuan Provinsi (Banprov) yang diajukan Pemerintah Kabupaten Bogor sebesar Rp 94 miliar, hanya dikabulkan Pemerintah DKI Jakarta sebesar Rp 5 miliar di antaranya.

Pelayanan ke Semua Agama Baik, Purwakarta Diganjar Harmoni Award

JAKARTA, (PR).- Kementerian Agama Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Harmoni Award 2016 kepada 10 kepala daerah, Minggu, 26 Februari 2017. Purwakarta menjadi satu-satunya daerah di Jawa Barat yang menerima penghargaan tersebut.