Penetapan DPT Jumat (10/10)

CIANJUR, (PRLM).- Jumlah warga di Kab. Cianjur yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir di KPU Kab. Cianjur mencapai 1.502.842 orang. Mereka tersebar di lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di 32 kecamatan Kab. Cianjur. Rencananya DPSHP tersebut akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Jumat (10/10) mendatang.

Demikian dikatakan Anggota KPU Kab. Cianjur Awaludin selaku pengarah Pokja Panita Pendaftaran Pemilih Pemilu Legislatif 2009, Rabu (8/10) di Kantor KPU Cianjur.

Dia mengungkapkan, DPSHP akhir itu sudah melalui beberapa tahapan, mulai proses penelitian, validasi, verifikasi, dan pemutakhiran data oleh PPS, PPK dibantu PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih). Waktunya diperkirakan enam bulan mulai dari DP4 hingga bisa menjadi DPSHP akhir. "DPSHP akhir itu merupakan hasil kerja PPK di 32 Kecamatan, dan PPS di 348 desa," ujarnya.

Sebelum menetapkan DPSHP akhir menjadi DPT, lanjut Awaludin, pihaknya telah mengundang semua pimpinan partai politik (parpol) yang ada di Kab. Cianjur. Tujuannya, memberikan paparan terkait DPSHP sekaligus mengingatkan mereka agar proaktif apabila masih ada warga atau konstituen masing-masing parpol yang belum berlum terdaftar.

"Kami ingin, semua warga yang memiliki hak pilih, bisa menggunakan hak pilihnya. Syaratnya harus terdaftar di DPT. Mumpung masih ada waktu, sebelum ditetapkan bila ada yang belum terdaftar bisa secepatnya melapor ke PPS, PPK atau KPU langsung," katanya.

Dijelaskan Awaludin, dari jumlah DPSHP akhir sebanyak 1.502.842 orang meliputi 771.938 orang laki-laki dan 730.904 orang perempuan. Mereka nantinya pada pemilu legislatif 2009 mendatang akan diakomodir dalamĀ  3.740 TPS tersebar di wilayah Kab. Cianjur. "Sebelum ditetapkan menjadi DPT masih memungkinkan ada penambahan. Tapi kalau sudah ditetapkan jadi DPT, tidak bisa lagi ada ada penambahan," jelasnya.(A-116/A-147)***

Baca Juga

Harga Daging Stabil, Jengkol Justru Meroket

MAJALENGKA, (PR).- Kebutuhan bahan pokok jelang puasa di sejumlah pasar di Kabupaten Majalengka relatif stabil, bahkan beberapa komoditas harga cenderung turun. Hanya gula putih, telur dan jengkol yang harganya naik cukup signifikan hingga lebih 20 persenan.

7 Rumah Rusak dan Akses Lumpuh Akibat Longsor

SUBANG, (PR).- Selain Kampung Cihideung Girang Desa Sukakerti yang dilanda banjir bandang, dua desa lain di Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang diterjang longsor. Di Desa Mayang longsor menyebabkan tujuh rumah warga rusak.

Mahasiswa Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

KARAWANG, (PR).- Ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Pemerintah Kabupaten Karawang, Rabu, 1 Juni 2016. Mereka menuntut pemerintah pusat membatalkan pengusungan mantan Presiden Soeharto sebagai pahlawan nasional.