Penetapan DPT Jumat (10/10)

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Jumlah warga di Kab. Cianjur yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir di KPU Kab. Cianjur mencapai 1.502.842 orang. Mereka tersebar di lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di 32 kecamatan Kab. Cianjur. Rencananya DPSHP tersebut akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Jumat (10/10) mendatang.

Demikian dikatakan Anggota KPU Kab. Cianjur Awaludin selaku pengarah Pokja Panita Pendaftaran Pemilih Pemilu Legislatif 2009, Rabu (8/10) di Kantor KPU Cianjur.

Dia mengungkapkan, DPSHP akhir itu sudah melalui beberapa tahapan, mulai proses penelitian, validasi, verifikasi, dan pemutakhiran data oleh PPS, PPK dibantu PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih). Waktunya diperkirakan enam bulan mulai dari DP4 hingga bisa menjadi DPSHP akhir. "DPSHP akhir itu merupakan hasil kerja PPK di 32 Kecamatan, dan PPS di 348 desa," ujarnya.

Sebelum menetapkan DPSHP akhir menjadi DPT, lanjut Awaludin, pihaknya telah mengundang semua pimpinan partai politik (parpol) yang ada di Kab. Cianjur. Tujuannya, memberikan paparan terkait DPSHP sekaligus mengingatkan mereka agar proaktif apabila masih ada warga atau konstituen masing-masing parpol yang belum berlum terdaftar.

"Kami ingin, semua warga yang memiliki hak pilih, bisa menggunakan hak pilihnya. Syaratnya harus terdaftar di DPT. Mumpung masih ada waktu, sebelum ditetapkan bila ada yang belum terdaftar bisa secepatnya melapor ke PPS, PPK atau KPU langsung," katanya.

Dijelaskan Awaludin, dari jumlah DPSHP akhir sebanyak 1.502.842 orang meliputi 771.938 orang laki-laki dan 730.904 orang perempuan. Mereka nantinya pada pemilu legislatif 2009 mendatang akan diakomodir dalam  3.740 TPS tersebar di wilayah Kab. Cianjur. "Sebelum ditetapkan menjadi DPT masih memungkinkan ada penambahan. Tapi kalau sudah ditetapkan jadi DPT, tidak bisa lagi ada ada penambahan," jelasnya.(A-116/A-147)***

Baca Juga

Pembatalan Pelabuhan Cilamaya Ditanggapi Beragam

JAWA BARAT

KARAWANG, (PRLM).- Pembatalan rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya mendapat tanggapan beragam dari sejumlah elemen masyarakat Karawang. Pada umumnya mereka menyesalkan kebijakan itu, namun sebagian lagi ada yang menyambut baik keputusan dari Wapres Jusuf Kalla tersebut.

Perluasan Landasan Pacu BIJB Mengarah ke Situ Cimaneuh

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Situ Cimaneuh seluas 27 ha yang berlokasi di sebelah Timur landasan pacu Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Desa Kertajati, Kecamatan kertajati, Kabupaten Majalengka selama ini mengairi areal sawah seluas kurang lebih 40 hektare yang berada di dua desa masing-masing

Menolak Diajak Rujuk, Elin Dibacok Manan Suami

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Gara-gara menolak diajak rujuk oleh mantan suaminya Elin Oktaviani (30) warga Jln.

Tiket Pendakian Gunung Ciremai Naik 20.000,00

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Tiket pendakian ke Gunung Ciremai melalui jalur Apuy, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka naik sebesar Rp 20.000,00 dari sebelumnya yang hanya Rp 30.000,00 per orang atau menjadi Rp 50.000,00 per orang.