Penetapan DPT Jumat (10/10)

CIANJUR, (PRLM).- Jumlah warga di Kab. Cianjur yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir di KPU Kab. Cianjur mencapai 1.502.842 orang. Mereka tersebar di lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di 32 kecamatan Kab. Cianjur. Rencananya DPSHP tersebut akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Jumat (10/10) mendatang.

Demikian dikatakan Anggota KPU Kab. Cianjur Awaludin selaku pengarah Pokja Panita Pendaftaran Pemilih Pemilu Legislatif 2009, Rabu (8/10) di Kantor KPU Cianjur.

Dia mengungkapkan, DPSHP akhir itu sudah melalui beberapa tahapan, mulai proses penelitian, validasi, verifikasi, dan pemutakhiran data oleh PPS, PPK dibantu PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih). Waktunya diperkirakan enam bulan mulai dari DP4 hingga bisa menjadi DPSHP akhir. "DPSHP akhir itu merupakan hasil kerja PPK di 32 Kecamatan, dan PPS di 348 desa," ujarnya.

Sebelum menetapkan DPSHP akhir menjadi DPT, lanjut Awaludin, pihaknya telah mengundang semua pimpinan partai politik (parpol) yang ada di Kab. Cianjur. Tujuannya, memberikan paparan terkait DPSHP sekaligus mengingatkan mereka agar proaktif apabila masih ada warga atau konstituen masing-masing parpol yang belum berlum terdaftar.

"Kami ingin, semua warga yang memiliki hak pilih, bisa menggunakan hak pilihnya. Syaratnya harus terdaftar di DPT. Mumpung masih ada waktu, sebelum ditetapkan bila ada yang belum terdaftar bisa secepatnya melapor ke PPS, PPK atau KPU langsung," katanya.

Dijelaskan Awaludin, dari jumlah DPSHP akhir sebanyak 1.502.842 orang meliputi 771.938 orang laki-laki dan 730.904 orang perempuan. Mereka nantinya pada pemilu legislatif 2009 mendatang akan diakomodir dalamĀ  3.740 TPS tersebar di wilayah Kab. Cianjur. "Sebelum ditetapkan menjadi DPT masih memungkinkan ada penambahan. Tapi kalau sudah ditetapkan jadi DPT, tidak bisa lagi ada ada penambahan," jelasnya.(A-116/A-147)***

Baca Juga

Tim Gabungan Temukan Sejumlah Bus tak Laik Jalan

KARAWANG, (PR).- Tim gabungan dari Polres Karawang dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkomimfo) menemukan sejumlah bus tak laik jalan masih beroperasi di Terminal Klari, Karawang.

Sopir Angkutan Umum Dites Urine

SUBANG, (PR).- Sejumlah sopir angkutan umum di terminal Subang menjalani test urine oleh petugas Polres Subang, Senin, 27 Juni 2016.

Listrik Byar Pet, Salat Tarawih pun Terganggu

MAJALENGKA,(PR).- Konsumen listrik di sejumlah wilayah di Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka mengeluhkan kerap matinya aliran listrik ke wilayah tersebut sejak tiga hari yang lalu. Akibat kerap matinya aliran listrik terutama pada malam hari cukup menganggu aktivitas warga.

Jokowi: Pemalsuan Vaksin Kejahatan Luar Biasa

BOGOR,(PR).- Presiden Joko Widodo mengaku geram dengan merebaknya kasus pemalsuan vaksin. Ia menybut tindakan itu termasuk kejahatan luar biasa. Kasus pemalsuan vaksin di beberapa wilayah seperti Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta ini menjadi perhatian serius presiden.