26 Siswa SMPN 4 Lembang Keracunan

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM) - Sebanyak 26 siswa SMPN 4 Lembang keracunan makanan usai menyantap jajanan yang dijual di kantin sekolah, Selasa (19/8). Tak hanya mereka, penjual makanan yang diduga menjadi sumber racun serta dua anggota keluarganya pun turut menjadi korban.

Semuanya langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sementara Wahyu Setiawan, siswa kelas VII B bahkan harus dirujuk ke Puskesmas Jayagiri untuk menjalani perawatan lebih intensif. "Saya sempat diinfus dan diberi beberapa macam obat, sebelum akhirnya diperbolehkan pulang," kata Wahyu yang masih tergolek lemas di rumahnya.

Sebelum pelajaran dimulai, Wahyu mengaku sempat membeli makanan untuk sarapan, berupa batagor yang dijual di kantin milik Dida. Begitu gigitan pertama, Wahyu langsung memuntahkan lagi makanan yang dibelinya itu. "Rasanya pahit," ujar Wahyu.

Sekitar satu jam berselang, Wahyu merasakan perutnya mual, kepala pusing, dan ingin muntah. Sejumlah murid lain yang juga membeli penganan yang sama, merasakan gejala yang tidak jauh berbeda. Di antaranya Rian Pebriandi, siswa kelas IX D, yang rutin membeli makanan itu setiap harinya tapi belum pernah merasakan gejala keracunan ini sebelumnya.

Kepala SMPN 4 Lembang Nita Isaeni membenarkan kejadian itu dan belum pernah terjadi sebelumnya. Meski tidak mengganggu proses belajar, guru-guru di kelas diminta untuk aktif memantau keadaan murid karena ditakutkan akan jatuh lebih banyak lagi korban. "Kami juga berinsiatif melaporkan kejadian ini ke kepolisian yang langsung datang ke lokasi tidak lama setelah laporan disampaikan," kata Nita.

Aparat Kepolisian Sektor Lembang kemudian langsung mengamankan sampel makanan yang diduga menjadi sumber racun, berupa tahu mentah dan olahan serta bumbu kacang yang sudah jadi.

Namun, polisi masih enggan menentukan tersangka yang bertanggung jawab atas kejadian ini. "Masih harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium atas sampel makanan tersebut sebelum menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya," kata Kapolsek Lembang AKP Trisna. (CA-184/A-37)***

Baca Juga

Wagub Minta Masyarakat Tenang dan Waspada Terkait Teror Bom

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta masyarakat tetap tenang dan waspada terkait adanya teror bom di Jakarta. Deddy pun meminta kepada semua pihak untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang akan membuat keresahan di masyarakat.

Warga Manfaatkan Ranting Pohon untuk Bahan Bakar

BANDUNG RAYA
WARGA memanfaatkan ranting pohon yang ditebang petugas Dinas Bina Marga di pinggir Jalan Raya Majalaya - Pacet, Desa Cipeujeuh, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Minggu (17/1/2016). Warga mengambil ranting pohon untuk dijadikan kayu bakar keperluan mema

Kendaraan Operasional Pemkot Cimahi Bertambah

BANDUNG RAYA
PEMERINTAH Kota Cimahi menambah kendaraan operasional sebanyak 271 pada tahun anggaran 2015.*

CIMAHI, (PRLM).- Pemerintah Kota Cimahi menambah kendaraan operasional sebanyak 271 pada tahun anggaran 2015. Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk pelayanan masyarakat.

Penataan Taman Kota Soreang

BANDUNG RAYA
Penataan Taman Kota Soreang