Guru SMP Satu Atap Datangi BKD Sumedang

SUMEDANG, (PRLM).- Lima orang perwakilan guru SMP Satu Atap Kab. Sumedang yang berjumlah 151 orang, Selasa (22/7) mendatangi kantor Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kab. Sumedang Jawa Barat. Mereka mempertanyakan upah dan status kalangan guru SMP Satu Atap yang sampai saat ini berstatus sebagai tenaga sukwan.

Menurut Kepala Sekolah SMP Satu Atap Gunung Sangiang Kec. Cibugel Kab. Sumedang, Wawan Juwana, awalnya para guru SMP Satu Atap itu diberi upah Rp 400.000,00 per bulan dan upah tersebut sudah berakhir Juni 2008. "Kami mendatangi kantor ini bermaksud menanyakan bagaimana kelanjutan menganai upah dan status kami,"tutur Wawan.

Mengenai status, lanjut Wawan, kalangan guru SMP Satu Atap itu mempertanyakan apakah bisa menjadi CPNS seperti halnya tenaga kontrak.

Menurut Kepala BKD Kab. Sumedang, H. Zaenal Alimin, terkait dengan kelanjutan soal upah, sebetulnya upah Rp 400.000,00 tersebut berasal dari provinsi. SMP Satu Atap ini, kata H. Zaenal, adalah program pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh provinsi dengan masa pembayaran upah satu tahun. "Selanjutnya program tersebut diserahkan ke Pemkab Sumedang,"katanya.

Untuk melanjutkan program tersebut, kata H. Zaenal, Pemkab Sumedang menunjuk Dinas Pendidikan untuk menanganinya melalui kegiatan di Dinas Pendidikan dengan upah setara tenaga sukwan sebesar Rp 125.000,00. "Karena Sifatnya kegiatan, pembayaran upahnya tidak setiap bulan, misalnya per tri wulan,"katanya.

Mengenai status, kata H. Zaenal, tidak mungkin mereka itu menjadi CPNS. Untuk jadi tenaga kontrak itu juga tidak bisa karena terbentur Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2005 yang menyatrakan pemkab tidak boleh mengangkat lagi tenaga kontrak.

"Jadi kalau mau jadi CPNS hanya bisa melalui jalur testing,"katanya. (A-91/A-120) ***

Baca Juga

Warga Talegong Dapat Bantuan Sumur Bor

GARUT, (PR).- Warga Dusun Citamiang, Desa Mekarmukti, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, menyambut baik bantuan pengadaan sumur bor sebagai sumber air bersih. Diharapkan sumur bor tersebut dapat membantu ketersediaan air bersih sebanyak 350 keluarga atau sekitar seribu jiwa.

Ini Tempat Ngabuburit Legendaris di Subang

DARI sejumlah tempat di pusat kota Kabupaten Subang yang biasa dijadikan tempat "ngabuburit", area terbuka di pelataran depan gedung Wisma Karya masih menjadi tempat berkumpul paling digemari warga.

Suasana Mudik Mulai Terasa di Terminal Cikarang

CIKARANG, (PR).- Musim mudik Lebaran 2016 mulai terlihat. Di Terminal Cikarang Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, sejumlah pemudik terpantau mulai memenuhi terminal. Perantau memilih pulang kampung lebih awal setelah menerima tunjangan hari raya.

Pindang Khas Majalengka Beraroma Khas

MAJALENGKA,(PR).- Pindang khas pasundan di daerah Cicalengka mungkin telah dikenal dengan nama pindang Ma Ecot. Tapi, di daerah Desa Lemahputih, Desa Kepuh, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, pindang ikan mas berasa lidah sunda itu telah dikenal sejak tahun 1950-an.