Koperasi Bisa Jadi Jalan Bagi Bobotoh untuk Miliki Saham Persib

Bobotoh Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong ekonomi kerakyatan yang selama ini juga digeluti bobotoh sebagai pendukung Persib Bandung. Hal itu bisa dilakukan dengan mendirikan koperasi.

"Dengan diberikannya kepercayaan saya untuk menjadi Ketua Dewan Pembina Viking Persib Club (VPC). Rencananya saya akan membentuk koperasi bobotoh dan diharapkan koperasi itu bisa menjadi komponen yang kuat sebagai dasar bagi bobotoh untuk melakukan usahanya," kata Iwa Karniwa saat Hari Ulang Tahun ke 25 Viking Persib Club di Pantai Timur Pangandaran, Sabtu 1 September 2018 malam.

Menurut Iw Karniwa, saat ini bobotoh tidak hanya berperan sebagai tukang sorak ketika Persib Bandung bertanding di stadion tetapi juga sebagai penggerak ekonomi dengan yang membuka usaha seperti menggerakan bisnis konveksi yang identik dengan tim kebanggan mereka.

"Saya akan mendorong ekonomi kerakyatan yang selama ini juga digeluti oleh bobotoh," katanya.

Iwa Karniwa mengatakan, koperasi itu rencananya akan bisa memiliki saham di PT Persib Bandung Bermartabat sehingga tak sekadar pendukung di stadion tetapi bisa memiliki peran lebih aktif menjadikan tim yang diidolakannya semakin maju.

"Sehingga bobotoh merasa menjadi pemilik Persib dan akan lebih mencintai karena bagian dari pemilik," ujarnya seperti diberitakan Antara.

Iwa Karniwa juga bangga dengan kekompakan bobotoh saat ini khususnya Viking Persib Club yang merayakan hari jadi ke-25 dengan sangat meriah pada 1-2 September 2018.

Sedikitnya 7.000 bobotoh hadir di Pangandaran untuk memperingati puncak acara ulang tahun yang turut dimeriahkan sejumlah pengisi acara seperti Pas Band, Rosemary, dan beberapa band lokal.

Iwa Karniwa menilai, digelarnya acara teresbut di Pantai Pangandaran merupakan bentuk dukungan untuk pariwisata Jawa Barat.

Oleh Karena itu, dia merasa perlu menyempatkan hadir ke lokasi acara walaupun baru menjalani perjalanan jauh setelah menghadiri kegiatan bersama Pemerintah Provinsi Jabar di Singapura, Jumat 31 Agustus 2018.***

Baca Juga

Nobar Persib vs Persebaya Batal, Bobotoh Curigai Alasannya

KERINDUAN bobotoh untuk kembali merasakan atmosfer pertandingan Persib Bandung harus terpendam lantaran acara nonton bareng (nobar) yang telah direncanakan panitia pelaksana pertandingan serta menajemen Persib Bandung urung digelar.