Indonesia Menang 3-1 dari Hong Kong dan Juara Grup A Sepak Bola Asian Games 2018

Indonesia vs Hongkong/ANTARA FOTO
PESEPAK bola Indonesia Hansamu Yama (kiri) berhasil menahan serangan dari pesepak bola Hong Kong Lau ORR Matthew ELLiot Wing Kai (tengah) pada penyisihan Grup A cabang Sepak Bola Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Bekasi Senin 20 Agustus 2018.*

JAKARTA, (PR).- Tim Nasional Indonesia meraih angka penuh setelah unggul dari Hong Kong 3-1 pada pertandingan terakhir babak penyisihan cabang sepak bola Asian Games 2018. Indonesia pun menduduki juara Grup A setelah pertandingan di Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Senin 20 Agustus 2018 tersebut.

Menghadapi babak 16 besar, gol tim Garuda dibuahkan Irfan Jaya pada menit ke-46, disusul gol Stefano Lilipaly dan Hanif Sjahbandi, masing-masing menit ke-85 dan saat injury time menit ke-94. 

Gol balasan bagi Indonesia terjadi ketika pertandingan babak pertama baru berlangsung satu menit, diawali dengan serangan Stefano Lilipaly dari lapangan tengah.

Pemain naturalisasi asal Belanda itu dengan jeli memberikan umpan kepada Irfan Jaya yang berada di sisi kanan lapangan dan setelah menggiring bola ke arah gawang, langsung melepaskan tendangan keras yang tidak mampu dibendung kiper Ho Chun Yuen.

Sukses menyamakan kedudukan membuat pemain Indonesia yang mendapat dukungan penuh sekitar 30.000 penonton yang memadati Stadion Patriot itu tampil semakin bersemangat dan dominan dengan penguasaan bola 60 persen berbanding 40 persen.

Pada babak ke-85, Stefano Lilipaly kembali menunjukkan kapasitasnya dengan mencetak gol untuk membuat tuan rumah berbalik unggul 2-1.

Hanif Sjahbandi, akhirnya memperbesar kemenangan tuan rumah Indonesia dengan skor 3-1 setelah mencetak gol pada saat injury time menit ke-94 berkat umpan matang Stefano Lilipaly.

Dikutip Antara, pelatih tim nasional U-23 Indonesia Luis Milla menurunkan duet pemain senior andalannya Alberto "Beto" Goncalves dan Stefano Lilipaly di laga terakhir Grup A tersebut. Selain Beto dan Lilipaly, Milla juga kembali memainkan gelandang sayap Irfan Jaya di laga terakhir babak penysihan Grup A tersebut.

Di sektor gelandang tengah, pelatih asal Spanyol itu memberikan tempat kepada Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi. Kapten Hansamu Yama Pranata memimpin rekan-rekannya di lini pertahanan.

Sementara di kubu timnas U-23 Hong Kong, pelatih Kenneth Kwok mempercayakan pemain tersubur di timnya di Asian Games 2018, gelandang Tan Chun Lok untuk bertanding.

Namun, Kenneth membangkucadangkan dua pemain naturalisasinya yaitu bek Fernando Recio Romi dan penyerang Jorge Tarres Paramo. 

Sempat tertinggal 0-1 dari Hong Kong

Pada babak pertama Timnas Indonesia ketinggalan 0-1 dari Hong Kong. Gol tim tamu Hong Kong terjadi pada menit ke-37 melalui tendangan Hok Ming Lau yang lolos dari jebakan offside dan menaklukkan kiper Andritany yang berdiri bebas di sisi kiri mulut gawang.

Laporan Antara, pada pertengahan babak pertama, pertandingan mulai berkembang lebih keras. Akibatnya, pada menit ke-27, Febri Hariyadi mendapat kartu kuning karena menarik baju Chun Lok Tan dan kemudian mengganjal lawan hingga terjatuh.

Peluang terbaik tuan rumah Indonesia terjadi pada menit ke-28 ketika Irfan Jaya berhasil menembus pertahanan lawan setelah membangun serangan dari sisi kanan.

Tapi umpan silang Iran ke arah Alberto "Beto" Concalves yang menunggu di depan gawang, berhasil dihadang kiper Chun Yuen Ho.

Malapetaka bagi tuan rumah terjadi menit ke-37 ketika Hok Ming Lau lolos dari jebakan offside dan menaklukkan Andritany di mulut kiri gawang. Pemain belaka Hansamu Yama tampak tidak menyadari Ming Lau yang berada di belakangnya dan lolos dari off side.

Pertarungan kemudian berlangsung keras, terutama pada menit-menit terakhir, tuan rumah sudah mendapat tiga kartu kuning. Yaitu kepada Hansamu Yama, Stefano Lilipaly dan I Putu Gede.***

Baca Juga

Kalah dari Thailand, Timnas Indonesia Langsung Fokus Hadapi Filipina

BANGKOK, (PR).- Timnas Indonesia setelah mengalami kekalahan dari Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu 17 November 2018 langsung fokus untuk menghadapi laga terakhir Piala AFF 2018 Grup B melawan Filipina di Jakarta, 25 November mendatang.

Timnas Indonesia Kini, Darah Muda Bikin Juara Bukan Cuma Mimpi

TAHUN ini mungkin jadi  tahunnya generasi muda Tim Nasional Indonesia. Mulai dari Timnas U-16 hingga U-23 di Asian Games 2018, semua menunjukkan performa yang ciamik, meskipun secara hasil bisa dibilang masih belum beruntung.

Timnas Indonesia Berjuang Perbaiki Tiga Kelemahan

JAKARTA, (PR).- Tiga kekurangan yang terlihat jelas di laga melawan Timor Leste di lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2018 kemarin, dinilai Pelatih Timnas Indonsia Bima Sakti harus bisa diperbaiki dalam waktu singkat.