Garuda Bandung Coret Pemain Asing Devin Matthews

Gary Jacobs/DOK GARUDA BANDUNG
GARY Jacobs tengah mengikuti latihan bersama Bank BJB Garuda Bandung di GOR C-Tra Arena, Kota Bandung, Rabu, 3 Januari 2018.*

BANDUNG, (PR).- Akibat tak tampil menjanjikan, tim Indonesian Basketball League (IBL)  musim 2017/2018 Bank BJB Garuda Bandung mengganti pebasket asingnya Devin Matthews dengan Gary Jacobs.

Asisten Manager Bank BJB Garuda Bandung M. Firman Wikrama mengatakan  performa Devin di tiga seri IBL yang telah dijalani kurang memuaskan sehingga manajamen dan staf pelatih menggantinya.

"Gary menggantikan posisi pemain asing sebelumnya yaitu Devin Matthews. Yang dianggap performanya belum menjanjikan dibeberapa seri sebelumnya. Gary berasal dari Amerika Serikat," ucap Firman di Bandung, Rabu, 3 Januari 2018.

Firman menambahkan, Gary bukanlah pemain asing baru di dunia basket Indonesia. Pasalnya, pada IBL musim 2016/2017 dia sempat membela NSH Jakarta. Bahkan, saat membela NSH Gary mampu mencetak rekor pemain asing pertama yang mampu mencegak 61 poin di satu pertandingan.

"Dulu dia sempat main di Indonesia, dia main untuk NSH Jakarta, di IBL musim 2016/2017. Semoga kehadirannya bisa membuat garuda semakin baik, dan target musim ini semoga bisa tercapai," katanya.

Hal senada dikatakan Asisten Pelatih Bank BJB Garuda Bandung Andri Syarel. Andri mengatakan masuknya Gary berdampak pada dicoretnya Devin. Itu karena, sesuai dengan regulasi pemain asing setiap tim tak boleh dari dua orang.

Saat ini, Garuda Bandung masih mempertahankan Roderick Flemings.

"Mengenai pemain asing pasti salah satunya yg diganti karena regulasi nya memang hanya boleh diganti satu orang saja. Pemain baru ini cepat beradaptasi dengan yang lainnya. Dan lagi yg baru ini sudah pernah bermain di klub IBL di season kemaren. Jadi kurang lebihnya dia sudah mengenal pemain-pemain Garuda," katanya.

Dia menambahkan, sebagai pelatih pihaknya sangat percaya dengan kemampuan Gary. Sebab, terpilihnya Gary karena yang bersangkutan memang mempunyai kemampuan sehingga mampu mengangkat performa Garuda Bandung.

"Kita berharap lebih baik dari pemain yang tergantikan. Kita memilih dia karena mempunyai kemampuan yg menurut kami bisa mengangkat performa team lebih baik pastinya. Dia juga highcareer point-nya di Indonesia musim lalu, dia cetak 61 poin. Jadi pemain yg bisa cetak angka segitu pasti punya  kelebihan yg dominan, apakah dari kecepatan, skill, atau yang lainnya," katanya.

Logo baru

Selain merekrut pemain asing baru, Garuda Bandung juga meluncurkan logo baru di awal tahun 2018 ini. Terdapat beberapa perubahan logo Garuda Bandung dibandingkan dengan logo yang dipakai.

Jika sebelumnya hanya ada gambar burung Garuda dan tulisan Garuda Bandung, kini berbeda. Logo Garuda Bandung dilengkapi beberapa elemen tambahan. Bola basket, tameng, Gedung Sate, dan angka 91 menghiasi logo baru Garuda Bandung.

Seperti diketahui Gedung Sate merupakan salah satu landmark khas Kota Bandung. Dan 91 adalah tahun berdirinya tim Garuda Bandung. 

Logo baru dan pemain asing baru Garuda Bandung tersebut akan tampil perdana di Seri 4 IBL mendatang. Sebagai informasi, Seri 4 IBl 2017/18 akan diselenggarakan di Jakarta, 4-6 Januari 2018. 

"Iya Gary kemungkinan akan diturunkan. Selebihnya head coach kami akan Control mengenai minute play-nya," tutur Syarel.***

Baca Juga

MVP IBL Musim Lalu Belum Bisa Angkat Garuda Bandung

JAKARTA, (PR).- Kedatangan pemain terbaik Indonesia Basketball League (IBL) musim lalu, Gary Jacobs, ternyata belum mampu mendongkrak permainan Garuda Bandung di Seri IV IBL Pertalite 2018.

Garuda Bandung Benahi Kepercayaan Diri

JAKARTA, (PR).- Ada dua hal yang menjadi fokus utama pembenahan Tim Garuda Bandung jelang memasuki paruh musim Indonesia Basketball League (IBL) Pertalite 2018.