Mencekamnya Tepi Barat dan Jalur Gaza Memprotes Status Jerusalem dalam 10 Foto

Demonstrasi anti Israel dan Amerika Serikat di Tepi Barat/REUTERS
WARGA Palestina melempar batu ke arah tentara Israel dalam bentrokan di Ramallah, Tepi Barat, Kamis 7 Desember 2017. Bentrokan pecah setelah Presiden Amerika Serikat Donadl Trump mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel.*

TIMUR Tengah di ambang titik didih setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan memindahkan kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Jeruslaem. Keputusan itu berarti juga Amerika Serikat mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Dunia Islam bereaksi dengan mengutuk. Hanya beberapa saat setelah keputusan itu dipublikasikan secara rsemi. 

Demonstrasi penentangan pecah di sejumlah tempat di Tepi Barat maupun Jalur Gaza. Hingga Kamis 7 Desember 2017, demonstrasi terus berlanjut dan berpotensi berlangsung dalam skala yang lebih besar dalam beberapa hari ke depan. 

Tak hanya orang dewasa, anak-anak dan perempuan pun turun ke jalan dalam demonstrasi itu. Sementara tentara Israel bereasksi dengan melepaskan tembakan gas ari mata dan melakukan sejumlah pengamanan guna meredam aksi tersebut.

Berikut ini 10 foto yang diambil fotografer Reuters yang menggambarkan gigihnya militansi warga Palsetina di Tepi Barat dan Jalur Gaza dalam menentang kebijakan itu.***

Baca Juga

Setahun Pemerintahan Donald Trump dan Dampaknya di Timur Tengah

HAMPIR setahun lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dibuat geram oleh tindakan pemerintah Amerika Serikat yang tidak menggunakan hak veto untuk menghentikan resolusi Dewan Keamanan PBB soal pemukiman Israel di tanah Palestina. 

Israel Sahkan RUU Hukuman Mati untuk Warga Palestina

JERUSALEM, (PR).- Parlemen Israel, Rabu 3 Januari 2018 memberikan persetujuan awal bagi rancangan undang-undang yang mengizinkan hukuman mati atas warga Palestina yang melakukan serangan terhadap negara tersebut.