Wamen Parekraf Akan Buka Debus Banten 2014

WAKIL Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR. Sapta Nirwandar (kanan) dan Plt Gubernur Banten, Rano Karno (kedua dari kiri) saat memberi penjelasan tentang Festival Debus 2014.*
MUNADY/PRLM
WAKIL Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR. Sapta Nirwandar (kanan) dan Plt Gubernur Banten, Rano Karno (kedua dari kiri) saat memberi penjelasan tentang Festival Debus 2014.*

JAKARTA, (PRLM).- Banten akan menggelar Festival Debus Banten 2014 yang berlangsung di kawasan Mercusuar, Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada 23 Agustus 2014. Menurut rencana, festival tersebut akan dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), DR. Sapta Nirwandar.

"Provinsi Banten sebagai provinsi yang relatif baru menempatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai andalan untuk memperoleh pemasukan. Provinsi ini punya potensi besar di bidang wisata, seperti sejarah kesultanannya," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR. Sapta Nirwandar yang didampingi Plt. Gubenur Banten, Rano Karno dan Kapolda Banten di ruang rapat lantai 17 Kementerian Parekraf, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Selain sejarah kesultanannya, lanjut Sapta, Banten pun punya objek wisata alam yang memikat. Seperti Pantai Carita dan Pantai Anyer, sudah banyak dikenal oleh pecinta wisata alam. Belum lagi keunikan seni budayanya. Ada masyarakat adat Baduy. Selain itu, ada seni tradisi pertunjukan debus. "Kalau orang menyebut debus, pasti akan teringat Banten," tambah Sapta.

Sementara Plt Gubernur Banten, Rano Karno mengatakan, penyelenggaraan festival debus sebagai upaya menarik wisatawan ke Banten. Wisatawan pun nantinya akan digiring melihat objek wisata lainnya, mulai dari pantai yang indah hingga ke hutan lindung yang ada di Banten.

"Pada pelaksanaan festival debus nanti, pengemasannya tidak secara keras. Adegan-adegan yang dipertontonkan jadi lebih indah. Tidak ada atraksi potong lidah. Semuanya disuguhkan secara menarik, apalagi yang nonton nanti banyak anak-anak," jelas Rano Karno.(Munady/A-147)***

Baca Juga

Beragam Even Seru Hadir di Festival Danau Tondano 2017

MINAHASA, (PR).- Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar agenda Festival Danau Tondano (Fesdaton) di kawasan Objek Wisata Benteng Moraya pada 27 Oktober-7 November 2017.

Pelukis Siluet di Talk Show Pas Mantab Hadir di ITB Asia 2017

SINGAPURA, (PR).- Ada warna baru di gerai Wonderful Indonesia yang tampil di ITB Asia 2017, Marina Bay Sands, Singapura, 25-27 Oktober 2017. Pelukis siluet yang pernah tampil di Talk Show Pas Mantab ikut diboyong ke Negeri Singa Putih.

Arief Yahya Serukan Revolusi Digital

JAKARTA, (PR).- Menteri Pariwisata Arief Yahya berbicara di forum Indonesia Tourism Outlook 2018. Acara yang digagas Forum Pariwisata (Forwapar) itu digelar di Grand ballroom DoubleTree by Hilton Jakarta, Rabu 1 November 2017.