SMPN 1 Katapang Kini tak Tergenang Banjir

SOREANG,(PRLM).- SMPN 1 Katapang, Kab. Bandung, yang selama puluhan tahun selalu tergenang banjir saat hujan kini bisa terbebas dari banjir. Pihak sekolah membuat ribuan lubang biopori dan kolam penampung sehingga bisa bebas dari banjir.

"Sampai tahun 2009 halaman dan ruang kelas selalu tergenang banjir ketika hujan deras turun," kata Kepala SMPN 1 Katapang, Agus Rahayu, di ruang kerjanya, Senin (5/5).

Menurut Agus, salah satu penyebab banjir akibat drainase di belakang sekolah ditutup pihak pabrik sehingga air masuk ke halaman dan ruang kelas. "Pihak sekolah kesulitan untuk mengeluarkan air yang masuk ke halaman dan ruang kelas karena drainase ditutup pihak pabrik," katanya.

Sebagai upaya mengatasi banjir, kata Agus, antara tahun 2009 sampai tahun 2012 pihaknya berupaya mengatasi genangan banjir itu. "Berbagai cara dilakukan agar sekolah tak tergenang karena kalau banjir akan membuat siswa libur," ujarnya.

Pihak sekolah akhirnya membangun saluran air di depan ruangan kelas lalu disalurkan ke kolam penampungan. "Kami juga membuat ribuan biopri agar air hujan masuk ke biopori sekaligus mengurangi genangan air," katanya.

Kolam penampungan akan mengalirkan air ke saluran air di bagian depan sekolah apabila sudah penuh. "Dalam sejam genangan air habis kembali sehingga tidak terjadi banjir," katanya.(Sarnapi/A-107)***

Baca Juga

Dream Action, Ajang Untuk Cari Beasiswa Dan Seminar Enterpreneur

CIMAHI, (PR).- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi menggandeng platform No. 1 Pariwisata Indonesia GenPI.co menggelar ajang Dream Action. Kegiatan tersebut dapat menjembatani para lulusan untuk mendapat beasiswa dalam maupun luar negeri.

Orasi Ilmiah Jusuf Kalla di Unisba Diwarnai Aksi Mahasiswa

BANDUNG, (PR).- Orasi ilmiah Wapreas Jusuf Kalla ini diwarnai dengan aksi mahasiswa. Beberapa mahasiswa yang duduk di antara tamu undangan dengan mengenakan jaket almamater Unisba menutup mulutnya dengan lakban hitam.

UGM-ITB-UI Terkoneksi Melalui Awan

YOGYAKARTA, (PR).- Kemajuan teknologi awan (cloud) menjadi infrastruktur yang menghubungkan tiga laboratorium di tiga universitas terbesar di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institutut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indo