Jawa Barat Berjaya di Kejurnas Taekwondo

BANDUNG, (PRLM).- Tim Taekwondo Jawa Barat mampu mewujudkan targetnya setelah menjadi juara umum keseluruhan, pada Kejuaraan Nasional Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo Kyorugi dan Poomase, di Sports Hall Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Minggu (4/5/2014).

Jabar tampil sebagai yang terbaik setelah mengumpulkan total poin 251, sedangkan Jawa Tengah harus puas menjadi runner up setelah hanya mengumpulkan 156 poin, diikuti DKI Jakarta pada peringkat ketiga dengan 131 poin.

Jawa Barat juga menjadi juara umum pada nomor poomsae dan kyorugi mengalahkan rival-rival abadinya sperti Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur. Pada nomor Kyorugi Jabar mengumpulkan 13 medali emas, 11 medali perak, dan 6 medali perunggu.

Pada peringkat kedua kembali ditempati Jawa Tengah yang mengumpulkan 7 emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Begitu juga DKI Jakarta yang berada pada peringkat ketiga dengan 5 emas, 3 perak, dan 10 perunggu.

Sementara pada Poomsae Jawa Barat juga menempati peringkat teratas dengan 7 emas dan 2 perunggu. Peringkat kedua diraih Jawa Tengah dengan raihan 1 emas, 2 perak, dan 5 perunggu, diikuti Kalimantan Timur pada peringkat ketiga dengan 1 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Pada hari terakhir pelaksanaan Kejurnas, Jabar meraih tambahan 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Tiga medali emas untuk Jawa Barat diraih oleh Aggie Seftyan Prasbowo yang turun pada nomor kyorugi senior putra -58 kilogram.

Di final Aggie mengalahkan atlet taekwondo Kalimantan Timur Aditya Maulana yang meraih medali perak, sedangkan medali perunggu diraih atlet Yogyakarta Rangga Barrera dan Kalimantan Barat melalui Ary Ibrahim Aji.

Medali emas lainnya diraih melalui nomor kyorugi senior putra -68 kg putra melalui Fauzi Syahria Zein. Fauzi mampu menang telak 16-8 atas atlet taekwondo Jateng Satria Ilham. Medali perunggu nomor ini diraih Glen Thio (Maluku) dan Hendra Dwi Santoso (Bali).

Emas terakhir yang disumbangkan Jawa Barat diraih oleh Muhammad Lutfi Pamungkas yang bertarung pada nomor kyorugi senior putra -74 kg.

Lutfi unggul atas atlet Kalimantan Timur M Teguh Prakoso yang harus membawa pulang medali perak. Jatim dan Jambi hanya meraih medali perunggu melalui Irwan Wahyudi dan Oky Yusnika.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jawa Barat Benny R Gautama mengaku sangat bangga atas orestasi yang diraih Jawa Barat hingga bisa meraih gelar juara umum di Kejurnas.

"Saya sangat puas dengan hasil yang dicapai anak-anak, karena sesuai dengan prediksi bahkan melebihi ekspetasi. Alhamdilillah kita sukses dari segi prestasi. Mudah-mudahan hasil ini berlanjut untuk 2016, saat PON XIX digelar," ujarnya. (Irfan Subhan/A-89)***

Baca Juga

atty tochija

Atlet Legenda Luar Negeri Siap Meriahkan PON

CIMAHI, (PR).- Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX – Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016, saat ini tengah melakukan penjajakan untuk menghadirkan atlet legendaris luar negeri yang telah mendunia.

Kevin/Marcus Berpeluang Geser Angga/Ricky ke Olimpiade

JAKARTA, (PR).- Gelar juara ganda putra di India Open Super Series 2016 membuka peluang pasangan muda Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon untuk menjadi pendamping Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan menuju Olimpiade Rio 2016, 5-21 Agustus mendatang.

KONI Jabar, Pelatda, PON

KONI Jabar Evaluasi Pelatda PON

BANDUNG, (PR).- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat mengevaluasi hasil yang telah diraih oleh tim Pemusatan Latihan daerah (Pelatda ) PON XIX/2016 Jawa Barat.

150 Petarung Muaythai Berlaga di Piala Wakil Presiden

SUBANG, (PR).- 150 petarung muaythai dari 21 Pengprov se-Indonesia berlaga di Liga Nasional Muaythai Seri 5 tahun 2016 yang berlangsung di GOR Gotong Royong Kabupaten Subang. Mereka bertanding di lima kelas memperebutkan Piala Wakil Presiden mulai 7 - 10 April 2016.