Kesbang Perjuangkan Pencairan Honor Untuk Linmas

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).- Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Kesbang Linmas dan PB) Kab. Sumedang, sedang memperjuangkan pencairan honor bagi ribuan petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) untuk membantu penyelenggaraan Pileg (Pemilihan Legislatif) 9 April nanti. Upaya itu, sehubungan honor Pileg untuk 3.736 orang petugas Linmas hingga kini belum jelas pencairannya.

“Para petugas Linmas yang belum mendapatkan honor, tak perlu resah sebab kami masih memperjuangkan supaya honornya segera cair. Bahkan tadi sudah dirapatkan oleh Pak Sekda. Mudah-mudahan, hari ini ada titik terang sehingga honornya bisa secepatnya cair. Oleh sebab itu, saya menghimbau kepada para petugas Linmas untuk tetap bertugas seoptimal mungkin guna kesuksesan Pileg,” kata Kepala Badan Kesbang Linmas dan PB Kab. Sumedang, H. Asep Sudrajat, di kantornya, Rabu (2/4/2014).

Asep menyebutkan, 3.736 orang petugas Linmas yang belum mendapatkan honor tersebut, khusus yang dibiayai dari APBD Kab. Sumedang. Mereka bertugas membantu keamanan, ketertiban dan kelancaraan penyelenggaraan Pileg di wilayah kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan.

Contohnya, membantu pengamanan dan pengangkutan kotak dan bilik suara di PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Selain itu juga, membantu pengamanan mengangkut kotak dan bilik suara pascapemungutan suara, termasuk membantu kelancaran perhitungan suara di PPS dan PPK.

“Dari 3.736 orang Linmas tersebut, masing-masing di wilayah desa/kelurahan sebanyak 2.830 orang, di kecamatan 806 orang dan kabupaten 100 orang,” ujarnya.

Sementara untuk petugas Linmas yang bertugas di TPS, kata dia, honornya dinilai aman dan sudah dialokasikan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kab. Sumedang yang bersumber dari APBN.

Jumlah Linmas yang bertugas di TPS sebanyak 4.716 orang dan masing-masing TPS dijaga 2 orang Linmas. Honornya Rp 200.000 per orang. “Kalau sudah cair, honor Linmas dari APBD pun sama Rp 200.000 per orang,” tutur Asep.

Lebih jauh dia menambahkan, petugas Linmas yang bertugas membantu keamanan dan kelancaran penyelenggaraan Pileg, mulai bertugas H-5 sampai H+5 Pileg 9 April. Tugas pengamanan Linmas, di bawah kendali operasi Polres Sumedang.

“Nanti juga ada gelar pasukan pengamanan Pileg 2014 oleh Polres Sumedang yang melibatkan para petugas Linmas. Mudah-mudahan dengan keterlibatan petugas Linmas, penyelenggaraan Pileg bisa berjalan sukses,” katanya. (A-67/A-89)***

Baca Juga

Menteri Marwan Ancam Cabut Anggaran untuk Jabar

JAWA BARAT
PURWAKARTA, (PRLM).- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mengkritik kinerja Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan yang lambat dalam mengumumkan pendamping desa yang lolos tes.
 

Antisipasi Banjir, Warga Tanam Pohon di Tepi Sungai

JAWA BARAT
BOGOR, (PRLM).- Guna mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Komunitas Peduli Ciliwung dan kelompok tani SEHATI yang bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BAPEDAS) Citarum-Ciliwung menanam ribuan pohon di Desa Cipayung Girang, Kecaamatan Megamendung, Kabupaten

Desa Cicadas dan Kecamatan Kasomalang Jadi Pengelola Raskin Terbaik

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Tim Desa Cicadas Kecamatan Binong dinobatkan sebagai pengelola raskin terbaik tingkat desa/kelurahan se-Kabupaten Subang. Sedangkan tingkat kecamatan, pengelola raskin terbaik diraih Kasomalang.

Penyerapan Anggaran Kab. Subang 2015 Lebih Rendah Dibanding 2014

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Penyerapan anggaran Kabupaten Suabang tahun 2015 tak sesuai harapan, lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2014. Apabila tahun 2014 lalu anggaran yang terserap di atas 92 persen, tahun 2015 lebih rendah di bawah 90 persen.