Headlines
World Press Photo 2013

Foto Jurnalistik Terbaik Dunia

JOHN STANMEYER/ REUTERS/"PRLM"
JOHN STANMEYER/ REUTERS/"PRLM"
JOHN Stanmeyer, fotografer AS yang bekerja untuk agensi VII yang ditugasi untuk National Geographic, menang dengan gambar migran Afrika di tepi kota Djibouti pada malam hari diambil 26 Februari 2013.*

AMSTERDAM, (PRLM).- Foto  karya fotografer National Geographic, John Stanmeyer, berjudul "Signal" dalam kontes fotografi jurnalistik World Press Photo 2013 terpilih sebagai "Photo of the Year" .

Foto bidikan John Stanmeyer saat meliput perjalanan para imigran gelap Afrika, menggambarkan sekelompok imigran Afrika yang mengangkat ponsel di bawah temaram sinar rembulan di pantai Djibouti untuk mencari sinyal dari negara tetangga, Somalia.

Setiap tahun ribuan warga benua hitam itu, kebanyakan dari Somalia, Ethiopia, dan Eritrea, sebelum menyeberang ke Eropa atau Timur Tengah untuk mencari kehidupan lebih layak singgah di Djibouti. Namun, ratusan orang kerap tewas dalam upaya tersebut.

Anggota juri Jillian Edelstein mengatakan tentang gambar pemenang, "Ini adalah foto yang terhubung ke begitu banyak cerita  lainnya, membuka diskusi tentang teknologi, globalisasi, migrasi, kemiskinan, keputusasaan, keterasingan, kemanusiaan. Ini adalah citra kuat bernuansa sangat canggih. Hal ini dilakukan begitu halus, begitu puitis, namun sarat makna, menyampaikan masalah yang besar dan kepedulian di dunia saat ini".*

Kontes fotografi jurnalistik World Press Photo 2013 terbagi dalam sembilan kategori, yakni General News, Spot News, Comtemporary Issues, Daily Life, Observed Portraits, Staged Portraits, Nature, Sport Action, dan Sport Feature.

Para pemenang pertama dari masing-masing kategori memperoleh hadiah uang 1.500 Euro. Sedangkan foto terbaik atau 'Photo of the Year' berhak atas hadiah uang 10.000 Euro plus kamera DSLR profesional dari Canon.

Semua foto dari pemenang kontes ini akan ditampilkan pada pameran foto keliling di 100 kota di lebih dari 40 negara selama setahun penuh yang akan dimulai dari Kota Amsterdam, Belanda pada 18 April 2014 mendatang. (rtr/dwi/A-88)***

 

Foto-foto pemenang kontes fotografi jurnalistik World Press Photo 2013 lainnya:

kontes02

Alessandro Penso, fotografer Italia yang bekerja untuk OnOff Picture, memenangkan Hadiah pertama kategori General News Single, denga foto mengenai penampungan sementara bagi para pengungsi Suriah di Sofia, diambil 21 November 2013.

kontes03

William Daniels,fotografer Perancis yang bekerja untuk Panos Pictures yang mendapat tugas dari Time, memenangkan hadiah kedua General News dengan serial foto yang mencakup demonstran berkumpul di jalan-jalan Bangui diambil pada tanggal 17 November 2013.

kontes04

Phillipe Lopez, fotografer Perancis yang bekerja untuk Agence France-Presse , memenangkan hadiah pertama Spot News dengan foto korban topan Haiyan berbaris dalam prosesi keagamaan di Tolosa, Filipina, diambil 18 November 2013.

kontes05

Goran Tomasevic, fotografer yang bekerja untuk Reuters Serbia , memenangkan Juara 1 kategori Spot News Story dengan serial gambar yang mencakup ini salah satu pejuang pemberontak Suriah berlindung di tengah puing-puing terbang dan pecahan peluru setelah ditembak tank di lingkungan Ain Tarma, Damaskus, diambil 13 Januari 2013. 

kontes06

Tyler Hicks, fotografer AS yang bekerja untuk The New York Times memenangkan posisi kedua kategori Spot News Storydengan serial gambar yang meliputi satu ini dari wanita dan anak-anak bersembunyi di Westgate mall di Nairobi, Kenya, 21 September 2013. Mereka lolos tanpa cedera setelah sejumlah pria bersenjata telah melepaskan tembakan di mall kelas atas di Nairobi.

kontes07

Christopher Vanegas, fotografer Meksiko bekerja untuk La Vanguardia/El Wali memenangkan posisi ketiga Contemporary Issues Single dengan foto polisi tiba di TKP, di mana dua mayat menggantung dari jembatan, tiga lainnya berada di lantai di Saltillo, Meksiko, diambil 8 Maret 2013.

kontes08

Sara Naomi Lewkowicz, fotografer AS yang bekerja untuk Time memenangkan posisi pertama Contemporary Issues Stories dengan serial foto yang mencakup kekerasan dalam rumah tangga di Lancaster, Amerika Serikat, diambil 17 November 2012. 

kontes09

Julius Schrank, fotografer Jerman yang bekerja untuk De Volkskrant memenangkan posisi pertama Kehidupan Sehari-hari, pejuang Tentara Kemerdekaan Kachin minum dan merayakan di pemakaman salah satu komandan mereka yang meninggal sehari sebelumnya, di Burma, 15 Maret 2013. 

kontes10

Fred Ramos, fotografer El Salvador untuk El Faro memenangkan posisi pertama Kehidupan Sehari-hari. fotonya adalah salah satu pakaian dari perempuan tak dikenal ditemukan di sebuah perkebunan gula di Apopa, San Salvador, El Salvador, yang diambil 10 Agustus 2013.

kontes11

Andrzej Grygiel, fotografer yang bekerja untuk Polandia PAP - Polska AGENCJA Prasowa memenangkan juara kedua aksi Olahraga tunggal, di mana seorang pemain ski bersaing pada slalom di Szczyrk, diambil 24 Maret 2013.

kontes12

Quinn Rooney, fotografer Australia yang bekerja untuk Getty Images memenangkan piala ketiga aksi Olah raga dengan serial gambar yang mencakup satu ini Daniel Arnamnart asal Australia bersaing dalam gaya punggung pria 100 meter selama hari dua di Kejuaraan Renang Adelaide, Australia, yang diambil 27 April 2013.

kontes13

Peter Holgersson, fotografer lepas waktu Swedia memenangkan juara pertama Fitur Olah Raga dengan serial gambar yang mencakup satu ini Nadja Casadei, seorang atlet heptathlon didiagnosis dengan kanker, sebelum pengobatan terakhir di Lidingo, Swedia, diambil 19 Desember 2013. 

kontes14

Markus Schreiber, fotografer Jerman yang bekerja untuk The Associated Press memenangkan juara pertama People - Diamati Portraits kategori Single dengan gambar seorang wanita bereaksi kecewa setelah akses untuk melihat mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela ditutup pada hari ketiga dan terakhir dari petinya disemayamkan  negara , di luar Union Buildings di Pretoria, Afrika Selatan, 13 Desember 2013.

kontes15

Carla Kogelman, fotografer lepas Belanda memenangkan juara pertama People - Cerita Portraits Teramati dengan serial gambar yang mencakup satu ini Hannah dan Alena , dua saudara perempuan yang tinggal di pedesaan Merkenbrechts, Austria , diambil 19 Juli 2012. 

kontes16

Brent Stirton, fotografer Afrika Selatan yang bekerja untuk Liputan Getty Images memenangkan juara pertama Foto Bertahap kategori tunggal dengan gambar sekelompok anak laki-laki albino buta di kamar kos mereka di sekolah misi Vivekananda untuk orang buta di Bengal Barat, diambil 25 September 2013.

kontes17

Denis Dailleux, fotografer Perancis yang bekerja untuk Agence Vu memenangkan juara kedua Foto Bertahap kategori tunggal dengan gambar yang meliputi satu ini, Ali, binaragawan muda Mesir, berpose dengan ibunya di Kairo 3 Februari 2011.

kontes18

Christian Ziegler, fotografer Jerman yang bekerja untuk National Geographic Magazine memenangkan posisi ketiga alam untuk serial gambar yang meliputi ini salah satu bonobo usia lima tahun dekat Kokolopori Bonobo Cadangan di Republik Demokratik Kongo diambil 25 Januari 2011. 

kontes19

Steve Winter, fotografer AS yang bekerja untuk National Geographic , memenangkan Hadiah utama Stories Nature dengan serial gambar yang mencakup satu ini cougar yang berjalan jejak di Griffith Park, Los Angeles ditangkap oleh kamera trap 2 Maret 2013.

 

Customize This