Harga Cabai dan Ikan di Kabupaten Subang Melonjak

SUBANG, (PRLM).- Harga sejumlah komoditas kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional Kabupaten Subang, seperti cabai hingga ikan mengalami lonjakan, selama berlangsungnya musim hujan.

Selain hasil panen petani kurang bagus, melonjaknya harga juga dipengaruhi cuaca karena beberapa komoditas menjadi cepat busuk.

Dari sejumlah komoditas yang harganya mengalami kenaikan cukup tinggi, di antaranya cabai rawit dari asalnya Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 45 ribu per kilogram.

"Sejak musim hujan selama januari hingga februari ini, banyak kebutuhan sehari-hari harganya naik," ujar pedang sayuran di pasar inpres Subang, Siti (35), Selasa (11/2/2014).

Dia menjelaskan harga cabai rawit selama musim hujan harganya terus naik, hingga Selasa sudah mencapai Rp 45 ribu per kilogram, dan cabai keriting asalnya Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Sedangkan bawang merah dari harga Rp 18 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu per kilogram.

Dia mengatakan penyebab pasti kenaikannya tidak mengetahui persis, tetapi dari informasi yang diperolehnya karena hasil panen petani kurang bagus karena tingginya curah hujan. Faktor cuaca tersebut membuat komoditas menjadi cepat busuk, seperti sayuran dan cabai.

Kenaikan harga juga terjadi pada berbagai jenis ikan, baik laut maupun tawar. Hal itu dikatakan pedagang Ikan di Pasar Pujasera, Anah (40).

Dia mengatakan banyaknya ikan yang mati di pembudidaya ikan di jaring terapung Cirata dan Jatiluhur, mempengaruhi harga jual ikan dipasaran.

Misalnya, ikan mas biasanya dijual Rp 25 ribu per kilogram kini sudah mencapai Rp 32 ribu per kilogram, ikan nila asalnya Rp 22 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

"Bukan hanya ikan tawar, harga ikan laut juga naik. Misalnya, cumi asalnya Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram," katanya.

Selain itu udang ukuran kecil asalnya Rp 20 ribu per kilogram, terus naik dan kini sudah mencapai Rp 48 ribu per klogram," ujar Nana (35) pedagang ikan laut.(A-116/A-89)***

Baca Juga

Indonesia Pasar Perbankan Potensial Bagi Bank Asing

BOGOR, (PR).- Besarnya populasi Indonesia merupakan pasar potensial perbankan bagi bank-bank asing. Sementara bank-bank di dalam negeri masih fokus ke pasar domestik dan belum membuka diri untuk mencari pasar di luar.

Buka Lowongan, PLN Akan Rekrut 6.056 Pegawai

BANDUNG, (PR).- Mengejar target rekrutmen pegawai, PT PLN (Persero) akan berpartisipasi dalam Titian Karir Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Bursa Karir Institut Teknologi Surabaya (ITS) ke-33. Tahun ini PLN menargetkan untuk merekrut sebanyak 6.056 pegawai.

Ini Jajaran Direksi Garuda Indonesia yang Baru

JAKARTA, (PR).- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memiliki jajaran direksi yang baru. Mereka diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Auditorium Gedung Manajemen Garuda City Center, Cengkareng, Rabu 12 April 2017.