Headlines

Dewi Yul Siap Meriahkan MTQ Jabar di Kuningan

TOTO SANTOSA/"PRLM"
TOTO SANTOSA/"PRLM"
PEMBUKAAN MTQ tingkat Jawa Barat tahun 2014, menurut rencana bakal dipusatkan di halaman terbuka depan Masjid At-Taufiq di komplek KIC Kabupaten Kuningan, 23 Maret 2014 mendatang. Kuningan, kini tengah bersolek mempersiapkan diri sebagai tuan rumah MTQ tingkat Jabar itu.*

KUNINGAN, (PRLM).- Artis kawakan Dewi Yul, menyatakan siap turut memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Jawa Barat, yang pada tahun 2014 ini bakal dipusatkan di Kabupaten Kuningan, pada 23-29 Maret 2014 mendatang.

Dewi Yul yang bakal membawakan lagu-lagu bernafaskan islami, dijadwalkan berkolaborasi atau diiringi dengan grup band siswa SLB Taruna Mandiri Kuningan.

Pada pelaksanaan MTQ tingkat Jabar tahun ini di Kuningan, berbeda dengan MTQ di daerah lain karena di Kuningan tidak bakal menggunakan masjid dengan alasan jangan sampai mengganggu orang yang hendak menunaikan shalat di masjid.

Kesediaan Dewi Yul pada MTQ Jabar di Kuningan itu, karena dia ada kedekatan pertemanan dengan Bupati Kuningan Utje Ch Suganda. “Kami juga sudah berbicara langsung dengan Ibu Dewi Yul, dan ia ingin diiringi grup band para siswa Sekolah Luar Biasa Taruna Mandiri Kuningan yang pernah menjadi juara tingkat nasional,” tutur Kepala Bagian Kesra Pemkab Kuningan, Toto Toharuddin, Kamis (6/2/2014).

Selama pelaksanaan MTQ, kata Toto Toharuddin, selain bakal digelar pameran hasil pembangunan keagamaan dari 27 kabupaten/kota se Jawa Barat dan stand dari provinsi juga bakal hadir peserta pameran dari Kabupaten Brebes dan Cilacap sebagai wakil daerah perbatasan grup “Kuningan Summit”.

Pameran tersebut, diprakarsai Dekranasda yang dipusatkan di Pandapa Paramartha Kuningan, juga setiap hari digelar panggung kesenian sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

Dijelaskannya pula, tempat pelaksanaan MTQ tingkat Jabar tahun 2014 semula ada dua kabupaten yang menyatakan kesediaannya yakni Kuningan dan Kabupaten Bogor. Namun, Kuningan dipilih karena dinilai lebih siap dan keinginan dari pihak pemerintah daerah untuk melaksanakan event tingkat provinsi. “Kuningan pernah sebagai tempat pelaksanaan MTQ tingkat Jabar tahun 1995, dan target tahun ini hanya ingin menjadi pelaksana terbaik. Tidak ditargetkan untuk menjadi juara umum walaupun sebagai tuan rumah, tapi kalau layak kenapa tidak,” kata Toharuddin.

Saat ini, Kuningan pun terus berbenah diri dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun kepada pihak-pihak terkait. Sedikitnya diperkirakan sebanyak 2.700 kafilah (peserta dan ofisial) yang bakal hadir ke Kuningan, mereka memerlukan tempat menginap selain sejumlah hotel yang tersedia, juga pihak panitia menyiapkan sejumlah rumah penduduk dan kos-kosan dan diperhitungkan seluruh peserta dapat ditampung.

Berdasarkan data di panitia lokal, ada tujuh kecabangan yang bakal dilombakan pada MTQ tingkat Jabar tersebut, dengan lokasi sbb: Tilawah dewasa/Qira’at Saba’ah bertempat di panggung utama Kuningan Islamic Centre (KIC) Jl. Soekarno, Tilawah anak di Gedung Serbaguna Kelurahan Ciporang di Jl. RE.Martadinata, Tilawah Remaja/Canet di Gedung Serbaguna Kelurahan Purwawinangun Jl.Pramuka dan Murotal di Gedung BAZIS Jl. Ir.H.Juanda Kuningan.

Sedangkan Tahfidz 1-5 Juz bertempat di lantai bawah Masjid Syiarul Islam Jl. Siliwangi, Tahfidz 10-20 di Gedung IPHI Jl. Ir.H. Juanda, 30 Juz dan Tafsir bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Cijoho Jl. RE.Martadinata, MFQ (cerdas cermat) dan MSQ di Gedung KNPI Jl. Arya Kamuning, Kaligrafi di GOR Ewangga Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra dan SMA Kosgoro serta cabang M2IQ (menulis makalah ilmiah Alquran) bertempat di Kampus Uniku Jl. Windusengkahan Kuningan.(A-164/A_88)***