PJU Kota Solo Diganti "Listrik Pintar" Hemat Energi

SOLO, (PRLM).-Memasuki tahun 2014 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan penghematan energi listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) dengan mengganti lampu-lampu yang selama ini menyedot catudaya tinggi.

Sebanyak 200-an lampu hemat energi yang disebut "listrik pintar" hasil rekayasa Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM), kini diujicoba di sepanjang jalan protokol, Jl. Slamet Riyadi Solo.

"Kemen ESDM membantu Pemkot Solo 200 titik lampu untuk diujicoba. Kalau uji coba beberapa bulan ini menunjukkan hasil positif akan dikembangkan lebih luas," ujar Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Sabtu (1/2/14).

Pelaksanaan uji coba 200 titik lampu tersebut, menurut Rudy, bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya tahan lampu, serta memantau fungsi perangkat pengatur penggunaan catudaya.

Dia mengungkapkan, dengan perangkat pengatur catudaya pada "listrik pintar" tersebut, dapat diatur pencahayaan lampu dari cahaya penuh pada saat diperlukan dan cahaya minimal saat tidak dibutuhkan.

"PJU dengan listrik pintar itu diatur, mulai pukul 22.00 cahaya lampu akan turun sampai 50%. Kalau asumsi perhitungan penggunaan dayanya masih seperti yang lama, setidaknya akan terjadi penghematan biaya hampir separuhnya," jelasnya.(Tok Suwarto/A-107).***

Baca Juga

Seorang WNI Dipulangkan Setelah Ditahan di Mekkah

JAKARTA, (PR).- Warga negara Indonesia (WNI) bernama Sarman Parto Pai (80) asal Rembang, Jawa Tengah dipulangkan kembali ke Tanah Air setelah ditahan selama enam bulan di penjara di Mekkah, Arab Saudi.

#KlipingPR Kesepakatan Nyepi dan Awal Puasa

28 Maret 1990. Hari raya nyepi pada tahun 1990 silam, jatuh pada tanggal 27 Maret. Yang menarik, saat itu, Hari raya nyepi bertepatan dengan awal bulan ramadan.

Truk Tangki Pengangkut BBG Terguling di Sentolo

SOLO, (PR).- Truk tangki pengangkut bahan bakar gas yang disebut skid tank berkapasitas 15 MT (Metric Ton) milik Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) PT Sekawan Maju Mapan, Solo, Kamis 30 Maret 2017 siang terguling di Jl. Yogyakarta-Wates Km 19, kawasan Sentolo, Kab.