PJU Kota Solo Diganti "Listrik Pintar" Hemat Energi

NASIONAL

SOLO, (PRLM).-Memasuki tahun 2014 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan penghematan energi listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) dengan mengganti lampu-lampu yang selama ini menyedot catudaya tinggi.

Sebanyak 200-an lampu hemat energi yang disebut "listrik pintar" hasil rekayasa Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM), kini diujicoba di sepanjang jalan protokol, Jl. Slamet Riyadi Solo.

"Kemen ESDM membantu Pemkot Solo 200 titik lampu untuk diujicoba. Kalau uji coba beberapa bulan ini menunjukkan hasil positif akan dikembangkan lebih luas," ujar Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Sabtu (1/2/14).

Pelaksanaan uji coba 200 titik lampu tersebut, menurut Rudy, bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya tahan lampu, serta memantau fungsi perangkat pengatur penggunaan catudaya.

Dia mengungkapkan, dengan perangkat pengatur catudaya pada "listrik pintar" tersebut, dapat diatur pencahayaan lampu dari cahaya penuh pada saat diperlukan dan cahaya minimal saat tidak dibutuhkan.

"PJU dengan listrik pintar itu diatur, mulai pukul 22.00 cahaya lampu akan turun sampai 50%. Kalau asumsi perhitungan penggunaan dayanya masih seperti yang lama, setidaknya akan terjadi penghematan biaya hampir separuhnya," jelasnya.(Tok Suwarto/A-107).***

Baca Juga

Pelabuhan Adikarto Dioperasikan Tahun 2016

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulonprogo dapat dioperasikan mulai awal 2016.

Kekeringan, Ratusan Hektar Sawah di Cilacap Terancam Gagal Panen

NASIONAL

CILACAP, (PRLM).- Ratusan hektere sawah tadah hujan di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah terancam gagal panen, akibat kekeringan.

Muktamar Ke-47 Muhammadiyah

Muhammadiyah Lakukan Jihad Konstitusi

NASIONAL

MAKASSAR, (PRLM).- Selain dakwah kepada kemajuan, Gerakan Pencerahan Muhammadiyah harus berlandaskan amar makruf nahyi mungkar. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, kedua hal tersebut merupakan prasyarat kemenangan.

Mahasiswi Diperkosa Teman Facebook

NASIONAL
PEKANBARU, (PRLM).- Seorang mahasiswi di Pekanbaru, Riau menjadi korban pemerkosaan. Korbannya sebut saja Mawar (17). Mawar terperdaya setelah pelakunya memberinya minuman yang diberi obat penenang. Belakangan diketahui pelaku adalah teman yang belum lama kenal korban lewat Facebook.