PJU Kota Solo Diganti "Listrik Pintar" Hemat Energi

NASIONAL

SOLO, (PRLM).-Memasuki tahun 2014 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan penghematan energi listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) dengan mengganti lampu-lampu yang selama ini menyedot catudaya tinggi.

Sebanyak 200-an lampu hemat energi yang disebut "listrik pintar" hasil rekayasa Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM), kini diujicoba di sepanjang jalan protokol, Jl. Slamet Riyadi Solo.

"Kemen ESDM membantu Pemkot Solo 200 titik lampu untuk diujicoba. Kalau uji coba beberapa bulan ini menunjukkan hasil positif akan dikembangkan lebih luas," ujar Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Sabtu (1/2/14).

Pelaksanaan uji coba 200 titik lampu tersebut, menurut Rudy, bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya tahan lampu, serta memantau fungsi perangkat pengatur penggunaan catudaya.

Dia mengungkapkan, dengan perangkat pengatur catudaya pada "listrik pintar" tersebut, dapat diatur pencahayaan lampu dari cahaya penuh pada saat diperlukan dan cahaya minimal saat tidak dibutuhkan.

"PJU dengan listrik pintar itu diatur, mulai pukul 22.00 cahaya lampu akan turun sampai 50%. Kalau asumsi perhitungan penggunaan dayanya masih seperti yang lama, setidaknya akan terjadi penghematan biaya hampir separuhnya," jelasnya.(Tok Suwarto/A-107).***

Baca Juga

Polri Terjunkan 14.676 Personel Pada Operasi Ketupat

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Ketupat untuk mengamankan pelaksanaan libur Idul Fitri 1436 H tahun 2015 ini, dengan mengerahkan sebanyak 14.676 personel.

Besok, Sutiyoso Serah Terima Jabatan

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Setelah dilantik menjadi Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) hari ini, Sutiyoso akan serah terima jabatan dengan Kepala BIN Marciano Norman.

KPK Ajak Pemda Cegah Korupsi Sejak Usia Dini

NASIONAL

SURABAYA, (PRLM).- Pada acara penyerahan 1.000 alat peraga permainan anti korupsi kepada guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Balai Kota Surabaya, Rabu (8/7/2015), KPK mengingatkan bahwa upaya pencegahan merupakan langkah efektif dalam upaya pemberantasan korupsi.

Pangarmabar Resmikan Pomal Koarmabar

NASIONAL
PANGLIMA Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI.A.Taufiq. R meresmikan Polisi Milter Koarmabar.*

JAKARTA, (PRLM).- Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI.A.Taufiq.