PJU Kota Solo Diganti "Listrik Pintar" Hemat Energi

SOLO, (PRLM).-Memasuki tahun 2014 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan penghematan energi listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) dengan mengganti lampu-lampu yang selama ini menyedot catudaya tinggi.

Sebanyak 200-an lampu hemat energi yang disebut "listrik pintar" hasil rekayasa Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM), kini diujicoba di sepanjang jalan protokol, Jl. Slamet Riyadi Solo.

"Kemen ESDM membantu Pemkot Solo 200 titik lampu untuk diujicoba. Kalau uji coba beberapa bulan ini menunjukkan hasil positif akan dikembangkan lebih luas," ujar Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Sabtu (1/2/14).

Pelaksanaan uji coba 200 titik lampu tersebut, menurut Rudy, bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya tahan lampu, serta memantau fungsi perangkat pengatur penggunaan catudaya.

Dia mengungkapkan, dengan perangkat pengatur catudaya pada "listrik pintar" tersebut, dapat diatur pencahayaan lampu dari cahaya penuh pada saat diperlukan dan cahaya minimal saat tidak dibutuhkan.

"PJU dengan listrik pintar itu diatur, mulai pukul 22.00 cahaya lampu akan turun sampai 50%. Kalau asumsi perhitungan penggunaan dayanya masih seperti yang lama, setidaknya akan terjadi penghematan biaya hampir separuhnya," jelasnya.(Tok Suwarto/A-107).***

Baca Juga

Ini 13 Menteri Baru Pilihan Jokowi

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo mengumumkan 13 nama-nama menteri baru di Kabinet Kerja di Halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 27 Juli 2016.

Archandra Diminta Bangun Kemandirian Energi

JAKARTA (PR).- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar tidak pernah menyangka akan menjadi seorang menteri karena tidak pernah mengimpikan posisi itu. Namun, Presiden Joko Widodo memintanya menggantikan posisi Sudirman Said.

Basarnas Unjuk Gigi di Forum Internasional

YOGYAKARTA, (PR).- Badan SAR Nasional Indonesia unjuk gigi di depan perwakilan dari sejumlah negara-negara di Asia Pasifik saat menggelar simulasi penyelamatan dan pencarian korban bencana gempa bumi yang dilangsungkan di lapangan Jombor, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu

Jelang Eksekusi, Keluarga Datangi Nusakambangan

CILACAP, (PR).- Beberapa jam sebelum pelaksanaan eksekusi mati jilid ke-3 di Nusakambangan, kamis 28 Juli 2016 malam ini, rombongan keluarga, pengacara, dan jaksa eksekutor masuk ke Nusakambangan melalui Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah.