PJU Kota Solo Diganti "Listrik Pintar" Hemat Energi

SOLO, (PRLM).-Memasuki tahun 2014 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan penghematan energi listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) dengan mengganti lampu-lampu yang selama ini menyedot catudaya tinggi.

Sebanyak 200-an lampu hemat energi yang disebut "listrik pintar" hasil rekayasa Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM), kini diujicoba di sepanjang jalan protokol, Jl. Slamet Riyadi Solo.

"Kemen ESDM membantu Pemkot Solo 200 titik lampu untuk diujicoba. Kalau uji coba beberapa bulan ini menunjukkan hasil positif akan dikembangkan lebih luas," ujar Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Sabtu (1/2/14).

Pelaksanaan uji coba 200 titik lampu tersebut, menurut Rudy, bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya tahan lampu, serta memantau fungsi perangkat pengatur penggunaan catudaya.

Dia mengungkapkan, dengan perangkat pengatur catudaya pada "listrik pintar" tersebut, dapat diatur pencahayaan lampu dari cahaya penuh pada saat diperlukan dan cahaya minimal saat tidak dibutuhkan.

"PJU dengan listrik pintar itu diatur, mulai pukul 22.00 cahaya lampu akan turun sampai 50%. Kalau asumsi perhitungan penggunaan dayanya masih seperti yang lama, setidaknya akan terjadi penghematan biaya hampir separuhnya," jelasnya.(Tok Suwarto/A-107).***

Baca Juga

MENTERI Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi belum mau membuka informasi pelaku penyanderaan dua WNI hingga semua hal terkonfirmasi. Retno juga sudah melaporkan pada Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/9/2015) tentang

10 ABK yang Disandera Jalani Pemeriksaan Kesehatan

JAKARTA, (PR).- Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan 10 anak buah kapal (ABK) yang sebelumnya disandera oleh kelompok pemberontak Filipina, Abu Sayyaf, akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan di Jakarta.

Biadab, 14 Pemuda Perkosa Siswi SMP Hingga Meninggal

BENGKULU, (PR).- #TrenSosial: Gerakan simpati di media sosial untuk Yuyun, siswi SMP yang diperkosa beramai-ramai oleh 14 pemuda di Bengkulu, diharapkan tidak berhenti sebagai wacana di dunia maya, kata salah satu penggagasnya.

Terminal 3 Ultimate Soetta Diproyeksikan Jadi Bandara Transit

JAKARTA, (PR).- PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mulia memperkenalkan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Dalam waktu dekat, fasilitas dan layanan di Terminal 3 Ultimate bisa dinikmati pengguna jasa udara.

Ibu Rumah Tangga Penjual Miras Timbun Puluhan Botol di Bunker

YOGYAKARTA, (PR).- Polsek Sleman menggerebek rumah SY (40), seorang ibu rumah tangga warga Pendowoharjo, Sleman dalam razia minuman keras. Petugas mendapati puluhan botol miras oplosan yang disimpan dalam bunker di rumah tersangka, Senin 9 Mei 2016.