PJU Kota Solo Diganti "Listrik Pintar" Hemat Energi

SOLO, (PRLM).-Memasuki tahun 2014 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan penghematan energi listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) dengan mengganti lampu-lampu yang selama ini menyedot catudaya tinggi.

Sebanyak 200-an lampu hemat energi yang disebut "listrik pintar" hasil rekayasa Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM), kini diujicoba di sepanjang jalan protokol, Jl. Slamet Riyadi Solo.

"Kemen ESDM membantu Pemkot Solo 200 titik lampu untuk diujicoba. Kalau uji coba beberapa bulan ini menunjukkan hasil positif akan dikembangkan lebih luas," ujar Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Sabtu (1/2/14).

Pelaksanaan uji coba 200 titik lampu tersebut, menurut Rudy, bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya tahan lampu, serta memantau fungsi perangkat pengatur penggunaan catudaya.

Dia mengungkapkan, dengan perangkat pengatur catudaya pada "listrik pintar" tersebut, dapat diatur pencahayaan lampu dari cahaya penuh pada saat diperlukan dan cahaya minimal saat tidak dibutuhkan.

"PJU dengan listrik pintar itu diatur, mulai pukul 22.00 cahaya lampu akan turun sampai 50%. Kalau asumsi perhitungan penggunaan dayanya masih seperti yang lama, setidaknya akan terjadi penghematan biaya hampir separuhnya," jelasnya.(Tok Suwarto/A-107).***

Baca Juga

Habib Rizieq Serahkan Tambahan Bukti Baru

JAKARTA, (PR).- Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyerahkan tambahan bukti baru pada sidang lanjutan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Selasa 28 Februari 2017. Bukti yang diserahkan tersebut adalah rekaman Ahok yang diwawancara televisi Al Jazeera.

Siti Aisyah Jalani Sidang Perdana

JAKARTA, (PR).- Sidang perdana Siti Aisyah, warga negara Indonesia yang didakwa terlibat dalam pembunuhan Kim Jong Nam berlangsung di Pengadilan Negeri Sepang, Malaysia, Rabu, 1 Februari 2017.

Raja Salman dan Jokowi Tanam Pohon Ulin

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud melakukan penanaman pohon di taman belakang Istana Merdeka, Jakarta.