Pemprov Jabar Akan Bangun Jalur Lingkar Cirebon

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat sedang melakukan penelitian dan pengumpulan data untuk membangun jalan lingkar Cirebon. Kepadatan jalan pantai utara (pantura) Cirebon yang semakin tinggi membuat wilayah ini menjadi rawan macet.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat M. Guntoro mengatakan, jalan lingkar Cirebon ini diperkirakan akan membentang sepanjang 20 kilometer.
Rencananya jalan lingkar Cirebon ini akan menghubungkan Kota Sumber-Tegalwangi-Gunung Jati.

"Ini terobosan yang akan kami lakukan agar Kota Cirebon semakin berkembang. Perkembangan Kota Cirebon yang maju pesat juga membuka minat warga untuk datang," kata Guntoro dalam keterangan persnya, Minggu (19/1/2014).

Guntoro menjelaskan, dengan keberadaan jalan lingkar Cirebon ini akan membuka roda perekonomian serta wisata wilayah Cirebon. Apalagi Cirebon memiliki potensi wisata baik alam maupun wisata religi.

"Pengembangan wisata di Cirebon semakin terbuka. Cirebon penuh dengan destinasi wisata terutama religi dan alam," tuturnya.

Beberapa lokasi wisata religi yang ada di Cirebon, kata Guntoro diantaranya adalah Komplek Makam Sunan Gunung Jati, keraton, Gua Sunyaragi, dan lainnya. Sedangkan wisata alam lebih banyak berada di kaki Gunung Ciremai. "Beberapa lokasi antara lain Sangkanurip, Linggar Jati, Bukit Gronggong dan lainnya," ucapnya.

Menurut Guntoro, dengan adanya jalan lingkar Cirebon ini para pengunjung tidak harus masuk ke Kota Cirebon. Dengan begitu akan mengurangi kepadatan yang selama ini terjadi di Kota Udang.

"Kehadiran jalan lingkar ini bukan hanya mengurai kemacetan Kota Cirebon. Jalan tersebut membuka jalur wisata agar semakin mudah aksesnya," ungkapnya. (A-157/A-89)***

Baca Juga

Lapak PKL Dayeuhkolot Kembali Ditertibkan

BANDUNG RAYA
Lapak PKL Dayeuhkolot Kembali Ditertibkan

SOREANG, (PRLM).- Sebanyak 23 lapak pedagang kaki lima yang terus bertahan di trotoar Jalan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, kembali ditertibkan Pemkab Bandung. Nantinya, kawasan Dayeuhkkolot ini akan ditata kembali dan terbebas dari PKL.

38 Keluarga Belum Sepakati Ganti Rugi PLTA Upper Cisokan

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sebanyak 38 keluarga di Blok Cibima, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat hingga kini belum menyepakati nilai ganti rugi pembebasan lahan untuk megaproyek PLTA Upper Cisokan.

BBKSDA Jabar Amankan 69 Potongan Tubuh Satwa Dilindungi

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat mengamankan 69 buah potongan tubuh satwa liar yang dilindungi Undang-Undang. Barang bukti tersebut diamankan dari salah satu toko suvenir di Jalan LLRE Martadinata Kota Bandung.

Lahan Puso, Petani Dapat Bantuan Benih Varietas Unggul

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Khusus terhadap lahan sawah yang dinyatakan puso, Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengaku segera memberikan bantuan benih varietas unggul sebanyak 7 ton.