Bendungan Utama Waduk Jatiluhur Alami Pergerakan

JAWA BARAT

PURWAKARTA, (PRLM).- Seiring dengan tingginya curah hujan dan besarnya debit air di waduk Jatiluhur, bendungan utama waduk Jatiluhur Purwakarta mengalami pergerakan karena besarnya tekanan air. Namun demikian, pergerakan bendungan utama waduk Jatiluhur tidak usah dikhawatirkan karena merupakan konsekuensi dari bendungan dengan sistem urugan.

Kepala Seksi Monitoring bendungan Divisi IV PJT II Akbar Haidir kepada "PRLM", Rabu (15/1/2014) di ruang kerjanya mengatakan adanya pergerakan tanah di bendungan utama waduk Jatiluhur, Purwakarta tidak akan menimbulkan efek seperti akan jebolnya tanggul utama waduk Jatiluhur. Pasalnya, bendungan dimanapun di dunia yang dibangun dengan sistem urugan dipastikan akan rentan mengalami pergerakan tanahnya.

"Pergerakan tanah di bendungan utama karena adanya beban air yang tinggi sehingga bendungan mengalami pergeseran," katanya.

Ia menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab terjadinya pergerakan tanah yaitu adanya pemadatan tanah (konsolidasi) dan adanya pengaruh karena tinggi muka air (korelasi).

Menurutnya, sebagai tim monitoring senantiasa melaporkan adanya pergerakan tanah di bendungan utama kepada kantor pusat Kementerian Pekerjaan Umum yang menampung seluruh laporan dari semua bendungan yang ada di Indonesia. (A-86/A-108)***

Baca Juga

Jalur Utara Garut-Tasikmalaya Rawan Terjadi Laka Lantas

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Jalur Dari Tasikmalaya menuju Garut lewat jalur utara rawan terjadi kecelakaan, selain jalan sepanjang jalur tersebut berlubangn jika diguyur hujan lubang tersebut tertutup air, sehingga pengendara harus berhati-hati.

Maling Satroni SMK PGRI 2 Cianjur

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Kawanan maling menyatroni SMK PGRI 2 Cianjur yang berada di Jalan Pangeran Hidayatullah nomor 103, Kabupaten Cianjur. Maling tersebut masuk kedalam ruangan setelah berhasil menjebol jendela ruangan. Kejadian itu baru diketahui pihak sekolah Selasa (28/4/2015) pagi.

Ratusan Sahabat Satu Hati Tanam 1.000 Mangrove

JAWA BARAT
SISWA Sekolah Satu Hati binaan AHM mengikuti penanaman mangrove di Desa Pantai Bahagia Muara Gembong.

BEKASI, (PRLM).- Memperingati Hari Bumi 2015, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 320 orang Sahabat Satu Hati melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di ‎pesisir pantai utara Bekasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Ombak Besar, Nelayan Pangandaran Kurangi Melaut

JAWA BARAT
Ombak Besar, Nelayan Pangandaran Kurangi Melaut

PANGANDARAN,(PRLM).-Nasib nelayan di wilayah Kabuaten Pangandaran, tampaknya tidak segera beranjak dari keterpurukan.

Setelah hampir lima bulan dilanda masa paceklik, saat ini nelayan juga mengurangi kegiatan melaut, akibat datangnya arus kuat bersamaan dengan ombak besar.