Organisasi Islam Dukung Pembatasan Jam Hiburan Malam

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Sejumlah organisasi Islam di Majalengka serta Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Majalengka dukung kebijakan Kapolwil Cirebon soal pembatasan jam hiburan malam hingga pukul 24.00 WIB, untuk mengurangi tindak kriminalitas yang ditimbulkan akibat dampak dari kegiatan tersebut.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Majalengka, Hj.Suratih Puspa menyebutkan, tempat hiburan malam di Kabupaten Majalengka sangat terbatas hanya ada tiga buah tempat karaoke keluarga yang jumlah ruangannya pun demikian terbatas. Itu hanya ada di Tiga Dara dengan jumlah ruangan delapan, Legenda di Desa Salagedang, sebanyak 5 ruangans serta di Cigasong sebanyak tiga ruangan.

“Di Majalengka ini tempat hiburan malam memang hanya sedikit, kalaupun ada tempat hiburan malam adalah karaoke keluarga, jam bukanyapun terbatas hanya sampai pukul 23.00 WIB. Jadi bila kepolisian menyatakan jam buka hanya sampai pukul 24.00 WIB di Majalengka justru kurang dari itu,” ungkap Hj.Suratih Puspa.

Sehingga, menurutnya, ketika ada imbauan pembatasan waktu penyelenggaraan pun cukup mudah untuk dilakukan sosialisasi terhadap para pemiliknya.

Ketua FPI Majalengka, Dede Iwan ditemui di Mapolres Majalengka ketika membahas hal tersebut menyatakan dukungannya. Menurut Dede Selain mengurangi tindak kriminalitas pembatasan hiburan malam tersebut juga secara tidak langsung mendukung aksi dakwah.

“Kalau selama ini ada tuduhan di tempat hiburan malam terkadang dijadikan tempat maksiat maka dengan pembatasan waktu ini diharapkan kegiatan maksiatpun akan semakin berkurang. Dan itu akan mengurangi beban tugas kepolisian juga untuk melakukan penjagaan,” ungkap Dede Iwan.

Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Majalengka H.Jojo Hadiwijaya menyatakan selama ini pihaknya baru mengeluarkan ijin usaha hiburan malam bagi tiga pemohon. Keluarnya ijin tersebut setelah semua pemohon memenuhi seluruh persyaratan ijin usaha. Sedangkan ijin kegiatan waktu hiburan menurutnya dikeluarkan aparat berwenang.

Kapolres Majalengka Ajun Komisaris Besar Polisi Bulang Bayu Samudra menyebutkan, penyelenggaraan hiburan malam di Majalengka sudah dibatasi sejak lama. Dan itu tidak hanya berlaku bagi tempat karaoke namun juga kegiatan huburan terbuka lainnya, seperti pentas hiburan yang diselenggarakan oleh EO yang disponsori perusahaan manapun.

Menyinggung soal penyelenggaraan hiburan di lokasi hajat, Kapolres menyatakan sudah mengkaji sejumlah daerah yang dianggap rawan tindak kriminal baik krminal murni ataupun yang tindak kriminalnya dipicu oleh peredaran miras. Hal inipun kemungkinan akan dibatasi. “Penyelenggaraan hiburan di lokasi hajat kami kaji kembali,” ujarnya.(C-31/A-147)***

Baca Juga

Lahan Produktif di Garut Berkurang 5 Persen Per Tahun

JAWA BARAT

GARUT, (PRLM).- Lahan produktif di Kabupaten Garut hilang hingga 5 persen per tahun. Hal ini dikarenakan banyaknya lahan persawahan dan perkebunan produktif tersebut yang beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk.

Brigade Air untuk Mendongkrak Produksi Gabah

JAWA BARAT
SEORANG warga sedang mengoperasikan empat mesin pompa air untuk mengairi areal sawah di Desa Gandawesi. Air tersebut diambil dari embung-embung milik PSDAPE yang kondisi airnya sudah menyusut, Kamis (2/7/2015).*

MAJALENGKA,(PRLM).- Kekeringan yang terjadi di wilayah Kabupaten Majalengka akan mengancam ketahanan pangan dan target produksi gabah serta beras.

BTNGC Sebar Tenda Pos Cegah Siaga Kebakaran Hutan Gunung Ciremai

JAWA BARAT
BTNGC Sebar Tenda Pos Cegah Siaga Kebakaran Hutan Gunung Ciremai

KUNINGAN, (PRLM).- Sebagai upaya untuk mencegah terulangnya kembali kebakaran hutan di Gunung Ciremai, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai pada musim kemarau ini mencoba cara baru dengan membuka sejumlah tenda pos siaga bencana kebakaran hutan.

Ribuan Keluarga Antre Paket Sembako Murah

JAWA BARAT
SEJUMLAH orang berjubel mengantre sembako murah yang disediakan Pemerintah Kabupaten Majamatan Malengka di Kantor Kecamatan Majalengka, Senin (6/7/2015). Satu paket sembako berisi beras, gula putih, minyak goreng, telur dijual seharga Rp 65.000.*

MAJALENGKA,(PRLM).- Ribuan keluarga miskin dan keluarga sejahtera antre sembako yang disediakan Pemerintah Kabupaten Majalengka di tiga Kantor Kecamatan. Penjualan paket sembako murah sengaja disediakan pemerintah untuk menekan harga pasar jelang Lebaran, Senin (6/7/2015).