DPT Kab. Bandung Barat Berkurang 2.156 Pemilih

POLITIK

NGAMPRAH, (PRLM).- Jumlah daftar pemilih tetap Kabupaten Bandung Barat berkurang 2.156 pemilih dibandingkan penetapan sebelumnya pada tanggal 1 November 2013. Berdasarkan rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat menetapkan DPT berjumlah 1.149.122 orang.

"Sesuai rekomendasi KPU pusat, kami kembali melakukan penetapan DPT sebulan dari penatapan sebelumnya," tutur Komisioner KPU Kab. Bandung Barat Divisi Data, Humas, Informasi, dan Hubungan Antarlembaga, Benben Faturokhman di Padalarang, Sabtu (30/11/2013).

Penurunan jumlah DPT, ucap Benben, terjadi karena berbagai hal. Dibandingkan penetapan sebelumnya, warga tercantum sebagai DPT, meninggal, beralih status menjadi TNI/Polri, atau pindah domisili.

Bukan hanya itu, sesuai hasil verifikasi, ada warga belum cukup umur dan pemilih ganda pada jumlah DPT sebelumnya.

Meski telah ditetapkan, KPU Kab. Bandung Barat terus melakukan verifikasi data hingga KPU pusat menetapkan DPT di tingkat nasional pada 4 Desember 2013.

"Semoga tidak ada lagi penetapan DPT. Termasuk kali ini, berarti kami telah melakukan lima kali rapat pleno penetapan DPT," tuturnya.

Mengenai 163.140 DPT yang memiliki nomor induk kependukan invalid, Benben mengungkapkan, baru memverifikasi 126.471. Sementara 36.669 lainnya, KPU terus melakukan verifikasi secara berangsur.

"Untuk menyelesaikan persoalan itu, kami berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Bandung Barat," ucap Benben. (A-206/A-88)***

Baca Juga

Kubu Agung Akan Ambil Alih

Polisi Jaga Ketat Ruang Fraksi Partai Golkar DPR

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ruang Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat dijaga ketat oleh polisi yang didatangkan dari Polres Jakarta‎ Pusat, Jumat (27/3/2015). Keberadaan polisi itu disebut untuk mempertahankan kepengurusan kubu Aburizal Bakrie di fraksi partai beringin itu.

Pilkada Karawan Rawan Politik Uang

POLITIK

KARAWANG, (PRLM).- Praktik politik uang diprediksi tak bisa lepas dalam pelaksanaan pilkada di Kabupaten Karawang, Desember mendatang. Bahkan, di daerah berjuluk lumbung padi tersebut, uang bisa jadi penentu kemenangan.

Konsultasi DPR-Presiden Digelar Kamis atau Senin Mendatang

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPR Setya Novanto didampingi Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan Fadli Zon, di ruang kerja Lantai III Gedung Nusantara III, Rabu (1/4/2015) menerima kunjungan Menko Polhukam Tedjo Edy Purdijatno dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Kisruh Golkar

Perpecahan Partai Golkar Semakin Tajam

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Politisi senior Partai Golkar Hajriyanto Y Thohari memprediksi perpecahan Partai Golkar saat ini sudah mengarah ke situasi masif dan eksesif.