DPT Kab. Bandung Barat Berkurang 2.156 Pemilih

POLITIK

NGAMPRAH, (PRLM).- Jumlah daftar pemilih tetap Kabupaten Bandung Barat berkurang 2.156 pemilih dibandingkan penetapan sebelumnya pada tanggal 1 November 2013. Berdasarkan rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat menetapkan DPT berjumlah 1.149.122 orang.

"Sesuai rekomendasi KPU pusat, kami kembali melakukan penetapan DPT sebulan dari penatapan sebelumnya," tutur Komisioner KPU Kab. Bandung Barat Divisi Data, Humas, Informasi, dan Hubungan Antarlembaga, Benben Faturokhman di Padalarang, Sabtu (30/11/2013).

Penurunan jumlah DPT, ucap Benben, terjadi karena berbagai hal. Dibandingkan penetapan sebelumnya, warga tercantum sebagai DPT, meninggal, beralih status menjadi TNI/Polri, atau pindah domisili.

Bukan hanya itu, sesuai hasil verifikasi, ada warga belum cukup umur dan pemilih ganda pada jumlah DPT sebelumnya.

Meski telah ditetapkan, KPU Kab. Bandung Barat terus melakukan verifikasi data hingga KPU pusat menetapkan DPT di tingkat nasional pada 4 Desember 2013.

"Semoga tidak ada lagi penetapan DPT. Termasuk kali ini, berarti kami telah melakukan lima kali rapat pleno penetapan DPT," tuturnya.

Mengenai 163.140 DPT yang memiliki nomor induk kependukan invalid, Benben mengungkapkan, baru memverifikasi 126.471. Sementara 36.669 lainnya, KPU terus melakukan verifikasi secara berangsur.

"Untuk menyelesaikan persoalan itu, kami berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Bandung Barat," ucap Benben. (A-206/A-88)***

Baca Juga

Perjuangan Untuk Demokrasi Harus Terus Dilakukan

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Indonesia kini dan pada masa-masa mendatang membutuhkan politisi dan pejabat model Ignatius Joseph Kasimo, atau yang dikenal dengan IJ Kasimo, yang merupakan salah satu tokoh pelopor Kemerdekaan Indonesia.

Bawaslu Temukan Praktik Mahar Politik

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan praktik mahar politik dari sejumlah partai terhadap bakal calon (balon) kepala daerah yang akan ikut serta dalam Pilkada serentak.
 

Pilkada Serentak 2015

Tak Perlu Perppu, Hanya 7 dari 269 Provinsi dan Kab/Kota yang Calon Tunggal

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pakar hukum tata negara Irman Putra Sidin menilai kalau hanya di tujuh daerah yang tunggal, bukan berarti parpol gagal melakukan kaderisasi, melainkan parpol di 7 daerah tersebut yang gagal, karena dari 269 daerah provinsi dan kabupaten/kota hanya 7 daerah yang ada pasangan tung

Persis Haramkan Golput

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) tidak memperbolehkan pengurus dan kader-kadernya untuk bersikap tak memilih atau golput termasuk dalam Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.