UMK Kota Bandung Sebesar Rp 1,9 Juta

WALI Kota Bandung Ridwan Kamil saat diwawancarai usai memimpin apel di kantor PDAM Tirtawening Bandung, Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Senin (18/11/2013).  Ridwan mengatakan Upah Minimum Kota (UMK) Bandung sebesar Rp1,9 juta. Sedangkan kebutuhan hidup l
ARIE C. MELIALA/PRLM
WALI Kota Bandung Ridwan Kamil saat diwawancarai usai memimpin apel di kantor PDAM Tirtawening Bandung, Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Senin (18/11/2013). Ridwan mengatakan Upah Minimum Kota (UMK) Bandung sebesar Rp1,9 juta. Sedangkan kebutuhan hidup layak (KHL) Bandung tercatat Rp1,8 juta.*

BANDUNG, (PRLM).- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Upah Minimum Kota (UMK) Bandung sebesar Rp 1,9 juta. Sedangkan kebutuhan hidup layak (KHL) Bandung tercatat Rp 1,8 juta. Hal ini dikemukakannya saat ditemui usai memimpin apel di PDAM Tirtawening Bandung, Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Senin (18/11/2013).

"Detail angkanya saya tidak hapal persis, tetapi sekitar angka Rp 1,92 juta. Nilai UMK ini akan dikirim ke gubernur hari ini," kata Ridwan.

Nilai UMK Bandung disampaikan Ridwan mengalami deadlock (buntu). Sehingga akhirnya pemerintah turun tangan dalam penentuannya. Pemerintah sudah mempertimbangkan kondusifitas ekonomi agar tidak sampai terguncang dan juga memenuhi rasa keadilan.

"Dulu UMK Rp 1,52 juta lalu sekarang naik Rp 400 ribu atau menjadi 106 persen KHL. Pengusaha mengusulkan 92 persen KHL atau Rp 1,7 juta sedangkan buruh dengan logika sendiri meminta Rp 2,7 juta," kata Ridwan.

Dengan nilai Rp 1,9 juta, Ridwan mengatakan pemerintah sudah memperhatikan upah sekitar. Ridwan mengaku angka ini atau berapa pun angka UMK, unjuk rasa akan tetap ada. "Saya hadapi saja," katanya. (A-199/A-107)***

Baca Juga

Bisnis Produk Kemasan Akan Cerah

JAKARTA, (PR).- Prospek bisnis produk kemasan ke depan akan semakin cerah terkait keberadaannya yang kian dibutuhkan. Oleh karena itu, PT Indopoly Swakarsa Industri, dengan pabrik yang berada di Purwakarta, Jawa Barat, menargetkan peningkatan laba pada 2016 ini.

Jokowi Ingatkan Pengusaha yang tak Ikut Pengampunan Pajak

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo mengingatkan pemilik uang di luar negeri yang tercatat 95 persen pengusaha untuk berhati-hati jika tidak ikut program pengampunan pajak. Soalnya, program itu hanya sekali dan terbatas dalam periode hingga Maret 2017.

Brexit Melemahkan Nilai Tukar Poundsterling

LONDON, (PR).- Nilai tukar mata uang poundsterling terhadap dolar Amerika Serikat mencapai titik terendah dalam 31 tahun seiring dengan terguncangnya pasar keuangan menyusul keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE) atau Brexit.