Lomba Karya Tulis Wartawan, Sambut Hari Nusantara 2013

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Dalam rangka peringatan Hari Nusantara 2013 serta sebagai bentuk apresiasi bagin insan pers, Badan Litbang Kementerian Kelautan dan Perikanan akan memberikan Penghargaan untuk Wartawan Terbaik (PWT) tahun 2013. Penghargaan diberikan untuk karya tulis terbaik bertemakan “Inovasi Teknologi Kelautan dan Perikanan, Ujung Tombak Bagi Kemajuan Bangsa”.

"Penilaian akan dilakukan Dewan Juri profesional yaitu Dr. Ir. Achmad Purnomo (Pelaksana Tugas Kepala Balitbang KP), Dr. Ir. Ninok Leksono (Redaktur Senior Harian Kompas), Ir. Budiman, MSi (Pemimpin Redaksi Majalah Sains Indonesia)," kata Budiman, Pemred Majalah Sains Indonesia dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Dijelaskan, karya tulis harus memenuhi persyaratan yaitu, harus dimuat di media cetak (nasional dan daerah) berbahasa Indonesia periode 1 Januari 2013 sampai 1 November 2013. Karya tulis mengusung topik inovasi teknologi di bidang kelautan dan perikanan yang meliputi energi terbarukan, bioteknologi, penginderaan jauh, lingkungan, rekayasa pantai, mitigasi bencana, pengembangan pulau-pulau kecil, atau pengolahan pascapanen.

"Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya tulis. Semakin banyak karya tulis yang dikirim akan mendapat nilai tambah dalam penilaian. Karya tulis harus diterima Panitia PWT Balitbang KP 2013 paling lambat 5 November 2013 dengan melampirkan foto copy identitas wartawan dan biodata singkat," kata Budiman.

Selanjutnya karya tulis akan diseleksi oleh Dewan Juri dan diumumkan pada Acara Penutupan Gelar Inovasi Litbang Kelautan dan Perikanan serta Launching Buku di Gedung Mina Bahari, Jakarta, 13 November 2013. Karya tulis meliputi: kedalaman laporan (indept reporting), ide yang ditulis bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta menggunakan bahasa ilmiah populer (EYD secara baik dan benar).

"Tiga karya tulis terbaik akan mendapatkan penghargaan baik plakat dan piagam dari Menteri Kelautan dan Perikanan serta Kepala Balitbang KP, hadiah uang berjumlah total puluhan juta rupiah, serta fasilitas (berupa akomodasi, transportasi, dan uang saku) dari Balitbang KP untuk meliput kegiatan ilmiah kelautan dan perikanan di salah satu negara ASEAN pada Desember 2013," tutur Budiman. (A-78/A-147)***

Baca Juga

Ketua KPK Nonaktif Abraham Samad Jadi Saksi Novel Baswedan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Abraham Samad menjadi saksi dalam sidang gugatan praperadilan Novel Baswedan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/6/2015).

Gus Dur Diajukan Jadi Pahlawan Nasional

NASIONAL
SURABAYA, (PRLM).- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa turut berkomentar mengenai pemberian gelar pahlawan bagi presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

Tertinggi, Pelanggaran Kepatuhan Kapal di Perairan Maluku

NASIONAL

AMBON, (PRLM).- Deputi Satgas Pencegahan dan Pemberantasan Penangkapan Ikan illegal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Dr.

Shelter Rohingya, Bukan Puncak tapi Awal Kehidupan Baru

NASIONAL

LHOESEUMAWE, (PRLM).- Mempersembahkan shelter bagi pencari suaka asal Myanmar yang memasuki kawasan Aceh, bukan sekadar bicara hal-hal fisik mencakup sekian jiwa. “Dari sisi jumlah jiwa pun, sangat kecil dibanding yang mendarat di negara lain.