Implementasi Robot Unikom di Industri Minuman

REKTOR Unikom Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto bersama mahasiswanya menjajal T-Bot di Pabrik PT Sinar Sosro, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/10/2013). T-Bot merupakan robot penjualan minuman interaktif hasil sinergitas Unikom dengan dunia industri.*
WIDI KUSUMA ANGRAENI/PRLM
REKTOR Unikom Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto bersama mahasiswanya menjajal T-Bot di Pabrik PT Sinar Sosro, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/10/2013). T-Bot merupakan robot penjualan minuman interaktif hasil sinergitas Unikom dengan dunia industri.*

PRLM - Sinergitas Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dengan kalangan industri yaitu PT Sinar Sosro dan PT Sadhana Ekapraya Amitra menghasilkan T-Bot. T-Bot merupakat robot penjual minuman interaktif dengan jenis S2U.

Jika biasanya kita membeli minuman di penjual minuman atau box minuman yang kerap dijumpai. Kali ini, dengan kehadiran T-Bot, kita bisa membeli minuman dari robot secara interaktif.

Tidak sekadar memilih jenis minuman yang diinginkan tapi konsumen bisa memainkan berbagai jenis permainan untuk anak-anak. Produk minuman otomatis keluar saat pembeli menyelesaikan permainan. Apakah Anda tertarik?

Sejauh ini, robot yang baru satu unit dibuat ini merupakan robot penjual interaktif pertama di industri minuman Indonesia. Perkembangan produk minuman sejalan dengan perkembangan budaya dan teknologi mendorong kalangan industri untuk berinovasi.

Inovasi dan kreativitas yang menjadi upaya pemasaran produk disinergikan dengan hasil karya para akademisi.

T-Bot yang dikerjakan sejak Februari 2013 merupakan unit robot pertama dari jenis S2U yang didukung perangkat lunak terkomputerisasi dipamerkan dalam Penandatanganan Kerjasama Proyek Robotik PT Sinar Sosro dengan Unikom dan PT Sadhana Ekapraya Amitra di PT. Sinar Sosro, Cakung, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/10/2013).

Akan tetapi, T-Bot juga beberapa kali hadir dalam berbagai pameran di Jakarta dan Bandung untuk diujicobakan.

Rektor Unikom Dr.Ir. Eddy Seryanto Soegoto mengatakan dengan diluncurkannya T-Bot sebagai wujud nyata implementasi hasil penelitian di perguruan tinggi di dunia industri. Saat industri dan perguruan tinggi dapat bersinergi dan memanfaatkan temuan ilmiah yang dihasilkan untuk dirasakan manfaatmya oleh masyarakat.

"Ini sangat bagus untuk mendorong sda di perguruan tinggi menghasilkan karya yang lebih bermanfaat," pungkasnya. (Widi Kusuma A/"PRLM"/A-88)***

Baca Juga

Penjualan Lesu, Ritel Perluas Ekspansi Online

JAKARTA, (PR).- Toko-toko ritel mulai memperluas ekspansi ke penjualan online untuk menyiasati kondisi penjualan yang mulai lesu beberapa tahun belakangan. Selain membuka situs sendiri, mereka juga menggunakan jasa platform online.

Ekonomi Makro RI Bangkitkan Optimisme

JAKARTA, (PR).- Data ekonomi makro Indonesia pada kuartal III tahun 2017 dinilai membangkitkan optimisme ekonomi nasional.