Berita Korupsi Ketua MK Indonesia Mendunia

LUAR NEGERI

NUSA DUA, (PRLM).- Berita penangkapan pejabat tinggi hukum Indonesia yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, langsung mendunia. Pasalnya, saat insiden itu terjadi, Kamis (3/10/2013), Indonesia sedang menyelenggarakan perhelatan internasional KTT APEC yang dihadiri lebih dari 1.500 wartawan.

Jumlah ini masih akan bertambah karena yang terdaftar, menurut Wakil Ketua panitia APEC, Chairul Tanjung, mencapai 3.200 jurnalis.

Kehadiran para wartawan asing inilah membuat berita penangkapan RI No.9 itu mengglobal. Setidaknya, penangkapan Akil dimuat di sejumlah laman media ternama dunia, seperti Straits Times (Singapura), Aljazeera (Qatar), Fox News (AS), dan ABC News (Australia).

Akibatnya, berita soal APEC 2013 pun terkalahkan oleh berita korupsi yang dilakukan mantan politisi Golkar itu. Kebetulan event APEC yang berlangsung saat ini lebih banyak melanjutkan isu pada APEC sebelumnya di Rusia. Tambahan pula, mayoritas peliput, khususnya wartawan asing menunggu liputan APEC pada KTT puncak, 7-8 Oktober yang akan dihadiri sejumlah pemimpin besar dunia seperti Rusia dan Cina. (A-133/A-88)***

Baca Juga

Tiongkok Minta LTS tak Dibahas di Temu Menlu ASEAN

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Sehari menjelang pertemuan tingkat Menlu ASEAN di Kuala Lumpur, Selasa (9/3/2015), pemerintah Tiongkok memperingatkan perhimpunan negara-negara di Asia Tenggara itu, untuk tak membahas masalah Laut Tiongkok Selatan (LTS).

Dua Derek Ambruk dan Menimpa Bangunan, 20 Orang Terjebak

LUAR NEGERI

AMSTERDAM, (PRLM).- Dua kendaraan derek yang digunakan untuk merenovasi jembatan di sebuah kota di Belanda jatuh terbalik dan menimpa sejumlah bangunan di sekitarnya.

Uni Eropa dan AS Sambut Baik Pengadilan Kejahatan Perang

LUAR NEGERI

PRISTINA, (PRLM).- Uni Eropa dan AS menyambut baik keputusan Parlemen Kosovo untuk menggelar pengadilan kejahatan perang khusus untuk mengadili mantan gerilyawan Tentara Pembebasan Kosovo atau KLA, sebagai langkah maju untuk menjamin keadilan bagi para korban.

Pengantin Turki Undang 4.000 Pengungsi Suriah di Pesta Pernikahan

LUAR NEGERI

ISTANBUL, (PRLM).- Sebuah pasangan pengantin baru di Kilis, Turki memutuskan untuk mengundang 4.000 pengungsi Suriah dalam pesta pernikahan mereka, demikian dilaporkan The Telegraph, Selasa (4/8/2015).