Berita Korupsi Ketua MK Indonesia Mendunia

LUAR NEGERI

NUSA DUA, (PRLM).- Berita penangkapan pejabat tinggi hukum Indonesia yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, langsung mendunia. Pasalnya, saat insiden itu terjadi, Kamis (3/10/2013), Indonesia sedang menyelenggarakan perhelatan internasional KTT APEC yang dihadiri lebih dari 1.500 wartawan.

Jumlah ini masih akan bertambah karena yang terdaftar, menurut Wakil Ketua panitia APEC, Chairul Tanjung, mencapai 3.200 jurnalis.

Kehadiran para wartawan asing inilah membuat berita penangkapan RI No.9 itu mengglobal. Setidaknya, penangkapan Akil dimuat di sejumlah laman media ternama dunia, seperti Straits Times (Singapura), Aljazeera (Qatar), Fox News (AS), dan ABC News (Australia).

Akibatnya, berita soal APEC 2013 pun terkalahkan oleh berita korupsi yang dilakukan mantan politisi Golkar itu. Kebetulan event APEC yang berlangsung saat ini lebih banyak melanjutkan isu pada APEC sebelumnya di Rusia. Tambahan pula, mayoritas peliput, khususnya wartawan asing menunggu liputan APEC pada KTT puncak, 7-8 Oktober yang akan dihadiri sejumlah pemimpin besar dunia seperti Rusia dan Cina. (A-133/A-88)***

Baca Juga

Warga Singapura Berikan Penghormatan Terakhir Bagi Lee Kuan Yew

LUAR NEGERI
REUTERS/PRLM

SINGAPURA, (PRLM).- Warga Singapura memberikan penghormatan terkahir bagi pendiri negeri itu, dalam suatu upacara yang dihadiri oleh banyak pemimpin dunia, termasuk presiden Joko Widodo.

Negara Barat Siap Cabut Sanksi untuk Iran

Enam Kekuatan Dunia Rundingkan Program Nuklir

LUAR NEGERI

LAUSANNE, (PRLM).- Perwakilan enam kekuatan dunia melanjutkan perundingan tentang program nuklir Iran menjelang batas akhir pencapaian kesepakatan pada 31 Maret.

Sedikitnya 17 Tewas Akibat Banjir di Chile Utara

LUAR NEGERI

SANTIAGO, (PRLM).- Pemerintah Chile mengatakan 17 orang tewas dan 20 lainnya masih hilang setelah hujan lebat membanjiri kawasan gurun di Chile utara.

Hujan lebat minggu lalu membuat sungai-sungai meluap menyebabkan banjir dan listrik padamserta menghambat jalan-jalan.

Arab Saudi Pertimbangkan Serangan Darat ke Yaman

LUAR NEGERI

SANAA, (PRLM).- Pemerintah Yaman telah meminta koalisi Arab untuk tak hanya melakukan serangan udara. Mereka meminta serangan darat juga segera dilakukan.