Indonesia Ajukan Platform Pengurangan Kemiskinan Dimasukkan dalam APEC

NUSA DUA, (PRLM).-Pemerintah Indonesia mengajukan tiga platform baru dalam kerjasama ekonomi yang tergabung dalam Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). Ketiga platform baru tersebut adalah rural development (pembangunan desa), povery alleviation (pengentasan kemiskinan), dan green growth (pertumbuhan berwawasan lingkungan). Sebagai negara pemegang inisiatif platform tersebut, Indonesia membutuhkan minimal dua negara pendukung platform agar dapat disetujui dalam forum KTT APEC.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan itu dalam Business Luncheon yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) dan Masyarakat Kelapa Sawit Indonesia (MAKSI) dalam rangkaian penyelenggaraan KTT APEC di Nusa Dua, Jumat (4/10/2013).

Bagi negara berkembang seperti Indonesia, strategi pertumbuhan ekonomi harus memasukkan platform pembangunan desa dan pengurangan kemiskinan. Ketiga platform tersebut pertama-tama akan menjadi bagian integral dalam industri kertas, pulp, dan kelapa sawit. Sebab, ketiga industri tersebut sangat terkait dengan keberlangsungan lingkungan. Selain itu, ketiga industri tersebut adalah penyumbang terbesar kedua setelah energi terhadap PDB Indonesia, yaitu mencapai 23 miliar dolar AS.

“Dan yang lebih penting, ketiga industri itu menciptakan lapangan kerja untuk 15 juta lapangan kerja baik secara langsung maupun tidak dan mayoritas di wilayah desa yang miskin,” ujarnya.

Bayu optimistis forum APEC akan dapat menyetujui penggunaan platform ini dalam kesepakatan ekonomi bidang pulp, kertas, dan kelapa sawit. Sebab, sudah ada empat negara yang setuju untuk menjadi co-sponsor (pendukung) proposal Indonesia dalam mengegolkan platform tersebut. Namun, Bayu masih enggan menyebutkan nama keempat negara tersebut demi menjaga etika diplomasi.(A-156/A-107)***

Baca Juga

Bill Clinton Sebut Istrinya Sebagai Pembawa Perubahan

PHILADELPHIA, (PR).- Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, menggambarkan istrinya Hillary Clinton sebagai kekuatan dinamis untuk perhubahan dan pejuang yang hebat untuk keadilan sosial pada pidatonya untuk mendukung Hillary Clinton, Selasa 26 Juli 2016 waktu setempat.

PESAWAT Boeing MH370.*

Teori Pilot Bunuh Diri Menguat dalam Kasus MH370

SYDNEY, (PR).- Setelah melakukan pencarian 2 tahun di Samudera Hindia tanpa hasil, penyelidik MH370 yang berbasis di Australia meyakini penerbangan MH370 sengaja diarahkan untuk menghujam ke laut.

Kritik Bayi, Popularitas Donald Trump Kian Rusak

WASHINGTON, (PR).- Setelah elite politik Partai Republik ramai-ramai mengecam calon presiden Donald Trump yang sering membuat komentar kontroversial terhadap sejumlah isu baik domestik maupun global, Presiden Barack Obama ikut mengecam sang miliuner.