Bappeda Kuningan Buka Langkah untuk Mengungkap Misteri Situs Batu Naga

JAWA BARAT
BATU menhir berukirkan gambar naga dan relief menyerupai para punakawan dunia pewayangan di Gunung Pojoktilu, sekitar Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kec.Karangkancana, Kab.Kuningan. Menhir tersebut, diperkirakan arkeolog dari kelompok masyarakat arkeologi
NURYAMAN/PRLM
BATU menhir berukirkan gambar naga dan relief menyerupai para punakawan dunia pewayangan di Gunung Pojoktilu, sekitar Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kec.Karangkancana, Kab.Kuningan. Menhir tersebut, diperkirakan arkeolog dari kelompok masyarakat arkeologi indonesia merupakan bangunan massa pra sejarah.*

KUNINGAN, (PRLM),-Rencana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan untuk mengungkap misteri situs batu naga di puncak pegunungan Pojoktilu, sekitar Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, dipastikan akan dimulai pertengahan Oktober ini.

Kepala Bappeda Kuningan Dian Rahmat Yuniar, menyebutkan, untuk itu pihaknya juga telah membentuk satu tim khusus untuk perjalanan ekspedisi ke lokasi situs tersebut.

Tim ekspedisi bentukkan Bappeda Kuningan itu, menurut Dian, beranggotakan antara tiga hingga lima orang. Anggotanya ada personil dari Bappeda, arkeolog, unsur masyarakat pemerhati budaya, dan unsur pers.

"Saya bersama beberapa staf teknis di Bappeda Kuningan juga akan turut bergabung dalam perjalanan ekspedisi itu," ujar Dian Rahmat Yuniar, kepada "PRLM", Jumat (4/10/2013), seraya menambahkan, untuk kegiatan itu pihaknya juga akan mengundang dan mengajak serta Ketua Masyarakat Arkeologi Indonesia Dr Ali Akbar.

Dian menyebutkan langkah penelitian itu, dilakukan Pemkab Kuningan melalui Bappeda untuk mengetahui nilai-nilai budaya dan sejarah masa lalu yang tergambarkan di area situs batu naga itu.

"Untuk itu, semua gambaran atau keterangan yang terhimpun tim ekspedisi situs batu naga, nantinya akan coba kami kaji melalui seminar," ujar Dian.(A-91/A-107)***

Baca Juga

Kasus Pernikahan Dini di Indramayu Diduga Tertinggi di Indonesia

JAWA BARAT

INDRAMAYU, (PRLM).- Angka pernikahan dini di Kabupaten Indramayu diduga tertinggi di Indonesia, di samping angka perceraiannya. Meskipun demikian, angkanya cenderung menurun dari tahun ke tahun.

Bandara Mudahkan Mobilitas Wisatawan di Priangan Timur

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan usia pelaksanaan Rapat Koordianasi dan pembahasan MoU Bandara Komersil di Balai Kota, didukung Pemimpin Daerah di Priangan Timur.

Di Tasikmalaya, Shalat Berjamaah Jadi Tiket Main Futsal

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Anjuran untuk melaksanakan sholat berjamaah tepat waktu diterapkan warga Kampung Gunung Cariu Kelurahan Cibuni Geulis, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya dengan tidak boleh menggunakan pasilitas lapangan futsal.

Walikota Sukabumi Dituduh Langgar UU

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz dituduh telah melanggar Undang-Undang (UU) Republik Indonesia No 38/2004 tentang jalan.