Hasil APEC 2013 akan Dibawa ke Pertemuan Menteri WTO Akhir Tahun di Bali

NUSA DUA, (PRLM).- Ketua SOM APEC 2013, Yuri Thamrin, merinci ke-20 isu penting yang akan diperjuangkan itu, diantaranya, mendukung sistem perdagangan multilateral, mengembangkan konektivitas kawasan, dan memastikan hasil APEC 2013 ini akan direalisasikan pada pertemuan Menteri WTO di Bali Desember 2013 mendatang.

Selain itu, Indonesia juga akan berusaha untuk mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia Pasifik, mendorong pembangunan dan investasi infrastruktur dan memfasilitasi kesiaptanggapan para personil bencana alam, termasuk tim SAR.

Soal kerja sama dalam penanggulangan bencana, hal ini sudah dipraktikkan saat Indonesia diguncang mega gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. Karena banyak kawasan di Asia-Pasifik ini rawan bencana alam, terwujudnya kerja sama terkait itu, menjadi sangat penting untuk meminimalkan kerugian, termasuk jatuhnya korban jiwa.

Isu penting lainnya yang diharapkan bisa digolkan dalam pertemuan akhir SOM itu adalah mendorong kerja sama pendidikan lintas batas dan kemudahan perjalanan bagi mahasiswa, dan periset, mendorong kemudahan perjalanan untuk wisatawan dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata, dan memastikan bahwa pasar internasional tetap terbuka bagi ekspor Indonesia (A-133/A-108)***

Baca Juga

Penyelenggara Pemilu Jangan Buat Gaduh

BANDUNG, (PR).- Ketua Komisi I DPRD Banten Zaid Elhabib berharap penyelenggara Pilkada profesional. hanya dengan cara itu, Pilkada bisa berakhir damai.

Damai Dengan JLJ, Kartika Dewi Cabut Gugatan

JAKARTA, (PR).- PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) dan korban banjir jalan tol Cikunir, Kartika Dewi, telah sepakat untuk melakukan perdamaian. Kuasa hukum Kartika telah mencabut gugatan yang dilayangkan setelah PT JLJ memberikan ganti rugi dan berjanji memperbaiki mutu layanan publik.

TMP dan RMP Konsisten Kawal Sidang Ahok

JAKARTA, (PR).- Taruna Merah Putih (TMP) dan Relawan Merah Putih (RMP) berjanji akan konsisten untuk mengawal sidang Ahok hingga proses sidang berakhir.

Kapolda DIY: Semangat Serangan Oemoem 1 Maret Masih Relevan

YOGYAKARTA, (PR).- Semangat peristiwa Serangan Oemoem 1 Maret yang terjadi 68 tahun lalu masih relevan untuk diimplementasikan dalam kehidupan masa kini, khususnya perang melawan "hoax", seperti disampaikan Kapolda DIY Ahmad Dofiri.