Hasil APEC 2013 akan Dibawa ke Pertemuan Menteri WTO Akhir Tahun di Bali

NASIONAL

NUSA DUA, (PRLM).- Ketua SOM APEC 2013, Yuri Thamrin, merinci ke-20 isu penting yang akan diperjuangkan itu, diantaranya, mendukung sistem perdagangan multilateral, mengembangkan konektivitas kawasan, dan memastikan hasil APEC 2013 ini akan direalisasikan pada pertemuan Menteri WTO di Bali Desember 2013 mendatang.

Selain itu, Indonesia juga akan berusaha untuk mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia Pasifik, mendorong pembangunan dan investasi infrastruktur dan memfasilitasi kesiaptanggapan para personil bencana alam, termasuk tim SAR.

Soal kerja sama dalam penanggulangan bencana, hal ini sudah dipraktikkan saat Indonesia diguncang mega gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. Karena banyak kawasan di Asia-Pasifik ini rawan bencana alam, terwujudnya kerja sama terkait itu, menjadi sangat penting untuk meminimalkan kerugian, termasuk jatuhnya korban jiwa.

Isu penting lainnya yang diharapkan bisa digolkan dalam pertemuan akhir SOM itu adalah mendorong kerja sama pendidikan lintas batas dan kemudahan perjalanan bagi mahasiswa, dan periset, mendorong kemudahan perjalanan untuk wisatawan dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata, dan memastikan bahwa pasar internasional tetap terbuka bagi ekspor Indonesia (A-133/A-108)***

Baca Juga

Indonesia Tegaskan Kepemilikan Pulau Natuna

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Indonesia meminta negara-negara yang sedang memperebutkan kepemilikan di Laut Tiongkok Selatan untuk tetap menjaga ketenangan dan menghormati proses yang sedang berjalan, baik di tingkat bilateral, multilateral maupun arbitrase internasional.

Penyelesaian Kasus Bansos Jangan Represif

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Koalisi Pemuda Anti Suap (Kopas) kembali menuntut Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR) untuk memanggil Jaksa Agung HM Prasetyo.
Hal ini disampaikan pasca adanya sikap intimidasi yang bermakna ancaman atas kebebasan pers di tanah air.

IRESS Tolak Perpanjangan Operasi Tambang Freeport

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Direktur Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara meminta pemerintah RI untuk tidak perlu proaktif dalam program divestasi saham Freeport. Program divestasi saham adalah satu paket dengan isu perpanjangan operasi tambang dalam proses renegoasiasi kontrak.

Kodim 0824 dan Masyarakat Keruk Saluran Sekunder Demangan

NASIONAL
Personel Kodim 0824 bersama masyarakat melaksanakan karya bakti pengerukan saluran Demangan sepanjang 2 Km.*

JEMBER, (PRLM).- Sejumlah masyarakat menyampaikan keberadaan saluran irigasi Demangan Desa Kesilir Kec Wuluhan Jember yang mengalami pendangkalan parah. Kondisi itu membuat lahan sawah seluas 2.629 Ha yang ada di Deas Sumberejo, Sabrang Kec.