Hasil APEC 2013 akan Dibawa ke Pertemuan Menteri WTO Akhir Tahun di Bali

NUSA DUA, (PRLM).- Ketua SOM APEC 2013, Yuri Thamrin, merinci ke-20 isu penting yang akan diperjuangkan itu, diantaranya, mendukung sistem perdagangan multilateral, mengembangkan konektivitas kawasan, dan memastikan hasil APEC 2013 ini akan direalisasikan pada pertemuan Menteri WTO di Bali Desember 2013 mendatang.

Selain itu, Indonesia juga akan berusaha untuk mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia Pasifik, mendorong pembangunan dan investasi infrastruktur dan memfasilitasi kesiaptanggapan para personil bencana alam, termasuk tim SAR.

Soal kerja sama dalam penanggulangan bencana, hal ini sudah dipraktikkan saat Indonesia diguncang mega gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. Karena banyak kawasan di Asia-Pasifik ini rawan bencana alam, terwujudnya kerja sama terkait itu, menjadi sangat penting untuk meminimalkan kerugian, termasuk jatuhnya korban jiwa.

Isu penting lainnya yang diharapkan bisa digolkan dalam pertemuan akhir SOM itu adalah mendorong kerja sama pendidikan lintas batas dan kemudahan perjalanan bagi mahasiswa, dan periset, mendorong kemudahan perjalanan untuk wisatawan dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata, dan memastikan bahwa pasar internasional tetap terbuka bagi ekspor Indonesia (A-133/A-108)***

Baca Juga

Latihlah Anak-anak Berpikir dan Melakukan Hal-hal Kreatif

JAKARTA, (PR).- Pakar psikologi Efnie Indrianie mengatakan, masa kecil merupakan masa yang indah bagi anak-anak. Karena pada masa inilah ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak dibentuk yang menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak pada usia dewasa.

Hasyim Asy'ari Usulkan Pemilihan Pendahulu oleh Parpol

JAKARTA, (PR).- Sistem dalam pemilihan umum legislatif (pileg) saat ini terus menjadi diskursus. Saran terbaru demi perbaikan kualitas calon anggota legislatif (caleg) dikemukakan Anggota baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo.

3.928 IUP Masih Tak Sesuai Standar

JAKARTA, (PR).- Ditetapkannya Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam dalam kasus tindak pidana korupsi persetujuan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2009-2014 membuka mata banyak pihak kalau pengelolaan IUP masih carut marut.

Bantul Masih Kekurangan Pasokan Ikan

YOGYAKARTA, (PR).- Mempunyai wilayah pesisir 17 Kilometer, tak membuat Kab. Bantul melimpah hasil tangkapan ikannya. Justru kebutuhan ikan laut untuk sektor kuliner di Kabupaten Bantul ternyata masih banyak kekurangan.