Hasil APEC 2013 akan Dibawa ke Pertemuan Menteri WTO Akhir Tahun di Bali

NUSA DUA, (PRLM).- Ketua SOM APEC 2013, Yuri Thamrin, merinci ke-20 isu penting yang akan diperjuangkan itu, diantaranya, mendukung sistem perdagangan multilateral, mengembangkan konektivitas kawasan, dan memastikan hasil APEC 2013 ini akan direalisasikan pada pertemuan Menteri WTO di Bali Desember 2013 mendatang.

Selain itu, Indonesia juga akan berusaha untuk mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia Pasifik, mendorong pembangunan dan investasi infrastruktur dan memfasilitasi kesiaptanggapan para personil bencana alam, termasuk tim SAR.

Soal kerja sama dalam penanggulangan bencana, hal ini sudah dipraktikkan saat Indonesia diguncang mega gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. Karena banyak kawasan di Asia-Pasifik ini rawan bencana alam, terwujudnya kerja sama terkait itu, menjadi sangat penting untuk meminimalkan kerugian, termasuk jatuhnya korban jiwa.

Isu penting lainnya yang diharapkan bisa digolkan dalam pertemuan akhir SOM itu adalah mendorong kerja sama pendidikan lintas batas dan kemudahan perjalanan bagi mahasiswa, dan periset, mendorong kemudahan perjalanan untuk wisatawan dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata, dan memastikan bahwa pasar internasional tetap terbuka bagi ekspor Indonesia (A-133/A-108)***

Baca Juga

Batam Baru Bisa Menjual Jasa Industri dan Pariwisata

BATAM, (PR).- Walaupun sudah dikelola sejak lama dan silih berganti status dan terakhir di kelola Bapan Pengusahaan (BP) Batam, kawasan ini baru bisa menghasilkan produk jasa (menjual) dan sebagai daearah pariwisata.

Kesenjangan dan Kemiskinan Tantangan Utama Masa Depan Indonesia

JAKARTA, (PR).- Yayasan Suluh Nuswantara Bakti (YSNB) kembali melaksanakan Diskusi Panel Serial ke-11 dengan tema “Tantangan Masa Depan”. Dalam diskusi serial kali ini, hadir sebagai pembicara adalah Jenderal Purn. Djoko Santoso dan Dr. H.S. Dillon.