Wukuf di Arafah Kemungkinan Senin (9/10/2013)

INFO HAJI

BANDUNG, (PRLM).- Pembimbing haji KBIH Qiblat Darul Hikam, KH. Nandang Koswara mengatakan, puncak ibadah haji dimulai dari 8 Dzulhijah (Hari Tarwiyah) yang kemungkinan besar bertepatan dengan Minggu (13/10/2013). “Dari almanak Ummul Qura kemungkinan wukuf di Arafah 9 Zulhijjah jatuh pada Senin (14/10/2013). Wukuf dimulai dai bada zuhur sampai matahari tenggelam dan kemudian bergerak ke Muzdalifah untuk mabit sejenak di Muzdalifah,” katanya saat dihubungi, Minggu (22/9/2013).

Setelah mabit di Muzdalifah, jemaah haji akan bergerak menuju Mina untuk bermalam lagi dari tanggal 10,11,12,13 Dzulhijah. “Di Mina jemaah haji melempar jumrah mulai tanggal 10,11, dan 12 untuk nafar awal. Kalau Magrib pada tanggal 12 Zulhijjah masih berada di kawasan Mina, maka harus mengambil sehari lagi untuk melempar jumrah atau nafar tsani,” ujarnya.

Ustaz Nandang mengakui tak sedikit jemaah yang merasa bingung dengan persiapan barang-barang yang akan dibawanya ke Armina. “Kebingungan ini cukup beralasan karena sebagian besar jemaah kita adalah jamaah usia lanjut dan sebagian jemaah juga tidak terlalu memahami akan kegiatan apa saja nanti,” ucapnya.

Hal-hal yang perlu Anda persiapkan jemaah jelang Armina yang dibawa di tas tenteng laki-laki adalah kain ihram termsuk cadangan satu lembar bila kain ihram terkena najis. Kain cadangan juga bisa dipakai selimut. Meski selama memakai kain ihram tak diperkenankan mengenakan celana dalam, namun tak selamanya jemaah haji memaai ihram di Mina. Jadi, bawa celana dalam, baju koko, sepatu/sandal, celana panjang atau sarung, sajadah, dan alas tidur karena bisa saja saat di Mina tidak kebagian tidur di dalam tenda.

Bawa juga perlengkapan mandi, Alquran, buku manasik atau buku doa yang bisa dibaca mengisi waktu di Armina. Gunting kecil untuk tahalul, obat-obatan termasuk vitamin, sunblock, dan handbody. “Jangan lupa bawa juga perlengkapan makan yang praktis seperti piring, gelas, dan sendok. “Perlu juga membawa masker dan kacamata hitam karena saat ini cuaca panas. Sedangkan untuk jemaah wanita bisa ditambah dengan sarung tangan ihram yang terbuka telapak tangannya, kerudung dan malaya cadangan,” tambahnya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Biro Perjalanan Umrah Harus Pentingkan Pelayanan

INFO HAJI

BANDUNG,(PRLM).- Salah satu faktor yang mendukung terhadap kesuksesan program umrah yakni faktor pelayanan khususnya pelayanan prima. Hal itu menjadi dambaan atau harapan bagi setiap jemaah yang akan berangkat ke tanah suci.

Pelayanan Umrah Sebelum dan Sesudah Keberangkatan

INFO HAJI

BANDUNG, (PRLM).- Faktor pelayanan dalam ibadah umrah bersifat luas karena sebelum dan setelah berangkat ibadah. Pelayanan sebelum umrah, seperti pelayanan memberikan informasi di kantor, transaksi/pendaftaran, dan bimbingan manasik.

Umrah Itu Sederhana tapi Berkesan

INFO HAJI

BANDUNG,(PRLM).- Ibadah umrah sebenarnya sederhana hanya terdiri lima rukun yaitu niat, tawaf, sai, tahallul dan tertib. Para pembimbing seperti pembimbing Qiblat tour biasanya membimbing jemaahnya untuk melaksanakan seluruh rangkaian pekerjaan itu dalam satu waktu yang berkesinambungan.

Berangkat ke Masjidilharam Dua Jam Sebelum Azan

INFO HAJI

BANDUNG,(PRLM).- Di Kota Mekkah al Mukarromah setiap jemaah umrah tentu ingin memfokuskan diri beribadah di Masjidilharam. Sebagaimana isyarat dalam QS. Albaqarah: 125, kegiatan utama di Masjidilharam adalah tawaf, salat dan itikaf.