Kontingen Pelajar Jabar Gagal Penuhi Target Popnas 2013

JAKARTA, (PRLM).- Kontingen Jawa Barat gagal memenuhi target perolehan medali di Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) 2013 untuk bisa menjadi juara umum. Kendati secara raihan medali Jabar mengalami peningkatan emas dibandingkan Popnas Riau lalu, namun secara peringkat terjadi penurunan.

Jika pada Popnas 2011 lalu, Jabar menempati runner up dengan 25 emas dari 19 cabang olah raga yang dipertandingkan, maka kini Jabar turun satu peringkat ke posisi ketiga meskipun terjadi penambahan medali emas menjadi 29 emas, 26 perak, dan 53 perunggu.

Pada Popnas tahun ini, Jabar kalah bersaing dengan DKI dan Jatim yang menepati peringkat satu dan dua klasemen akhir perolehan medali. Dengan 63 emas, 49 perak, dan 41 perunggu tuan rumah tak terkejar serta berhak menjadi juara umum.

Sedangkan Jatim mengumpulkan 42 emas, 45 perak, dan 45 perunggu.

Kegagalan Jabar ini tidak terlepas dari kurangnya persiapan karena terkendala masalah anggaran. Untuk persiapan Popnas ini, pemusatan latihan hanya berlangsung selama 4 hari, sementara DKI dan Jatim, sudah sebulan penuh mempersiapkan atletnya dengan melakukan sejumlah uji coba.

Saat ini menurut Kepala Bidang Keolahragaan Disorda Jabar, Kamarul Bahri, pemerintah daerah masih fokus kepada atlet senior dibandingkan pada penjaringan dan pembibitan atlet usia muda. "Tugas Disorda adalah melakukan penjaringan dan pembibitan atlet muda, namun terkendala anggaran yang sangat besar. Karena berbeda dengan senior, untuk usia muda pembinaan dilakukan dari tingkat bawah dan mengerucut keatasya," imbuhnya. (A-161/A-88)***

Baca Juga

Verifikasi Permohonan KLB PSSI Mulai Pekan Depan

JAKARTA, (PR).- Verifikasi surat permohonan Kongres Luar biasa (KLB) yang diajukan oleh Kelompok 85 mulai berjalan pekan depan. Proses verifikasi ini akan berjalan selama tiga pekan, sebelum kemungkinan agenda KLB ini masuk dalam Kongres Tahunan PSSI pada Agustus mendatang.

Real Madrid Rebut La Undecima

ROMA, (PR).- Real Madrid juara piala Liga Champions Eropa UEFA 2016, setelah mempermalukan Atletico Madrid dalam pertandingan final di Stadion San Siro, Italia, Minggu, 29 Mei 2016 dini hari WIB.

Firman Gagal Tembus Babak Utama Indonesia Open

JAKARTA, (PR).- Harapan untuk bisa kembali melihat permainan apik tunggal muda pelatnas Cipayung, Firman Abdul Kholik seperti tiga tahun lalu di Asia Youth Championship 2013, sepertinya masih jauh. Pasalnya, Firman belum juga bisa mengembalikan performanya seperti dulu.

Pia Zebadiah Memilih Pensiun

JAKARTA, (PR).- Pertandingan melawan Liu Yuchen/Tang Jinhua di BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016, Selasa 31 Mei 2016, menjadi laga terakhir Pia Zebadiah di kancah bulu tangkis. Dia memutuskan untuk pensiun dari dunia yang telah membesarkannya tersebut.