Headlines
Raihan Medali Emas Meningkat, Namun Peringkat Turun

Kontingen Pelajar Jabar Gagal Penuhi Target Popnas 2013

JAKARTA, (PRLM).- Kontingen Jawa Barat gagal memenuhi target perolehan medali di Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) 2013 untuk bisa menjadi juara umum. Kendati secara raihan medali Jabar mengalami peningkatan emas dibandingkan Popnas Riau lalu, namun secara peringkat terjadi penurunan.

Jika pada Popnas 2011 lalu, Jabar menempati runner up dengan 25 emas dari 19 cabang olah raga yang dipertandingkan, maka kini Jabar turun satu peringkat ke posisi ketiga meskipun terjadi penambahan medali emas menjadi 29 emas, 26 perak, dan 53 perunggu.

Pada Popnas tahun ini, Jabar kalah bersaing dengan DKI dan Jatim yang menepati peringkat satu dan dua klasemen akhir perolehan medali. Dengan 63 emas, 49 perak, dan 41 perunggu tuan rumah tak terkejar serta berhak menjadi juara umum.

Sedangkan Jatim mengumpulkan 42 emas, 45 perak, dan 45 perunggu.

Kegagalan Jabar ini tidak terlepas dari kurangnya persiapan karena terkendala masalah anggaran. Untuk persiapan Popnas ini, pemusatan latihan hanya berlangsung selama 4 hari, sementara DKI dan Jatim, sudah sebulan penuh mempersiapkan atletnya dengan melakukan sejumlah uji coba.

Saat ini menurut Kepala Bidang Keolahragaan Disorda Jabar, Kamarul Bahri, pemerintah daerah masih fokus kepada atlet senior dibandingkan pada penjaringan dan pembibitan atlet usia muda. "Tugas Disorda adalah melakukan penjaringan dan pembibitan atlet muda, namun terkendala anggaran yang sangat besar. Karena berbeda dengan senior, untuk usia muda pembinaan dilakukan dari tingkat bawah dan mengerucut keatasya," imbuhnya. (A-161/A-88)***