Hari Nusantara 2013 akan Digelar Desember Mendatang

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah akan menggelar kegiatan kebaharian “Hari Nusantara 2013” dan dijadwalkan berlangsung di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Desember mendatang. “Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga” menjadi tema peringatan even monumental itu.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, Hari Nusantara mempunyai makna penting bagi Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan. Kegiatan ini dapat menjadi peringatan pemersatu bangsa.

"Untuk membangun konsep kebangsaan salah satunya adalah dengan kegiatan monumental yang memiliki benang merah untuk mempersatukan seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Sapta di Jakarta, Kamis (19/9/13).

Dia menuturkan, kegiatan ini bertujuan memotivasi anak bangsa untuk menggali (potensi kelautan) dan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, menyatakan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi laut yang melimpah.

Dijelaskan, beragam kegiatan akan dilangsungkan, mulai dari kontes foto bawah laut Indonesia (World Underwater Photo Contest), turnamen memancing, pameran ekonomi kreatif, lomba kemaritiman, seminar kelautan nasional, penanaman bakau, bersih laut, dan lain-lain.

Menurut catatan, “Hari Nusantara” diperingati setiap tahun. Kegiatan itu merupakan penekanan kembali pada Deklarasi Juanda 1957 yang menyatakan bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan (archipelagic state) sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan Wawasan Nusantara.(A-94/A-108)***

Baca Juga

Patrialis Harus Jadi Hakim Terakhir yang Berkasus Suap

JAKARTA, (PR).- Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil di Jakarta, Kamis, 26 Januari 2017 menyebutkan Operasi Tangkap Tangan salah seorang Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) adalah suatu musibah besar bagi bangsa.

Penerbangan Imlek, tak Ada Toleransi Kesalahan

JAKARTA, (PR).- Para operator penerbangan diingatkan untuk terus menjaga dan meningkatkan keselamatan terkait liburan Tahun Baru Imlek. Dengan demikian, pihak maskapai dapat lebih siah dalam memberi pelayanan kepada penumpang dan mampu menekan penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun.

Pemerintah Diminta Ambil Sikap Terkait Kebijakan Diskriminatif Trump

JAKARTA, (PR).- Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari menilai kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang melarang masuknya warga negara dari tujuh negara muslim yakni Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Syria atau Yaman ke Amerika Serikat sangatlah diskriminatif.

JPU Tuntut Pencabutan Hak Politik Irman Gusman dan 7 Tahun Bui

JAKARTA, (PR).- Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman dituntut tujuh tahun penjara ditambah denda Rp 200 juta subsider lima bulan kurungan ditambah pencabutan hak politik karena dinilai terbukti menerima Rp 100 juta dari pemilik CV Semesta Berjaya.