Hari Nusantara 2013 akan Digelar Desember Mendatang

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah akan menggelar kegiatan kebaharian “Hari Nusantara 2013” dan dijadwalkan berlangsung di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Desember mendatang. “Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga” menjadi tema peringatan even monumental itu.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, Hari Nusantara mempunyai makna penting bagi Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan. Kegiatan ini dapat menjadi peringatan pemersatu bangsa.

"Untuk membangun konsep kebangsaan salah satunya adalah dengan kegiatan monumental yang memiliki benang merah untuk mempersatukan seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Sapta di Jakarta, Kamis (19/9/13).

Dia menuturkan, kegiatan ini bertujuan memotivasi anak bangsa untuk menggali (potensi kelautan) dan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, menyatakan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi laut yang melimpah.

Dijelaskan, beragam kegiatan akan dilangsungkan, mulai dari kontes foto bawah laut Indonesia (World Underwater Photo Contest), turnamen memancing, pameran ekonomi kreatif, lomba kemaritiman, seminar kelautan nasional, penanaman bakau, bersih laut, dan lain-lain.

Menurut catatan, “Hari Nusantara” diperingati setiap tahun. Kegiatan itu merupakan penekanan kembali pada Deklarasi Juanda 1957 yang menyatakan bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan (archipelagic state) sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan Wawasan Nusantara.(A-94/A-108)***

Baca Juga

Muktamar Ke-47 Muhammadiyah

Muhammadiyah Peduli Isu Krisis Air

NASIONAL

MAKASSAR, (PRLM).- Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan, kepengurusan Muhammadiyah yang baru mesti melanjutkan peneguhan sikap pandangan Muhammadiyah pada Pancasila dan darul syahada, yang mampu memberi andil bagi kemajuan bangsa.

Kementerian ESDM Lakukan Penguatan Kegunungapian

NASIONAL

YOGYAKARTA,(PRLM).- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melakukan penguatan Badan Geologi sehingga lembaga tersebut memiliki keunggulan di berbagai bidang termasuk teknologi dan keilmuan.

Muktamar Ke-47 Muhammadiyah

Haedar Direstui Pimpin Muhammadiyah

NASIONAL
Haedar Direstui Pimpin Muhammadiyah

MAKASSAR, (PRLM).- Dr Haedar Nashir, putra asli Jawa Barat yang berkiprah di Muhammadiyah, mengukirkan sejarah dengan memimpin organisasi berlambang matahari lima tahun ke depan.

Sultan Lantik Gatot Jadi Plt Bupati Sleman

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, melantik Gatot Saptadi sebagai Penjabat sementara atau Plt Bupati Sleman, di Bangsal Kepatihan, Senin (10/8/2015).