Hari Nusantara 2013 akan Digelar Desember Mendatang

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah akan menggelar kegiatan kebaharian “Hari Nusantara 2013” dan dijadwalkan berlangsung di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Desember mendatang. “Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga” menjadi tema peringatan even monumental itu.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, Hari Nusantara mempunyai makna penting bagi Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan. Kegiatan ini dapat menjadi peringatan pemersatu bangsa.

"Untuk membangun konsep kebangsaan salah satunya adalah dengan kegiatan monumental yang memiliki benang merah untuk mempersatukan seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Sapta di Jakarta, Kamis (19/9/13).

Dia menuturkan, kegiatan ini bertujuan memotivasi anak bangsa untuk menggali (potensi kelautan) dan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, menyatakan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi laut yang melimpah.

Dijelaskan, beragam kegiatan akan dilangsungkan, mulai dari kontes foto bawah laut Indonesia (World Underwater Photo Contest), turnamen memancing, pameran ekonomi kreatif, lomba kemaritiman, seminar kelautan nasional, penanaman bakau, bersih laut, dan lain-lain.

Menurut catatan, “Hari Nusantara” diperingati setiap tahun. Kegiatan itu merupakan penekanan kembali pada Deklarasi Juanda 1957 yang menyatakan bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan (archipelagic state) sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan Wawasan Nusantara.(A-94/A-108)***

Baca Juga

Hujan Deras, Jembatan Mangut Putus

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).-Hujan deras yang menguyur wilayah Yogyakarta pada Rabu (22/4/2015) malam membuat Jembatan Mangut yang merupakan penghubung alternatif Magelang-Solo dan menghubungkan Desa Girikerto dan Desa Donokerto Turi Pekem, Sleman ambrol sehingga akses dua desa tersebut terputus.

Warga Amerika yang Masuk Islam Naik Empat Kali Lipat

NASIONAL
IMAM Besar Masjid New York, Shamsi Ali mengungkapkan, pascakejadi 11 September, justru banyak warga Amerika yang masuk Islam.*

JAKARTA, (PRLM).- Perubahan signifkan dirasakan umat muslim Amerika pascakejadian 11 September 2001. Umat muslim di Amerika pun saat itu menjadi sasaran akibat pandangan yang keliru. Pandangan negatif soal Islam menjadi tantangan tersendiri bagi dakwah di Amerika.

BEM-UNS Minta Keadilan UKT ke Pimpinan Baru

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (BEM-UNS) Solo, menuntut agar uang kuliah mahasiswa dalam sistem uang kuliah tunggal (UKT) diberlakukan secara adil.

Hakim PN Jakarta Selatan Tolak Gugatan Praperadilan Jero Wacik

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Gugatan praperadilan eks Menteri ESDM serta Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi kandas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.