Hari Nusantara 2013 akan Digelar Desember Mendatang

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah akan menggelar kegiatan kebaharian “Hari Nusantara 2013” dan dijadwalkan berlangsung di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Desember mendatang. “Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga” menjadi tema peringatan even monumental itu.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, Hari Nusantara mempunyai makna penting bagi Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan. Kegiatan ini dapat menjadi peringatan pemersatu bangsa.

"Untuk membangun konsep kebangsaan salah satunya adalah dengan kegiatan monumental yang memiliki benang merah untuk mempersatukan seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Sapta di Jakarta, Kamis (19/9/13).

Dia menuturkan, kegiatan ini bertujuan memotivasi anak bangsa untuk menggali (potensi kelautan) dan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, menyatakan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi laut yang melimpah.

Dijelaskan, beragam kegiatan akan dilangsungkan, mulai dari kontes foto bawah laut Indonesia (World Underwater Photo Contest), turnamen memancing, pameran ekonomi kreatif, lomba kemaritiman, seminar kelautan nasional, penanaman bakau, bersih laut, dan lain-lain.

Menurut catatan, “Hari Nusantara” diperingati setiap tahun. Kegiatan itu merupakan penekanan kembali pada Deklarasi Juanda 1957 yang menyatakan bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan (archipelagic state) sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan Wawasan Nusantara.(A-94/A-108)***

Baca Juga

Dalang Ledakan Sarinah Kelompok Suriah dan Abu Jundi

NASIONAL
JAKARTA, (PRLM).- Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG) mengatakan, ledakan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat merupakan ulah Kelompok Suriah dan Kelompok Abu Jundi.
 

Kecam Teror Bom Sarinah, Buruh Ajak Lawan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kelompok buruh tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) mengecam pelaku ledakan bom yang terjadi di ‎pos polisi dan Starbuck Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis kemarin (14/1/2016).

Gempa 5,4 Skala Richter Guncang Buru Selatan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter yang mengguncang wilayah tenggara Buru Selatan, Provinsi Maluku, Minggu (17/1/2016).

Pimpinan Lembaga Tinggi Negara akan Rapat Konsultasi dengan Presiden

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Para Pimpinan Lembaga Tinggi Negara yang terdiri dari MPR RI, DPR RI, DPD RI, Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), akan rapat konsultasi dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, pada Selasa (19/1/2016).