Hari Nusantara 2013 akan Digelar Desember Mendatang

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah akan menggelar kegiatan kebaharian “Hari Nusantara 2013” dan dijadwalkan berlangsung di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Desember mendatang. “Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga” menjadi tema peringatan even monumental itu.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, Hari Nusantara mempunyai makna penting bagi Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan. Kegiatan ini dapat menjadi peringatan pemersatu bangsa.

"Untuk membangun konsep kebangsaan salah satunya adalah dengan kegiatan monumental yang memiliki benang merah untuk mempersatukan seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Sapta di Jakarta, Kamis (19/9/13).

Dia menuturkan, kegiatan ini bertujuan memotivasi anak bangsa untuk menggali (potensi kelautan) dan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, menyatakan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi laut yang melimpah.

Dijelaskan, beragam kegiatan akan dilangsungkan, mulai dari kontes foto bawah laut Indonesia (World Underwater Photo Contest), turnamen memancing, pameran ekonomi kreatif, lomba kemaritiman, seminar kelautan nasional, penanaman bakau, bersih laut, dan lain-lain.

Menurut catatan, “Hari Nusantara” diperingati setiap tahun. Kegiatan itu merupakan penekanan kembali pada Deklarasi Juanda 1957 yang menyatakan bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan (archipelagic state) sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan Wawasan Nusantara.(A-94/A-108)***

Baca Juga

Hadapi MEA, SDM Pariwisata Lemah di Tiga Hal

BATAM, (PR).- Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (BPKK) Kementerian Pariwisata Ahman Sya mengatakan, dalam upaya meningkatkan daya saing, sejumlah kelemahan sumber daya manusia kepariwisataan harus diperbaiki terutama dalam hal penguasaan bahasa Inggris, teknologi informasi (

Indonesia Jadi Rujukan Penanggulangan Bencana di Negara Berkembang

JAKARTA, (PR).- Indonesia saat ini dijadikan rujukan (role model) bagi negara-negara berkembang dalam penanggulangan bencana. Keberhasilan Indonesia melakukan penanggulangan bencana telah menginspirasi negara-negara berkembang untuk menjadikan contoh dalam penanganan bencana di negaranya.

Indonesia Terpengaruh Budaya Amerika dan Cina

JAKARTA, (PR).- Budaya Amerika dan Cina jelas akan berpengaruh besar terhadap masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Dalam beberapa tahun ke belakang, pengaruh tersebut sangat terasa dalam bidang politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, militer, dan sistem hukum di tanah air.

Tim SAR Masih Mencari Amanda Korban Gelombang Pasang

KEBUMEN. (PR).- Tim Search and Rescue (SAR) gabungan, sejak Senin 4 April 2016 pagi menyisir dan mencari Amanda Patricia bin Turyadi (13), warga Desa Indrosari, Kecamatan Buluspesantren, yang hilang di pantai Pantai Brencong, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah