Hari Nusantara 2013 akan Digelar Desember Mendatang

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah akan menggelar kegiatan kebaharian “Hari Nusantara 2013” dan dijadwalkan berlangsung di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Desember mendatang. “Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga” menjadi tema peringatan even monumental itu.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, Hari Nusantara mempunyai makna penting bagi Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan. Kegiatan ini dapat menjadi peringatan pemersatu bangsa.

"Untuk membangun konsep kebangsaan salah satunya adalah dengan kegiatan monumental yang memiliki benang merah untuk mempersatukan seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Sapta di Jakarta, Kamis (19/9/13).

Dia menuturkan, kegiatan ini bertujuan memotivasi anak bangsa untuk menggali (potensi kelautan) dan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, menyatakan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi laut yang melimpah.

Dijelaskan, beragam kegiatan akan dilangsungkan, mulai dari kontes foto bawah laut Indonesia (World Underwater Photo Contest), turnamen memancing, pameran ekonomi kreatif, lomba kemaritiman, seminar kelautan nasional, penanaman bakau, bersih laut, dan lain-lain.

Menurut catatan, “Hari Nusantara” diperingati setiap tahun. Kegiatan itu merupakan penekanan kembali pada Deklarasi Juanda 1957 yang menyatakan bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan (archipelagic state) sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan Wawasan Nusantara.(A-94/A-108)***

Baca Juga

Dukun Cabul asal Lampung Ditangkap di Cilacap

CILACAP, (PR),- Dua dukun cabul yang berkedok melakukan pengobatan alternatif, MYS (39) dan AKZ (28), warga Sukadana, Lampung Timur Porvinsi Lampung diringkus jajaran Polres Cilacap Jawa Tengah.

kesehatan, dokter masuk desa,

Menkes: Dokter Harus Dipaksa Buka Praktik di Daerah

JAKARTA, (PR).- Terjadi ketimpangan antara jumlah dokter di perkotaan besar dan di daerah. Menteri Kesehatan Nila Farid Moelek mengusulkan adanya Instruksi Presiden yang bisa memaksa para dokter membuka praktik di daerah.

Tidak Ada Pemecatan PNS tapi...

JAKARTA, (PR).- Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan tidak ada keputusan soal pemecatan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal yang ingin dilakukan pemerintah, kata Kalla, adalah rasionalisasi untuk efisiensi.

Situs Tamansari Diduga Berasal dari Dinasti Medhang Metriam

MAGELANG, (PR).- Peneliti Merapi Cultural Institute melakukan penelitian benda-benda bersejarah di situs Mataram kuno kerajaan Gendungan kawasan Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Benda yang diteliti berupa lumpang, gandik, yoni, relief kosong dan patung.