Masuk PTN Unggulan

Dewan Dukung Kuota Khusus Mahasiswa Asal Jabar

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Komisi E Bidang Kesejahteraan Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Rakyat (DPRD) Jabar Didin Supriadin mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memberlakukan kuota khusus 50 persen mahasiswa asal Jabar masuk perguruan tinggi negeri (PTN) unggulan. Apalagi masuk ke PTN seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menurutnya memang sulit sekali.

“Kami berharap PTN yang ada di Jawa Barat dapat memprioritaskan kuota untuk anak-anak berprestasi asal Jabar. Ini penting guna peningkatan SDM di Jabar. Lalu, dari sisi pembiayaan pemprov juga harus mengalokasikan anggaran berbentuk beasiswa agar dapat membantu kelancaran para mahasiswa asal Jabar menyelesaikan studinya,” kata Didin di Kota Bandung, Kamis (12/9/2013).

Agar tidak terkesan terlalu memaksakan warga asal Jabar masuk PTN unggulan tanpa standar yang sesuai, Didin juga mendorong agar siswa yang diprioritaskan harus berprestasi di sekolahnya. “Saya yakin dari 27 kota/kab yang ada di Jabar, banyak siswa berprestasi, cerdas, dan pintar. Mereka juga mampu bersaing masuk di PTN unggulan,” katanya.

Dalam hal ini, Didin juga meminta pemprov melalui Dinas Pendidikan harus memiliki formula tepat dan melakukan koordinasi dengan kota/kab. Koordinasi juga perlu dilakukan khususnya kepada pihak sekolah. Dengan begitu, pihak sekolah dan para siswanya tahu mekanisme yang ada sesuai kesepakatan pemprov dengan PTN yang dituju. (A-199/A-147)***

Baca Juga

Siswi SD Pulang Sekolah Harus Jalan Kaki

PENDIDIKAN
EMPAT orang siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) pulang sekolah sambil bercengkrama dan bercanda menghilangkan rasa capek karena berjalan kaki menempuh perjalanan yang jauh dan nanjak. Jarak sekolah ke rumah kurang lebih 2 km dari SDN Cikitu, Grihieum, Desa C

SMP Assalaam Adakan Sosialisasi Perpustakaan

PENDIDIKAN

BANDUNG,(PRLM).- Upaya SMP Assalaam Jln. Sasakgantung, Kota Bandung, untuk mempunyai perpustakaan yang baik mulai dirintis dengan bekerja sama Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung.

Arfi Rafnialdi Terpilih Jadi Ketua IA ITB

PENDIDIKAN
Arfi Rafnialdi Terpilih Jadi Ketua IA ITB

Siswa Negara Miskin Kekurangan Buku Pelajaran

PENDIDIKAN

YAOUNDE, (PRLM).- Sejumlah siswa di negara-negara miskin menderita kekurangan buku-buku pelajaran, menurut laporan dari lembaga PBB di bidang pendidikan (Unesco).

Studi yang dilakukan oleh Unesco mencontohkan satu buku pelajaran dibagi 12 siswa di Kamerun.